Penerbangan Last Minutes

Suatu hal yang tidak diduga dan direncanakan bisa saja terjadi kepada kita. Perintah kerja keluar kota, musibah yang menimpa dikampung halaman dan lainnya menjadi penyebab kita harus segera berangkat menggunakan pesawat terbang.

Dalam kondisi tersebut, tentunya persiapan akan sangat terbatas, terutama soal pembelian tiket pesawat. Oleh karena itu, biasanya calon penumpang datang langsung kebandara untuk membeli tiket.

Dengan keadaan yang mendadak tersebut, segala hal bisa terjadi, baik itu kehabisan tiket, harga tiket yang mahal dan lain sebagainya. Dalam dunia penerbangan komersial, penerbangan yang mendadak seperti itu biasa disebut dengan penerbangan last minutes.

Pengertian Last Minutes Flight

Last minute flight adalah penerbangan yang dilakukan oleh calon penumpang pada waktu waktu terakhir ketika pesawat akan berangkat, biasanya adalah 4 sampai dengan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Calon penumpang langsung datang kebandara tanpa dibekali tiket pesawat dan langsung menuju konter pembelian tiket maskapai penerbangan bersangkutan. Istilah dibandara hal ini disebut Go Show.

Perbedaan last minutes flight dengan penerbangan biasa

Tidak ada perbedaan mendasar antara calon penumpang pada saat last minute dengan penumpang yang sudah memegang tiket sebelumnya.

Secara umum kedua calon penumpang ini adalah sama, yg membedakan hanya waktu pembelian tiket dan mungkin harga tiketnya saja. Untuk pelayanan maskapai penerbangan terhadap kedua penumpang ini adalah sama, tidak ada perbedaan pelayanan.

Jadi jangan pula kita berfikiran mentang mentang kita berangkat mendadak (penerbangan last minute) akan mendapatkan pelayanan lebih atau sebaliknya :)

Persiapan umum untuk last minutes flight

Walau se-sibuk apapun tentunya kita harus mempunyai persiapan dalam melakukan perjalanan. Penerbangan last minute adalah penerbangan yang harus kita lakukan tanpa kita rencanakan sebelumnya, hal utama persiapan adalah Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau Passport dan tentunya uang. Kalo uang gak dibawa ntar gimana dong buat beli tiketnya dibandara hehehe.

Jangan lupa berkas berkas penting bagi pebisnis atau pejabat, jangan sampai ntar tiket udah dapat dan sudah sampai tujuan malah berkas berkas penting ketinggalan, percuma dong udah berangkat buru buru sesampai di tujuan malah sia sia.

Tidak ketinggalan adalah ketenangan, mungkin karena mendadak suasana hati menjadi tidak tenang, jangan panik dan tetap tenang.

Hati hati terhadap calo pada saat last minutes flight

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya ada calo tiket pesawat nakal berkeliaran dibandara mencari mangsa bagi penumpang last minute flight.

Banyak cerita kita dengar dari calon penumpang harus membeli tiket pesawat sangat mahal pada saat detik detik keberangkatan padahal kenyataannya harga tiket pesawat tersebut tidak semahal itu.

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan tetap tenang ketika dibandara, lakukan pembelian tiket pesawat langsung di konter airlines (maskapai penerbangan) atau melalui travel agent terpercaya.

Calo tiket pesawat nakal seringkali merusak citra kebanyakan calo calo jujur sehingga imej masyarakat terhadap para calo menjadi tidak baik.

Harga tiket pesawat penerbangan last minutes

Sebagaimana disebutkan diatas, calo calo nakal banyak berkeliaran di bandara sebagai perusah harga (menjual tiket tidak sesuai dengan harga asli). Hal ini menyebabkan seringkali harga tiket pada saat last minute flight menjadi melambung tinggi.

Sedikit berbagi cerita dan pengalaman pribadi dan pengalaman pelanggan, harga tiket pesawat penerbangan last minute tidak selalu mahal, tergantung pada ramai atau tidaknya penumpang pada saat itu.

Ada calon penumpang last minute ketika didalam pesawat bertanya pada salah satu penumpang disebelahnya yang notabene sudah mebeli tiket 2 minggu sebelum jadwal keberangkatan dan apa yang terjadi saudara saudaraaa :)...ternyata harga tiket pesawatnya lebih mahal daripada harga tiket penumpang last minute tadi.

Hal ini juga bisa terjadi sebaliknya, kenapa bisa terjadi?...inilah sistem reservasi online, seat yg tersedia diatur oleh pihak maskapai penerbangan, bisa jadi pada saat jauh jauh hari pihak maskapai penerbangan baru menampilkan harga menengah keatas, dan ketika pembelian tiket masih sepi mendekati hari H penerbangan pihak maskapai penerbangan membuka harga menengah kebawah, inilah yang namanya taktik dagang.

Namun itu semua adalah diluar kontrol kita sebagai pelanggan atau penumpang, yang bisa kita lakukan hanyalah selalu memonitor harga sampai harga tiket yg diinginkan berhasil didapatkan :).

Saya doakan bagi calon penumpang yg harus melakukan penerbangan last minute mendapatkan kenyamanan dalam perjalanannya dan mendapatkan tiket pesawat murah dibandara serta dijauhkan dari calo calo nakal.

Selain itu juga supaya segala urusan ditempat tujuan bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti.