Check In Tiket Airasia Melalui Super App

Update : Pada bulan Desember nanti, airasia Superapp akan diubah menjadi airasia MOVE, serta berganti warna dari merah menjadi hijau 'menyala'.

Airasia melakukan penyempurnaan pada sistem mereka, AirAsia mendorong semua tamu untuk memanfaatkan fitur nirsentuh dengan melakukan check-in secara digital melalui Super App untuk menikmati kemudahan yang lebih besar secara gratis.

Namun, layanan counter check-in di semua bandara Malaysia akan tetap tersedia hingga 31 Maret 2022. Setelah check-in melalui airasia Super App, tamu akan menerima sebuah e-boarding pass untuk naik ke penerbangan mereka dengan kode QR untuk mencetak tag bagasi di salah satu kios nirsentuh.

Setelah label dicetak, para tamu dapat melanjutkan ke mesin penyerahan bagasi mandiri. Mereka yang tidak memiliki bagasi check-in dapat melewati langkah ini dan langsung menuju ke ruang tunggu dengan e-boarding pass dan ID nasional atau paspor mereka.

Syarat Layanan Konter Check In

AirAsia juga akan membatasi layanan konter check-in di semua bandara di Malaysia mulai 1 April 2022. Artinya mulai tanggal ini, tidak ada lagi biaya konter check-in karena hanya tamu yang memenuhi syarat dalam kategori berikut yang akan diterima untuk layanan counter check-in:

  • Lansia berusia 70 tahun ke atas
  • Pemesanan dilakukan di bawah Angkatan Bersenjata Malaysia dan surat perintah Pemerintah
  • Tamu di penerbangan charter
  • Tamu yang melakukan check-in mandiri tetapi perlu mencetak ulang boarding pass
  • Tamu dengan keterbatasan gerak yang memegang kartu Orang Dengan Disabilitas (OKU) yang masih berlaku
  • Pemesanan rombongan 10 tamu dan lebih
  • Tamu muda yang bepergian sendiri (usia 12-16)
  • Tamu yang terpengaruh oleh perubahan jadwal dan pembatalan penerbangan
  • Tamu yang melakukan upgrade kursi dan/atau pembelian tambahan di konter check-in
  • Tamu yang terpengaruh oleh gangguan sistem Super App, situs web, atau kios
  • Tamu yang tidak mendapatkan kursi selama check-in mandiri
  • Tamu Perusahaan Full Flex, Premium Flex, dan Flatbed

Check In melalui Airasia Super App

Untuk memberikan kemudahan secara gratis dan untuk menghindari kontak langsung antar calon penumpang, Airasia menyediakan fitur check in melalui Super App.

Aplikasi Super App Airasia bisa didownload melalui Playstore, App Store atau App Gallery. Anda bisa mencarinya dengan keyword "Airasia".

Masukkan Detail Penerbangan

Buka aplikasi yang sudah di install tersebut, kemudian pilih menu "CHECK IN". Selanjutnya isi data data yang diminta sesuai dengan data tiket yang sudah dibeli.

Masukkan detail penerbangan yang tertera pada tiket Airasia. Pada kolom yang tersedia, Anda akan disuruh mengisi "FAMILY NAME" dan "BOOKING NUMBER".

Setelah mengisi dengan benar, lanjutkan proses check in dengan menekan tombol "SEARCH"

Pilih Penumpang yang akan Check In

Pilih penumpang mana saja yang akan di check in kan, selanjutnya scroll kebawah untuk membaca dan menyetujui deklarasi covid 19.

Persetujuan Deklarasi Covid 19

Jika Anda menyetujui deklarasi covid 19 tersebut, berikan tanda centang dan lanjutkan proses check in dengan menekan tombol "CONTINUE"

Mendapatkan E Boarding Pass

Anda selesai melakukan check in. Boarding pass sudah diterbitkan untuk nantinya digunakan pada saat keberangkatan.