Cara Print Tiket Citilink Sendiri

Suatu hari disela sela kesibukan, datang seorang pelanggan kekantor. Si pelanggan bercerita bahwa dia sudah membeli tiket pesawat citilink disalah satu travel agent beberapa minggu yang lalu.

Si pelanggan bercerita lagi bahwa jadwal keberangkatannya adalah besok pagi dan tadi sebelum datang kekantor ketika akan mempersiapkan segala kebutuhan keberangkatan alias packing packing dia tidak menemukan print out tiket citilink yang sudah dibelinya tersebut.

Ternyata tujuan si pelanggan datang kekantor adalah untuk minta bantuan agar tiket citilink nya diprint ulang.

Benar sekali, salah satu keuntungan etiket sekarang adalah apabila print out tiket hilang, kita bisa meminta print ulang tiket tersebut tanpa harus membeli tiket baru, inilah bedanya dengan tiket zaman antah berantah dulu yang menggunakan tiket manual.

Untuk diketahui bersama, tiket pesawat citilink bisa kita cetak atau print sendiri tanpa harus datang ke travel agent atau kantor penjualan tiket citilink tempat kita membeli tiket.

Apa saja yang diperlukan untuk mencetak tiket citilink

Sebelum bisa melakukan print tiket citilink sendiri tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu, siapkan hal hal berikut ini:

  • Segelas kopi atau teh...hehehe...ini bisa diabaikan saja ya
  • Seperangkat komputer lengkap dengan printer dan koneksi internet
    Nah ini harus disiapkan ya, kalo gak punya dirumah bisa langsung tancap gas kewarnet terdekat dengan rumah.
  • Kode Booking atau nomor konfirmasi tiket citilink yang sudah dibeli sebelumnya.
    Kode booking ini berguna untuk memanggil data tiket citilink kita nantinya melalui internet untuk bisa diprint kembali.

Itu aja kok yang harus disiapkan, kalo mau nyiapin makan siang dulu sebelum print ulang tiket citilink tersebut juga boleh kok..hahaha...bercanda bercanda.. Oke lanjut yaaa...

Langkah langkah print tiket citilink sendiri

Setelah mempersiapkan semua hal diatas, saatnya kini beraksi, biar aksinya gak ngawur, nih pedoman aksi cetak tiket citilinknya.

  1. Buka website citilink yaitu www.citilink.co.id, Setelah website citilink terbuka, cari menu web check in dan klik pada menu tersebut.
  2. Masukkan data yang diminta pada kolom masing masing. Pada kolom "NOMOR KONFIRMASI", masukkan Kode Booking tiket citilink yang sudah dibeli dan pada kolom "NAMA BELAKANG PENUMPANG", masukkan nama belakang penumpang yang akan akan berangkat menggunakan tiket tersebut.
  3. Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol "FIND BOOKING".
  4. Jika data yang dimasukkan benar, maka pada halaman selanjutnya akan ditampilkan itinerary tiket citilink, untuk melakukan print ulang atau cetak ulang silahkan tekan tombol paling bawah pada halaman tersebut yaitu "PRINT ITINERARY"

Mudah banget bukan?...seandainya tadi sebelum mulai ditemani kopi segelas, blom habis kopi segelas print out tiket citilink sudah bisa didapat kembali.