Go Show dan No Show di Bandara

Go Show dan No Show, dua istilah yang kedengarannya hampir sama. Bagi Anda yang hampir tiap harinya bergelut dengan pekerjaan yang berhubungan dengan angkutan udara, kedua istilah ini bukanlah hal asing bagi Anda.

Mungkin banyak pelanggan kita yang belum mengerti apa arti dari istilah tersebut.

Pengertian Go Show di bandara

Go Show terdiri dari kata Go = Pergi dan kata Show = Lihat, jadi secara kasarnya Go Show berarti pergi dan lihat.

Pergi berarti kita sebagai calon penumpang langsung menuju kebandara untuk mendapatkan tiket keberangkatan dan lihat berarti kita melihat apakah ada kemungkinan untuk kita bisa mendapatkan seat untuk perjalanan kita tersebut.

Go Show biasanya dilakukan oleh calon penumpang yang mendesak untuk berangkat dimana tiket untuk keberangkatan ini tidak bisa lagi dilakukan reservasinya dikantor penjualan kota airlines maupun di travel agent.

Waktu Go Show ini biasanya adalah 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat.

Cara mendapatkan seat go show ini sama seperti melakukan reservasi seat pada umumnya, namun yang membedakan adalah reservasi go show hanya dapat dilakukan oleh staff airlines yang bertugas dibandara.

Pengertian No Show di bandara

No Show terdiri dari kata No = Tidak dan kata Show = Lihat, jadi secara umumnya No Show dapat diartikan tidak terlihat atau tidak kelihatan. Kenapa No Show bisa terjadi ?.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya No Show.

  • Penumpang yang tidak hadir karena alasan tertentu. Penumpang yang tidak hadir pada saat pesawat akan berangkat dan dia mempunyai reservasi pada jadwal penerbangan itu, maka penumpang ini disebut telah No Show
  • Kelalaian pihak airlines atau travel agent. Kelalaian dalam membatalkan reservasi oleh pihak airlines atau travel agent dimana penumpang sebelumnya sudah melakukan konfirmasi untuk membatalkan perjalanannya kepada bagian reservasi airlines atau travel agent.

Untuk penumpang yang No Show ini biasanya masing masing Airlines menetapkan atau mengenakan biaya kepada penumpang atas ketidak hadirannya tersebut.

Jika no show terjadi karena kelalaian bagian reservasi, maka biaya akan ditagihkan kepada pembuat reservasi atas kelalaiannya tersebut. Besarnya biaya yang dikenakan tergantung dari masing masing airlines.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, jelas bahwa Go Show dan No Show adalah dua hal yang berbeda. Go Show adalah kondisi dimana calon penumpang yang belum memiliki tiket datang kebandara 2 atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk mendapatkan tiket.

Sedangkan No Show adalah kondisi dimana tiket sudah ada, namun calon penumpang tidak muncul dibandara dengan alasan tertentu sampai pesawat diberangkatkan.