Panduan Pembelian Tiket Lion Air Online

Update: 04 Desember 2020

Setiap maskapai penerbangan berlomba lomba menarik perhatian para penumpang dengan memberikan harga tiket promo, tidak ketinggalan Lion Air pun juga melakukan hal yang sama.

Untuk mendapatkan tiket promo memang susah susah gampang, kita harus rutin melakukan pengecekan diwebsite lion air. Hal yang paling penting adalah kita harus bisa melakukan pembelian sendiri secara online.

Untuk itu, tulisan kali ini akan kita fokuskan tentang panduan pembelian tiket lion air secara online agar suatu saat ingin membeli tiket, tidak perlu lagi repot menelepon atau pergi kekantor penjualan lion air.

Panduan Pembelian Tiket Lion Air Online

Trik mendapatkan tiket promo Lion Air

Harga tiket promo lion air mempunyai seat atau kursi yang terbatas, jadi siapa yang terlebih dahulu memesan maka dia beruntung mendapatkannya. Untuk itu diperlukan kecepatan dan kesabaran serta pilihan waktu keberangkatan yang tepat.

Trik mendapatkan tiket promo lion air adalah dengan cara mencari waktu perjalanan diluar hari hari besar keagamaan atau hari besar nasional, hindari keberangkatan pada saat liburan dan keberangkatan pada akhir minggu, karena pada waktu waktu tersebut intensitas dan frekuensi terbang akan meningkat sehingga harga tiket promo tidak disediakan oleh maskapai penerbangan.

Lion air mempunyai kelas kelas tiket promo sebanyak tiga (3) kelas, tiap tiap kelas promo ini mempunyai harga yang berbeda beda satu sama lainnya.

Kelas kelas tersebut adalah kelas X, kelas V dan kelas T. Dari ketiga kelas tiket promo lion air tersebut, kelas X adalah harga tiket promo lion air yang paling murah, menyusul harga kedua yaitu kelas V dan terakhir adalah kelas T.

Harga tiket promo lion air biasanya tersedia pada saat musim sepi (low swason), untuk musim liburan dan hari besar nasional dan keagamaan sperti disebutkan diatas, sangat sulit kita dapatkan, yaa namanya juga promo ya gak, pas lagi sepi dong baru ada promosi, kalo rame nggak mungkin juga dikeluarin harga promo.

Baik, sekarang kita masuk ke cara booking tiket lion air. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet, komputer atau smartphone. Langkah langkah booking tiket Lion Air secara Online dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pencarian Penerbangan

Untuk melakukan Booking Tiket Lion Air Online pertama harus buka situs Lion Air https://www.lionair.co.id/. Setelah situs terbuka, pada halaman yang terbuka tersebut Anda akan melihat bagian seperti pada gambar dibawah ini:

Pencarian rute dan harga lion air
  • Pada gambar diatas, pilih "Sekali Jalan" untuk rute sekali jalan atau "Pulang Pergi" jika Anda ingin memesan tiket pulang dan pergi.

  • Pilih rute yang Anda inginkan, contoh Pekanbaru ke Jakarta.

  • Pilih tanggal keberangkatan Anda, pastikan tanggal keberangkatan Anda sudah tepat sesuai dengan rencana Anda.

  • Pilih jumlah penumpang dewasa ( Adult), penumpang anak anak (Child), dan penumpang bayi (Infant) yang ikut pada perjalanan tersebut.

  • Jika data yang Anda masukkan sudah benar dan tidak ada kesalahan lagi, untuk melanjutkan proses booking, Anda lakukan klik pada tombol "Cari"

Pemilihan Harga dan Jadwal

Setelah tombol "Cari" Anda klik, maka halaman tersebut akan berpindah kehalaman selanjutnya. Pada halaman ini Anda akan melihat bagian seperti gambar dibawah ini:

Daftar harga lion air
  • Pilih jam keberangkatan sesuai dengan keinginan Anda. Rincian harga tiket akan ditampilkan pada bagian kanan.

  • Jika ingin mengubah pencarian, gunakan tombol "Modify Search" atau "Edit Search".

  • Setelah memilih jadwal dan harga, jangan lupa pilih apakah ingin membeli tambahan asuransi atau tidak, dilanjutkan dengan mengisi CAPTCHA dan diakhiri dengan menekan tombol "Continue".

Penulisan Nama Penumpang

Pada halaman selanjutnya, kita akan mengisi data penumpang serta permintaan khusus. Isi kolom kolom tersebut dengan benar sesuai dengan identitas penumpang yang akan berangkat.

Penulisan nama lion air
  • Pada kolom "Title", pilih sesuai dengan status penumpang, misal jika penumpang laki laki dewasa adalah "Mr", wanita dewasa adalah "Mrs".

  • Pada kolom "First dan Middle Name(s) isikan nama depan dan nama tengah, kemudian pada kolom "Last Name" isikan dengan nama belakang.

  • Kolom "Lion Passport No" boleh dikosongkan jika tidak memilikinya.

  • Jika membutuhkan kursi roda, pada kolom "Special Request" silahkan pilih "Wheelchair".

  • Setelah semua disini dengan benar, kemudian lanjutkan proses dengan menekan tombol "Continue".

Catatan bagi yang membutuhkan kursi roda:

Biaya pemesanan kursi roda untuk rute domestik dan internasional berbeda besarnya, berikut besar biaya yang harus dikeluarkan untuk permintaan khusus kursi roda:

  • Biaya layanan kursi roda rute domestik sebesar IDR 50.000

  • Biaya layanan kursi roda rute internasional (origin Indonesia) sebesar IDR 100.000 kecuali dari dan ke Singapura (SIN)

  • Biaya layanan kursi roda khusus dari dan ke Singapura (SIN) sebesar SGD 30.00

  • Biaya layanan kursi roda yang dibayarkan di luar Indonesia mengikuti nominal harga yang tertera pada sistem.

Pembelian Bagasi dan Medical Kit

Tahap selanjutnya adalah pembelian bagasi dan medical kit. Seperti yang Anda lihat pada gambar dibawah ini:

Pembelian bagasi lion air

Tahap ini bersifat pilihan, kita bisa menambahkan pembelian medical kit dan bagasi kepembelian jika dibutuhkan. Jika kita tidak memerlukannya, maka bisa dikosongkan saja. Untuk melanjutkan ketahap selanjutnya, silahkan tekan tombol "Continue".

Pemilihan Pembayaran dan Input Detail Kontak

Tahap selanjutnya adalah pemilihan cara pembayaran dan memasukkan detail kontak. Data kontak ini berguna jika nanti ada perubahan terhadap penerbangan, sehingga pihak maskapai penerbangan mudah untuk menghubungi kita.

Pembayaran tiket lion air

Panduan pengisian data pada bagian seperti yang diperlihatkan pada gambar diatas adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian Payment Detail, pilihkan metode pembayaran yang ingin dilakukan. Pada contoh ini kita memilih pembayaran melalui ATM.
  • Pada bagian "Contact Detail", isi semua data yang diminta dengan benar, seperti nama depan, nama belakang, nomor telepon dan email.
  • Berikan tanda ceklis pada bagian "Customer Agreement" untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  • Tekan tombol "Continue" jika semua data sudah dimasukkan untuk menyelesaikan proses booking.

Data Hasil Booking

Sampai ditahap ini, kita sudah berhasil melakukan booking, pada layar kita akan melihat hasil booking kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Hasil booking tiket lion air

Dari hasil booking seperti terlihat diatas, hal terpenting yang harus kita ingat dan perhatikan adalah pada bagian "Reservation Detail".

Pada bagian ini terdapat Kode Booking, Time Limit Pembayaran serta Kode Pembayaran. Segera bayar tiket tersebut melalui ATM sebelum batas waktu pembayaran habis dengan menggunakan kode pembayaran.

Pembayaran Tiket

Ada berbagai macam Bank yang bisa dipakai untuk membayar tiket lion air melalu ATM, diantarnya adalah sebbagai berikut:

  1. BNI
  2. CIMB Niaga
  3. ATM Mandiri
  4. BII
  5. Bank Permata
  6. BRI
  7. Bank Bukopin
  8. Bank Panin
  9. Bank BCA
  10. Bank BTN
  11. Bank Sinarmas
  12. Bank Danamon
  13. Bank Mega
  14. Bank NISP

Cara dan Langkah pembayaran Tiket Lion Air melalui ATM adalah:

  1. Pilih Menu "Payment"
  2. Pilih "Flight"
  3. Pilih "Lion Air"
  4. Selanjutnya masukkan kode pembayaran.

Setelah proses pembayaran berhasil, maka selesai sudah proses pembelian tiket lion air kita. Kita bisa melakukan print tiket dan melakukan web check in.

Untuk menambah informasi dan pengetahuan kita terhadap lion air, disini akan dijelaskan sedikit tentang armada yang dimiliki oleh lion air.

Armada Lion Air

Lion air memang tidak tanggung tanggung dalam hal mempersiapkan armada pesawatnya, ini dilakukan untuk melayani para penumpang lion air yang semakin meningkat dan untuk melayani rute rute penerbangan lion air domestik maupun internasional yang sangat banyak.

Pada awal pendiriannya, Lion Air hanya memiliki 2 buah armada yaitu Boeing 737-200. Saat ini Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900ER, Boeing 737-300, 400 dan Boeing MD-90. Untuk menampung tingginya permintaan transportasi udara, Lion Air telah memilih armada Boeing yang sangat efisien dan dilengkapi oleh pesawat komersial berkoridor tunggal yang paling canggih di dunia.

Dengan tambahan Boeing 737-900ER terbarunya, Lion Air akan mampu menawarkan lebih banyak penerbangan non-stop dengan tarif terjangkau ke berbagai tujuan. Lion Air menerima 737-900ER pertamanya pada bulan April 2007 ketika pesawat ini diantarkan dalam skema spesial cat rangkap dua yang mengkombinasikan singa Lion Air pada sirip vertikalnya dan warna khas Boeing pada badan pesawat.

Pesawat Boeing 737-900ER Lion Air

Boeing 737-900ER adalah anggota terbaru dari jenis pesawat Next-Generation 737, jenis pesawat jet paling laris di dunia.

Lion Air saat ini memiliki 65 pesawat Boeing 737-900ER dan merupakan pengguna pertama pesawat hybrid ini di Asia.

Pesawat berkapasitas hingga 220 penumpang dalam konfigurasi single-class ini dianggap memiliki kapasitas yang lebih besar dan jangkauan lebih jauh. Next Generation 737 lebih muda 10 tahun dan terbang lebih tinggi, lebih cepat, lebih jauh dan lebih tidak bising dibandingkan model saingannya.

Boeing 737-900ER menambah sepasang pintu keluar dan flat rear-pressure bulkhead yang memungkinkan kapasitas hingga 220 penumpang dalam layout single-class.

Perubahan-perubahan dalam desain aerodinamis dan struktural, termasuk sayap yang diperkuat, tailskid dua posisi, perbaikan pada tepi depan dan belakang sistem flap, Blended Winglet dapat dipilih dan tangki bahan bakar tambahan memungkinkan 737-900ER untuk mengakomodasi berat tinggal landas yang lebih tinggi dan menaikkan jangkauannya hingga 3.200 nautical miles (5.900 km).

Pesawat Boeing 737-800 Lion Air

Boeing 737-800 dapat menampung 189 penumpang dalam satu kali perjalanan dan mempunyai kecepatan jelajah 858 km per jam. Pesawat ini mempunyai panjang: 39.5 m dan rentang sayap 35.8 m. Saat ini, Lion Air memiliki 38 buah 737-800, pesawat ini digunakan untuk rute rute pendek.

Pesawat Boeing 737 Max 8 Lion Air

Boeing 737 Max 8 milik lion air ini memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi sehingga memungkinkan untuk perjalanan jarak jauh. Lion air memiliki sebanyak 10 pesawat Boeing 737 MAX.

Boeing 737 MAX memiliki konfigurasi kelas tunggal dan dapat mengangkut sebanyak 108 penumpang dengan kecepatan jelajah 967 km per jam. Pesawat ini memiliki panjang 39.5 m dan rentang sayap 35.9 m.

Pesawat A330-300 Lion Air

Airbus A30-300 dirancang untuk jarak yang lebih jauh dan Lion Air menggunakan pesawat ini untuk penerbangan charter internasional.

Saat ini Lion Air memiliki 5 pesawat Airbus A330-300. Airbus A330-300 memiliki konfigurasi satu kelas dan dapat mengangkut sebanyak 440 penumpang dengan kecepatan jelajah 871 km per jam. Pesawat ini memiliki panjang 63,3 m dan rentang sayap 60.3 m.

Dengan demikian, Lion Air memliki sebanyak 51 armada yang siap untuk melayani para pelanggan setianya. Untuk dapat bersaing ditengah tengah maskapai penerbangan komersial, Lion Air memang harus meningkatkan setiap pelayanannya termasuk armada pesawat.

Daftar Artikel
Loading....
Berlangganan

Untuk mendapatkan update terbaru langsung ke Email Anda, silahkan isi kolom dibawah ini, konfirmasi kesediaan akan segera kami kirimkan melalui email, setelah menerima konfirmasi tersebut, lakukan verifikasi melalui email Anda agar segera mendapatkan update gratis dari kami.

Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya dan memberikan komentar pada kolom dibawah ini:

TIKETIPS.com ©
All Rights Reserved