Syarat membawa orang sakit naik pesawat

Update: 16 Juni 2021

Kupandang pandang kok badanku makin lama makin melar aja ya, padahal susah payah dulu nurunin berat badan, sekarang malah udah naik lagi 10 Kg, waahhhh...kacau nih.

Tapi kalo dipikir pikir gak apa apalah asal badan sehat selalu hehehe, daripada badan kurus langsing tapi sakit, gak bisa ngapa ngapain jadinya.

Berhubung diatas ceritanya tentang sakit, tak ada salahnya kita hubungkan dengan penerbangan udara alias naik pesawat terbang.

Apakah orang sakit diperbolehkan naik pesawat terbang?, yaaa boleh dong, kan sakitnya cuman sakit hati..hahahaha. Ada yang lagi galau sepertinya sampai sampai sakit hati ya :).

Selama sakit yang diderita penumpang adalah penyakit ringan tanpa diperlukan surat keterangan dari dokter, tentunya tidak memerlukan izin khusus untuk bisa terbang menggunakan pesawat.

Namun jika penyakit si penumpang adalah penyakit berat, maka keadaan seperti ini jika tetap ingin menggunakan jasa angkutan udara harus terlebih dahulu memenuhi syarat syarat pengangkutan udara dari maskapai penerbangan.

Penumpang dengan penyakit ringan

Untuk calon penumpang dengan penyakit ringan seperti flu, batuk atau demam biasa, tidak memerlukan surat keterangan apa apa.

Calon penumpang dengan penyakit ringan ini bisa ikut dalam penerbangan sebagaimana halnya calon penumpang yang sehat.

Penumpang dengan penyakit berat

Penumpang dengan penyakit berat memerlukan surat keterangan dari dokter sebagai syarat agar bisa menggunakan pesawat terbang.

Surat keterangan dokter biasanya berisikan jenis penyakit yang diderita dan pernyataan dari dokter bahwasanya si penderita diperbolehkan naik pesawat terbang.

Penumpang yang sakit biasanya juga harus ditemani oleh kerabat atau teman dalam perjalanan dipesawat bahkan jika diperlukan ditemani oleh seorang perawat.

Jika kita termasuk orang dengan kategori sakit berat, maka syarat tersebut harus dipenuhi agar bisa ikut dalam penerbangan.

Sebelum membeli tiket pesawat, periksa diri kedokter, jelaskan kepada dokter bahwasanya kita ingin melakukan perjalanan udara agar dokter bisa memberikan surat keterangan.

Mengenai harga tiket pesawat untuk penumpang yang sakit bisa saja akan lebih mahal dibandingkan penumpang lain.

Harga tiket bisa mahal jika penumpang sakit ini memerlukan peralatan khusus seperti oksigen dan jika penumpang sakit tidak bisa duduk diharuskan mengambil/membeli kursi kurang lebih sebanyak sembilan kursi.

Kalau dihitung hitung harganya kurang lebih seharga dengan harga tiket dengan rute paling jauh dari maskapai penerbangan tersebut.

Jika penumpang sakit ini memerlukan peralatan khusus tersebut maka pembelian tiket minimal 1-2 hari menjelang keberangkatan agar pihak maskapai penerbangan bisa mengatur kursi dan menyediakan peralatan khusus tersebut.

Penumpang penyandang disabilitas

Penumpang yang memerlukan kursi roda bisa meminta disediakan kepada pihak maskapai penerbangan, pemberitahuan kebutuhan kursi roda sebaiknya diberitahukan kepada maskapai penerbangan sebelum proses check in (lebih baik satu atau dua hari sebelum jadwal keberangkatan).

Biasanya pada saat reservasi tiket pesawat terdapat pilihan apakah penumpang memerlukan kursi roda atau tidak (special service request).

Jika memerlukan maka beritahu kepada travel agent atau maskapai penerbangan saat pembelian tiket untuk mengambil layanan kursi roda itu.

Setiap penumpang pesawat terbang harus terlebih dahulu melakukan proses check in, memang ada pilihan web check in, namun penumpang yang sakit tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas web check in.

Penumpang yang sakit harus melakukan proses check in langsung dikonter check in bandara. Disarankan kepada penumpang sakit untuk cepat melakukan check in (tiga jam atau lebih) dikarenakan akan ada pemeriksaan oleh dokter dibandara apabila dianggap perlu oleh petugas check in.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil adalah, calon penumpang yang sakit bisa tetap ikut dalam penerbangan dengan syarat sudah memenuhi segala keperluan seperti surat keterangan dokter bagi yang termasuk kategori penyakit berat.

Selain itu, jika memerlukan sesuatu selama penerbangan seperti kursi roda atau oksigen, maka harus memberitahukan kepada maskapai penerbangan sebelum melakukan check in.

Doa kita semua tentunya dijauhkan dari berbagai macam penyakit, dimudahkan segala urusan agar bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh semangat. Aamiin.

Daftar Artikel
Loading....

Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya dan memberikan komentar pada kolom dibawah ini:

  1. Selamat malam, saya sugianti sinaga, saya mau nanyak, syarat2 bawa orangtua saya dalam keadaan sakit apa ajah ya??? Dari medan ke jakarta?? Di masa covid 19 ini?? Terima kasih mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya seperti disebut di artikel diatas ditambah dengan sertifikat vaksinasi minimal dosis 1 dan tes antigen

      Hapus
TIKETIPS.com ©
All Rights Reserved