Baru Lima Menit Harga Tiket Pesawat Sudah Berubah

Si Mawar menyesal kenapa tidak segera melakukan pembelian tiket, bagaimana tidak, lima menit yang lalu Mawar melihat bahwa ada harga tiket murah, nah sekarang ketika ingin membeli tiket tersebut harga sudah naik, kenapa ini?

Biar kita sama sama tau apakah travel agent tersebut nipu atau tidak, baca terus artikel ini sampai habis yak.

Hierarki atau urutan harga tiket pesawat.

Jadi begini, pertama kita harus tau dahulu harga harga tiket pesawat. Tiket pesawat dibagi menjadi beberapa kelas yang mana setiap kelasnya memiliki harga tersendiri.

Sebagai contoh suatu maskapai penerbangan untuk rute Jakarta ke Denpasar memiliki kelas X, V, H dan Y, masing masing kelas memiliki harga dimana X = 350.000, V = 410.000, H = 500.000 dan Y = 550.000.

Ketika kita melakukan pencarian, biasanya harga yang muncul adalah harga termurah yang masih tersedia, mengikuti contoh diatas yang termurah adalah kelas X dengan harga 350.000.

Setiap orang yang melakukan pencarian dengan tanggal, jam dan rute yang sama untuk maskapai yang sama, akan melihat harga yang sama pula.

Ketersedian kursi untuk setiap harga dibatasi.

Sebagaimana urutan harga tiket yang dibagi menjadi beberapa kelas tadi, jumlah seat setiap kelas juga dibagi, misalnya kelas X harga 350.000 oleh maskapai penerbangan dibatasi hanya 10 kursi saja, begitu pula untuk kelas kelas lainnya.

Jika kelas X tersebut sudah habis dibeli, maka selanjutnya harga yang muncul adalah harga diatasnya yaitu kelas V dengan harga 410.000. Harga akan menjadi 500.000 (kelas H) jika harga kelas V telah habis terjual, begitu seterusnya.

Setiap orang bisa melakukan pembelian tiket.

Tidak ada batasan orang untuk melakukan pembelian, siapapun yang mempunyai akses ke situs pembelian tiket pesawat bisa membeli tiket sesuai kebutuhannya.

Sekalipun posisi atau lokasi orang tersebut berada di Papua, sementara tiket yang ingin dibeli keberangkatan dari Jakarta, mereka tetap bisa melakukan pembelian.

Dengan adanya pembagian harga dan pembatasan jumlah seat, maka siapa yang lebih dahulu melakukan pembelian tiket akan mendapatkan harga yang murah dibanding yang lainnya.

Biar jelas kita buat suatu contoh gini: salah satu maskapai penerbangan dengan rute Jakarta Denpasar berangkat jam 12:00 siang dengan harga yang tersedia adalah kelas X = 350.000 sebanyak 1 kursi, kelas V = 410.000 sebanyak 10 kursi dan seterusnya.

Pada saat melakukan pencarian, kita melihat harga 350.000 tersebut tetapi tidak langsung membeli. Tanpa kita sadari, orang lain entah darimana saja juga melakukan pencarian tiket dengan rute, jam, tanggal dan maskapai yang sama dengan kita dan langsung melakukan pembayaran.

Lima menit kemudian kembali kita melakukan pencarian dan alhasil harga yang muncul sekarang adalah harga 410.000 karena harga 350.000 yang tinggal 1 kursi sudah diambil duluan oleh orang lain.

Kesimpulan

Harga tiket yang didapat penumpang dalam 1 pesawat bisa berbeda beda, hal ini disebabkan karena adanya pembagian kelas dan pembagian jumlah kursi untuk tiap tiap kelas tersebut.

Oleh karena itu, ketika kita sudah fixed ingin membeli tiket dan melihat harga yang murah, jangan buang buang waktu segera lakukan pembayaran karena bisa saja harga tersebut hanya tinggal 1 kursi saja.