Tips memilih travel agent yang bagus

Dewasa ini pertumbuhan usaha jasa travel agent penjualan tiket pesawat udara dan paket tour semakin menjamur, persaingan antara sesama usaha jasa travel agent sangat ketat karena tiap travel agent ingin mendapatkan pelanggan yang sebanyak banyaknya.

Berbagai usaha promosi dilakukan baik melalui media koran, radio, televisi bahkan melalui jejaring sosial. Oya, bahkan ada juga loh yang promosi melalu sms dengan mengirimkan sms acak kenomor sembarangan, barangkali kawan kawan pernah juga ya dapat smsnya...hehehe.

Dengan kondisi semacam ini, pengguna jasa angkutan udara yang ingin mencari tiket pesawat menjadi semakin mudah karena banyak dijumpai kantor penjualan tiket pesawat disekitar tempat tinggalnya.

Menjamurnya usaha jasa travel agent ini tentu mempunyai kelemahan dan kekuatan masing masing, tiap agent travel tentu mempunyai pelayanan yang berbeda beda, ada pelayanannya yang sangat bagus, bagus, sedang dan jelek, penilaian tentunya berasal dari para pelanggan sendiri.

Nah, dari sekian banyak travel agent, apa saja indikator untuk memilih travel agent yang bagus sebagai mitra tempat pembelian tiket pesawat maupun paket tour? Apakah cukup dengan harga murah yang ditawarkan oleh travel agent saja?

Carilah Travel Agent yang telah lama berdiri

Biasanya semakin lama seseorang berkecimpung dalam suatu bidang, pasti pengalamannya akan banyak dalam bidang itu, bukan begitu?...ya iya laaa..masak ya iya dooong...hehehe.

Begitu pula travel agent yang telah lama berdiri dan bergelut dibidang penjualan tiket pesawat dan paket tour, tentu mereka mempunyai banyak pengalaman.

Guna memilih travel agent yang berpengalaman adalah jika suatu saat kita mendapat masalah (misal pembatalan penerbangan, perubahan jadwal penerbangan), maka pihak travel agent bisa membantu dengan cepat.

Selain itu, travel agent yang sudah lama berdiri pastinya sudah mempunyai relasi yang baik dengan maskapai penerbangan sehingga jika ada masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

Carilah Travel Agent yang mempunyai izin usaha

Tanpa disadari memang ada beberapa yang mengklaim sebagai travel agent menjual tiket pesawat tetapi tidak memiliki izin usaha.

Tiket pesawat yang dijual memang sama dengan yang dijual travel agent berizin usaha, tetapi harus kita ingat adalah jika suatu waktu kita mendapat masalah akan lebih sukar penyelesaiannya jika dibanding travel agent berizin usaha.

Travel Agent dengan pelayanan ramah tamah

Secara materil pelayanan ramah tamah tidaklah ada pengaruhnya, tetapi dengan pelayanan yang ramah tamah menandakan bahwa travel agent tersebut berpengalaman, kita akan merasa sangat nyaman berbelanja tiket pesawat di travel agent itu.

Bayangkan aja ketika kita datang kesebuah travel agent, sesampai disana kita dicuekin, dan ketika sampai saatnya dilayani, staffnya berbicara tanpa ada senyum, pasti dalam hati akan berkata menyesal sudah datang ke travel tersebut.

Travel Agent dengan sistem online langsung ke airlines

Sistem online langsung ke airlines akan menghemat waktu, pihak travel agent bisa langsung melakukan pengecekan harga tiket pesawat untuk tiap tiap airlines secara online dikomputernya tanpa harus menelepon kesana kemari.

Bayangkan saja jika travel agent tidak bisa booking langsung, mereka harus menelepon pihak airlines atau travel agent lain untuk booking tiket pesawat, tentunya waktu yang dibutuhkan akan sedikit lama, apalagi harga tiket pesawat bisa berubah dalam hitungan menit, bisa bisa kita kebagian harga mahal hehehe.

Pada dasarnya semua travel agent itu bagus, namun yang membedakan adalah tingkat pelayanan kepada pelanggan, fasilitas fasilitas yang diberikan serta kelengkapan perizinan. Semoga kita menemukan travel agent langganan yang bagus yaaa... :)