Cara Web Check In Batik Air

Batik Air adalah sebuah maskapai penerbangan yang merupakan anggota dari Group Lion Air yang menyediakan pelayanan Premium bagi para pelanggannya.

Dari segi harga tiket, Batik Air memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket Lion Air, tentu saja karena Batik Air memberikan pelayanan yang lebih (Premium) kepada para penumpangnya.

Salah satu pelayanan yang diberikan Batik Air adalah dengan menyedikan fasilitas web check in melalui website mereka. Web Check In adalah salah satu pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan batik air untuk mempermudah proses check in tanpa harus antri lagi di bandara.

Syarat Web Check In Batik Air

Sama halnya dengan Lion Air, web check in tiket Batik Air disediakan untuk semua pemegang tiket Batik Air, namun tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa menggunakan fasilitas ini. Adapun beberapa syarat tersebut adalah:

  • Tidak membawa bayi dan anak anak
  • Bukan orang lanjut usia, orang sakit ataupun orang yang membutuhkan kursi roda.
  • Tidak termasuk penumpang yang memiliki kondisi medis yang harus diketahui oleh pihak Batik Air, misalnya kurang pendengaran, rabun atau lainnya yang membutuhkan penjaga/pendamping selama perjalanan.
  • Tidak membawa anjing (guide dogs)
  • Tidak yang membawa senjata api.
  • Tidak sedang membawa tahanan/narapidana.

Syarat syarat tersebut diatas sama dengan syarat syarat web check in Lion Air, jika kita tidak dari salah satu yang disebutkan, maka kita bisa menggunakan fasilitas web check in batik air tersebut.

Web check in Batik Air dibuka 24 jam sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 2 jam sebelum jadwal keberangkatan, misalnya jadwal keberangkatan kita adalah tanggal 2 januari jam 12.00, maka pada tanggal 1 januari jam 12.01 sampai dengan 2 januari jam 10.00 kita sudah bisa melakukan web check in.

Walaupun kita membawa bagasi, kita tetap bisa menggunakan fasilitas web check in batik air, namun harap diperhatikan bahwa walaupun kita sudah check in melalui web, disebabkan karena kita membawa bagasi maka kita tetap harus datang ke check in konter dibandara untuk melakukan check in bagasi.

Pencarian Data Tiket

Oke, sekarang bagaimanakah cara melakukan web check in tiket batik air tersebut?. Terlebih dahulu kita siapkan beberapa hal yang diperlukan seperti:

  • Kode Booking dan Nama Penumpang sesuai yang tertera di tiket Batik Air.
  • Handphone atau Komputer yang terhubung dengan jaringan Internet.
  • Printer (optional), hanya jika kita ingin mencetak Boarding Pass
  • Secangkir teh atau kopi...hehehehe

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser pada handphone atau komputer, jenis browser bisa apa saja, seperti mozilla firefox, chrome ataupun internet explorer.

Kemudian kita buka website batik air yaitu www.batikair.com. Setelah terbuka, cari menu web check in dan klik pada menu tersebut.

Kita akan diminta mengisi beberapa kolom, pada kolom "BOOKING REFERENCE" masukkan Kode Booking tiket batik air dan pada kolom "LAST NAME" ketikkan nama belakang penumpang yang tertera ditiket Batik Air, selanjutnya tekan tombol "RETRIEVE".

Persetujuan Check In

Pada halaman selanjutnya kita akan diberikan Syarat dan Ketentuan web check in Batik, baca ketentuan tersebut dan jika setuju untuk melanjutkan proses web check in maka klik tombol "I AGREE" yang ada dibawahnya.

Berikutnya kita juga akan ditanya apakah membawa barang barang berbahaya dalam perjalanan nantinya, untuk melanjutkan proses check in tentunya kita tidak boleh membawa barang barang berbahaya tersebut.

Lanjutkan dengan menekan tombol "NO, I'M NOT CARRYING HAZARDOUS MATERIALS" yang terdapat pada bagian bawah halaman tersebut.

Pemilihan Kursi

Selanjutnya tekan tombol "CONTINUE" untuk melanjutkan ketahap pemilihan Seat atau tempat duduk. Pada bagian ini akan terlihat peta tempat duduk, silahkan pilih tempat duduk sesuai keinginan dan tentunya tempat duduk yang masih tersedia atau available.

Setelah tempat duduk dipilih, lanjutkan dengan menekan tombol "CONTINUE" untuk menyelesaikan proses Web Check in. Jika proses web check in berhasil, maka pada halaman selanjutnya kita bisa mencetak boarding pass.

Boarding Pass

Dihalaman tersebut bisa kita lihat ada dua tombol yaitu "EMAIL BOARDING PASS" dan "PRINT BOARDING PASS". Jika ingin mengirimkan Boarding Pass tiket batik air ke email, tekan tombol "EMAIL BOARDING PASS" dan masukkan alamat email pada kolom yang disediakan lalu tekan "SUBMIT".

Selain itu jika ingin mencetak boarding pass ke printer, klik pada tombol "PRINT BOARDING PASS", maka nanti akan muncul file PDF yang merupakan boarding pass kita, file ini bisa kita simpan dikomputer atau handphone untuk keperluan lainnya dan bisa kita cetak/print.

Nah demikianlah cara web check in tiket batik air, sepertinya kalo dibaca memang agak rumit, tetapi jika sudah dipraktekkan akan terasa mudah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.