Syarat Travel Agent Airasia

Beberapa minggu yang lalu saya mengurus keagenan penjualan tiket maskapai penerbangan Airasia.

Berhubung selama ini setiap penjualan tiket pesawat airasia menggunakan credit card dimana dikenakan charge dan fee lainnya sehingga harga tiket airasia terpaksa di up terlalu banyak untuk mendapatkan komisi.

Setelah mendapatkan tawaran dari pihak maskapai penerbangan airasia untuk menjadi agent resmi mereka, maka saya mulai melakukan pengurusan dan menyiapkan syarat syarat menjadi agent airasia.

Syarat menjadi Travel Agent Airasia

Untuk menjadi agent penjualan airasia, syarat yang diminta tidaklah begitu banyak, namun tentunya kita sudah harus memenuhi syarat utama yaitu sudah menjadi travel agent resmi.

Selain syarat tersebut, ada beberapa syarat khusus yg diminta oleh pihak maskapai penerbangan airasia yaitu:

  • Mengisi Form Registration Sky Agent yang disediakan oleh Airasia
  • Melampirkan hasil scan KTP pimpinan perusahaan
  • Melampirkan hasil scan SIUK dan SIUP Pariwisata
  • Hasil scan NPWP Perusahaan
  • Mengisi perjanjian kerjasama distribusi antara Airasia dengan perusahaan dibuat rangkap dua bermaterai.

Setelah syarat diatas dilengkapi kemudian dikirim via email ke maskapai penerbangan airasia untuk diproses selanjutnya.

Syarat dan Ketentuan Travel Agent Airasia

Menjadi agent penjualan tiket airasia harus mematuhi syarat dan ketentuan yg dikeluarkan oleh pihak airasia, untuk pembelian tiket airasia jika sudah dilakukan pembayaran maka jika terjadi pembatalan dari pihak penumpang uang tidak bisa dikembalikan dengan alasan apapun.

Begitu pula halnya jika terjadi kesalahan rute penerbangan atau ingin melakukan perubahan rute tidak diperbolehkan.

Pembatalan untuk perubahan jadwal penerbangan bisa dilakukan jika penerbangan lebih dari 48 jam sebelum jadwal penerbangan dan akan dikenakan penalty dan selisih harga.

Biaya penalty untuk internasional Rp. 315.000 sedangkan domestik Rp. 242.000 per penumpang per satu kali jalan, kalau dilakukan kurang dari 48 jam dari jadwal penerbangan maka perubahan tidak dapat dilakukan lagi.

Pengunjung setia yang sudah pernah naik pesawat airasia tentu sudah mengetahui bahwa airasia tidak menyediakan makan dan minum didalam pesawat, kalo ingin makan dan minum maka harus membeli.

Selain itu jika terjadi kesalahan nama dimana tiket sudah di issued, tidak bisa dilakukan penggantian nama termasuk penambahan atau pengurangan karakter nama.

Airasia menetapkan umur bayi (infant) adalah kurang dari 23 bulan dengan harga tiket Rp. 150.000 sekali jalan untuk rute domestik dan internasional.

Check in airasia yang dilakukan dikonter bandara dibuka 2 jam sebalum keberangkatan dan ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Pengalaman selama ini, pihak airasia selalu melakukan pengecekan tanda pengenal pada saat check in, oleh karena itu jangan lupa membawa KTP atau Passport pada saat check in, jika ada bayi dan anak yang belum mempunyai kartu identitas maka diharapkan membawa fotokopi akte kelahiran atau kartu keluarga.

Rute internasional memerlukan passport, masa berlaku passport minimal 6 bulan dari jadwal keberangkatan dan jika tidak ada izin tinggal dari negara tujuan maka diharuskan membeli langsung tiket kepulangan.

Berhubungan dengan bagasi, airasia menyediakan bagasi dengan harga tertentu untuk setiap berat bagasi, biaya bagasi didaftarkan pada saat melakukan booking pembelian tiket airasia. Biaya bagasi airasia bisa dilihat dibawah ini:

  1. Berat bagasi 15 Kg Rp. 75.000 (Domestik), Rp. 105.000 (Internasional)
  2. Berat bagasi 20 Kg Rp. 90.000 (Domestik), Rp. 120.000 (Internasional)
  3. Berat bagasi 25 Kg Rp. 120.000 (Domestik), Rp. 155.000 (Internasional)
  4. Berat bagasi 30 Kg Rp. 180.000 (Domestik), Rp. 210.000 (Internasional)
  5. Berat bagasi 35 Kg Rp. 270.000 (Domestik), Rp. 300.000 (Internasional)
  6. Berat bagasi 40 Kg Rp. 330.000 (Domestik), Rp. 360.000 (Internasional)
  7. Jika pembelian dilakukan di konter bandara, Berat bagasi 15 Kg Rp. 225.000 (Domestik), Rp. 315.000 (Internasional)
  8. Kelebihan bagasi dikenakan biaya Rp. 117.000/kg (Domestik), Rp. 155.000/kg (Internasional)

Catatan: Biaya bagasi diatas bisa saja berubah berdasarkan kebijakan airasia sewaktu kita mendaftar.

Sayang sekali harga promo tidak terdapat di travel agent airasia, jika ingin membeli tiket promo airasia hanya bisa dilakukan di website airasia, biasanya pembayaran menggunakan credit card.

Walaupun begitu tidak ada salahnya mencoba menjadi agent penjualan airasia karena bisa mengurangi biaya pembelian dibandingkan menggunakan credit card, dan jika penumpang minta harga promo diterangkan saja bahwa harga promo tidak ada ditravel agent, jika mau harga promo harus booking dan beli sendiri via website airasia dgn pembayaran menggunakan credit card.

Doakan ya semoga banyak yg beli tiket airasia.