IATA Travel Pass Untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Sebelum membaca artikel, luangkan waktunya sebentar untuk SUBSCRIBE Channel Youtube kami terlebih dahulu. Karena kami juga menyajikan info info menarik melalui channel youtube. Klik pada tombol dibawah ini ya

Terima Kasih atas bantuannya, semoga kita selalu diberikan kemudahan

IATA adalah kependekan dari International Air Transport Association. Menurut Wikipedia, IATA adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan maskapai maskapai penerbangan diseluruh dunia.

IATA telah mengeluarkan sebuah aplikasi mobile yang diberi nama IATA Travel Pass. Banyak tujuan penerbangan yang mengharuskan calon penumpang untuk melengkapi dokumen penerbangan seperti surat tes covid atau vaksin.

IATA Travel Pass Untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Apakah IATA Travel Pass?

IATA Travel Pass adalah sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan calon penumpang untuk memeriksa persyaratan perjalanannya.

Calon penumpang bisa mengelola bukti tes lab Covid atau kartu vaksin melalui aplikasi ini, sehingga bisa mengetahui apakah layak untuk terbang atau tidak.

Siapa yang dapat menggunakan IATA Travel Pass?

Calon penumpang yang bisa menggunakan IATA Travel Pass harus sudah memenuhi syarat syarat berikut ini:

  • Berusia 18 tahun keatas.
  • Memiliki perangkat Android dengan OS Android 6 keatas atau iOS 3.2 keatas.
  • Perangkat memiliki fitur ID wajah atau sidik jari yang sudah diaktifkan.
  • Sudah mempunyai tiket pesawat yang maskapainya sudah menggunakan IATA Travel Pass.

IATA Travel Pass hanya bisa digunakan satu orang untuk satu perangkat. Jadi setiap calon penumpang harus mendownload dan install IATA Travel Pass sendiri di perangkatnya masing masing.

Fitur Aplikasi IATA Travel Pass

Dengan IATA Travel Pass, calon penumpang bisa membuat profile perjalanannya, menambahkan detail perjalanan dan melihat syarat syarat untuk menuju daerah tujuan.

Dengan Aplikasi ini calon penumpang juga bisa mendapatkan informasi tentang lokasi lokasi untuk melakukan tes covid seperti PCR atau vaksinasi.

Dengan adanya IATA Travel Pass ini, dapat mengurangi kebingungan calon penumpang tentang apa saja syarat dan dokumen yang harus dipenuhi ketika mengunjungi suatu daerah, sehingga semua syarat dapat dipenuhi dengan benar.

Dokumen yang tidak terdapat di IATA Travel Pass

Tidak semua dokumen perjalanan dapat di akses melalui aplikasi ini. Mungkin ada persyaratan perjalanan lain yang tidak dapat diatur di aplikasi IATA Travel Pass, seperti:

  • Formulir atau pernyataan entri tambahan.
  • Mengunduh aplikasi pelacakan.
  • Pertanggungan.
  • Bukti akomodasi.
  • Rencana karantina pada saat kedatangan.

Anda harus melengkapi semua persyaratan yang diperlukan sebelum bepergian dan membawa dokumen perjalanan yang relevan ke bandara.

Persyaratan perjalanan dapat berubah dengan cepat, jadi penting untuk memeriksa situs pemerintah sebelum Anda memesan dan sebelum Anda terbang.

Haruskah menggunakan IATA Travel Pass?

IATA Travel pass adalah sebuah solusi untuk mengurangi kebingungan calon penumpang disaat akan mengunjungi suatu tempat.

Bagi yang tidak bisa menggunakan aplikasi ini, tidak menjadi masalah karena aplikasi ini sifatnya pilihan.

Calon penumpang tetap bisa check in seperti biasa menggunakan channel check in maskapai penerbangan dengan syarat semua dokumen yang dibutuhkan sudah terpenuhi.