Perbedaan harga tiket dewasa, anak anak dan bayi

Update: 17 Juni 2021

Harga tiket, ya benar sekali, yang dimaksud disini adalah harga tiket pesawat. Harga tiket bisa berubah dalam hitungan menit bahkan detik.

Harga tiket pesawat mempunyai kelas berbeda beda dengan harga berbeda beda pula serta jumlah seat (kursi) tertentu. Selain perbedaan harga tiket pesawat berdasarkan kelas, harga tiket pesawat juga bisa berbeda berdasarkan dari kategori umur penumpang.

Perbedaan harga tiket pesawat berdasarkan kategori umur bisa dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu harga tiket pesawat kategori dewasa, harga tiket pesawat kategori anak anak serta harga tiket pesawat kategori bayi/infant.

Perbedaan harga tiket dewasa, anak anak dan bayi ini tidak sama untuk tiap maskapai penerbangan, contoh ada maskapai penerbangan yang harga tiket dewasa dan anak anaknya sama, hanya harga tiket bayi/infant saja berbeda.

Harga tiket pesawat kategori dewasa

Batas umur kategori dewasa adalah 12 tahun keatas dihitung dari tanggal lahir sampai dengan tanggal keberangkatan.

Harga tiket pesawat kategori ini adalah harga penuh sesuai dengan kelas yang tersedia, misalnya jika harga tiket kelas V itu adalah 500.000, maka harga yang dibayar untuk kelas V adalah 500.000.

Maskapai penerbangan yang menerapkan harga seperti ini adalah semua maskapai penerbangan kecuali, nah ada kecualinya nih...

Kecualinya adalah adanya program promo dari maskapai penerbangan tersebut, contoh harga tiket normal kelas V 500.000, namun karena ada program promo dari maskapai penerbangan, maka harga tiket kelas V menjadi 485.000 (itu misal loh yaaaa).

Harga tiket pesawat kategori anak anak

Batas umur kategori anak anak adalah antara 2 tahun sampai dengan 12 tahun dihitung dari tanggal lahir sampai dengan tanggal keberangkatan.

Ada beberapa maskapai penerbangan mempunyai harga tiket khusus untuk anak anak seperti maskapai penerbangan citilink, maskapai penerbangan garuda indonesia.

Selain itu ada juga maskapai penerbangan mempunyai harga tiket anak anak sama dengan harga tiket pesawat kategori dewasa.

Dari jumlah nominalnya, harga tiket anak anak tentu lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat dewasa.

Harga tiket pesawat kategori bayi/infant

Batas umur kategori bayi/infant adalah dibawah 2 tahun dihitung dari tanggal lahir sampai dengan tanggal keberangkatan.

Harga tiket bayi/infant biasanya adalah sebesar 10%-40% dari harga tiket dewasa untuk tiket kelas tertentu, namun ada juga maskapai penerbangan yang menerapkan harga tiket bayi/infant sama untuk setiap kelas.

Kita ambil contoh untuk harga tiket bayi/infant, kita umpamakan ada tiga macam kelas harga tiket pada suatu maskapai penerbangan:

  • Harga tiket pesawat kelas V = 500.000
  • Harga tiket pesawat kelas Q = 650.000
  • Harga tiket pesawat kelas M = 725.000

Dari ketiga kelas diatas, kita anggap persentase harga tiket bayi dari harga dewasa adalah 15%, maka didapat harga tiket bayi untuk kelas V = 15% x 500.000 = 75.000, kelas Q = 15% x 650.000 = 97.500, kelas M = 15% x 725.000 = 108.750.

Nah, ini adalah contoh, bisa saja berbeda dari kenyataannya dilapangan tergantung dari masing masing maskapai penerbangan.

Beberapa maskapai penerbangan menerapkan harga tiket bayi/infant ini sama untuk setiap kelas tiket, jika kita ambil contoh harga tiket diatas, umpama harga tiket bayi/infant kelas M adalah 100.000, maka tiket kelas lainnya seperti V dan Q sama sebesar 100.000 juga.

Bingung ya?....RAPOPO hehehe, ntar bakalan ngerti kok kalo dipahami dan dibaca berulang ulang :). Mudah mudahan aja tulisan kecil ini bisa berguna dan bermanfaat.

Daftar Artikel
Loading....

Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya dan memberikan komentar pada kolom dibawah ini:

TIKETIPS.com ©
All Rights Reserved