Cara Web Check In Lion Air melalui Handphone atau Komputer

Maskapai penerbangan Lion Air tidak mau kalah dengan Maskapai penerbangan lainnya dalam hal memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Lion Air memberikan pelayanan berupa kemudahan dalam melakukan proses check in dengan menyediakan fasilitas Web Check In.

Siapa saja pengguna fasilitas Web Check In Lion Air?

Web Check In Lion Air tidak bisa dilakukan oleh penumpang yang mempunyai permintaan khusus dalam perjalanannya seperti:
  • Penumpang yang membawa bayi dan anak anak
  • Orang lanjut usia, orang sakit ataupun orang yang membutuhkan kursi roda.
  • Penumpang yang memiliki kondisi medis yang harus diketahui oleh pihak Lion Air, misalnya kurang pendengaran, rabun atau lainnya yang membutuhkan penjaga/pendamping selama perjalanan.
  • Penumpang yang membawa anjing (guide dogs)
  • Penumpang yang membawa senjata api.
  • Penumpang yang membawa tahanan/narapidana.
Jika kita tidak termasuk salah satu dari poin diatas, maka kita dapat menikmati fasilitas Web Check In sebagai salah satu kemudahan yg ditawarkan oleh Lion Air.

Waktu Web Check In Lion Air

Web Check in Lion Air sudah bisa digunakan atau sudah dibuka 24 jam sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 4 jam sebelum jam keberangkatan. Untuk berjaga-jaga, walaupun kita sudah melakukan Web Check In, ada baiknya kita tetap datang lebih awal kebandara jika mempunyai bagasi banyak agar nanti tidak ketinggalan penerbangan.

Bagasi pada saat melakukan Web Check In Lion Air

Web Check In Lion Air bisa dilakukan sekalipun kita memiliki bagasi, namun kita tetap harus melakukan check in di counter check in bandara untuk check in bagasi. Bagi penumpang yg mempunyai bagasi sebaiknya datang lebih awal untuk keperluan check in bagasi.

Langkah langkah web check in tiket Lion Air

Proses web check in tiket lion air bisa dilakukan melalui komputer bahkan melalui handphone android. Syarat yang diperlukan untuk proses web check in tiket lion air adalah:
  1. Itinerary tiket lion air. Dalam hal ini data yang diperlukan adalah Kode Booking dan nama belakang penumpang yang tertera di tiket lion air.
  2. Handphone atau komputer yang terhubung dengan internet.
Setelah semua syarat disiapkan, saatnya untuk melakukan proses web check in dengan cara berikut ini:
Buka browser pada Handphone atau Komputer, kemudian ketik alamat web check in lion air : http://checkin.lionair.co.id/dx/JTCI/  dilanjutkan dengan menekan tombol ENTER.Tunggu halaman web check in lion air pada browser muncul seperti gambar dibawah ini:

web check in lion air

Ketik atau Masukkan Kode Booking tiket Lion Air pada kolom "Booking Reference" dan dilanjutkan mengetik Nama Belakang pada kolom "Last Name". Kemudian tekan tombol "RETRIEVE" untuk melanjutkan proses web check in.

Setelah menekan tombol "RETRIEVE", maka kita akan dibawa ke halaman selanjutnya yaitu halaman "Term and Condition' atas Syarat dan Ketentuan" web check in lion air. Pada bagian bawah halaman ini ada tombol "Agree" atau "Setuju", nah klik tombol tersebut untuk meneruskan proses web check in.

Halaman selanjutnya kita akan ditanya apakah akan membawa barang bawaan berbahaya atau tidak, pada tahap ini kita tinggal klik tombol yang menyatakan bahwa kita tidak ada membawa barang berbahaya. Selanjutnya akan muncul tombol "Continue", klik tombol tersebut.

Proses selanjutnya adalah pemilihan Seat atau Kursi, langsung saja klik tombol "Continue" jika tidak ingin memilih kursi atau lihat kebagian bawah untuk memilih kursi yang kita inginkan, semua kursi yang masih tersedia bisa kita pilih salah satunya, setelah memilih kursi, klik tombol "Continue" untuk menyelesaikan proses web check in, jika proses web check in berhasil, maka pada halaman selanjutnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

web check in lion air

Setelah berhasil melakukan proses web check in tiket lion air, kita bisa mengirim Boarding Pass ke email kita dengan cara klik pada tombol "EMAIL BOARDING PASS", selanjutnya masukkan alamat email pada kolom yang disediakan diikuti dengan menekan tombol "SUBMIT". Tunggu beberapa saat, kemudian cek email kita untuk melihat boarding pass yang sudah dikirim.

Selain mengirimkan ke email, kita juga bisa mencetak langsung boarding pass dengan cara klik tombol "PRINT BOARDING PASS", setelah meng-klik tombol tersebut, kita akan mendapatkan sebuah file pdf yang berisikan boarding pass kita, langsung saja kita buka menggunakan Acrobat Reader untuk dicetak, atau bisa juga untuk disimpan ke memory handphone atau komputer.

Penjelasan dalam bentuk video bisa dilihat di Channel Youtube kami, silahkan klik link dibawah ini:


Semoga bermanfaat bagi kita semua, terus berikan support kepada kami agar kami terus bersemangat dalam memberikan informasi-informasi lainnya.

No comments:

Post a Comment