Persiapan pertama kali naik pesawat

Mungkin kita merupakan salah satu orang yang pertama kali naik pesawat terbang karena ada tugas dari pimpinan tempat kita bekerja, padahal sebelumnya kita belum pernah sekali pun naik pesawat terbang.

Bingung? ...jangan bingung dulu, disini kami akan memberikan informasi tentang tahap tahap mulai dari mendapatkan tiket sampai kita berada dikota tujuan.

Secara garis besar, tahap tahap berpergian menggunakan pesawat terbang dimulai dengan melakukan pembelian tiket, mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa (bagasi), kemudian pada jadwal seperti tertera di tiket pesawat kita pergi ke bandara.

Dibandara kita melakukan check in dan membeli airport tax kemudian menunggu keberangkatan diruang tunggu, masuk kepesawat dan mendarat dikota tujuan.

Booking Tiket / Pembelian Tiket

Tahap pertama adalah pembelian tiket sesuai dengan rute tujuan penerbangan kita. Untuk mendapatkan tiket pesawat, kita tentunya harus membeli tiket pesawat tersebut.

Pembelian tiket pesawat bisa dilakukan di kantor penjualan airlines maupun melalui travel agent atau bisa juga langsung melalui situs airlines.

Setelah mendapatkan tiket pesawat sesuai dengan jadwal dan rute yang anda inginkan, anda hanya tinggal menunggu tanggal keberangkatan untuk melakukan tahap selanjutnya.

Persiapkan barang bawaan (bagasi)

Menggunakan pesawat terbang sebagai jasa angkutan tidak bisa lepas dari bagasi, sangat jarang kita temui ada orang yg pergi menggunakan pesawat terbang tanpa membawa bagasi, apalagi jika pulang dari perjalanan tour tentunya bagasi ketika pulang akan lebih banyak dua kali lipat atau bahkan lebih dibandingkan bagasi ketika berangkat.

Siapkan apa saja keperluan yang harus dibawa, jangan sampai ada yang tertinggal. Usahakan membawa barang barang seminimal mungkin untuk menghindari kelebihan berat bagasi.

Menghindari terjadinya kesulitan mencari bagasi pada saat sudah sampai ditujuan, apalagi sampai kehilangan bagasi, perlu diperhatikan hal hal menyangkut bagasi seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Buang tag bagasi perjalanan sebelumnya

Karena ini adalah pertama kalinya naik pesawat, barangkali bagasi (travel bag) masih baru, artinya belum ada tag tag bagasi sebelumnya.

Tetapi jika travel bag belum ada, dan dapat pinjaman dari saudara yang sudah pernah berpergian sebelumnya, maka jika masih ada tag bagasi lama yang menempel, buang tag bagasi tersebut agar petugas bagasi nantinya tidak sulit lagi mengidentifikasi tag bagasi baru ketika bagasi sudah sampai ditujuan.

Beri tanda pada bagasi

Ada baiknya memberi tanda pada bagasi kita seperti memberi pita berwarna untuk mempermudah identifikasi, selain itu juga bisa ditandai dengan nama, alamat, nomor telepon jika perlu agar jika terjadi kesalahan angkut maka dapat dengan mudah dihubungi.

Jangan menggunakan travel bag dengan banyak tali atau sangkutan

Travel bag untuk bagasi dengan banyak tali yg teruntai untai maupun banyak pengait sana sini bisa mengakibatkan kerusakan pada bagasi kita ataupun kerusakan bagasi orang lain jika tersangkut pada barang bawaan lain atau tersangkut di loader bagasi. Pakailah travel bag yg simple saja.

Jaga keamanan bagasi

Pergunakan kunci gembok pada travel bag untuk keamanan, selain itu jangan biarkan bagasi terletak begitu saja tanpa diawasi apalagi bagasi dibawa oleh orang lain yang tidak dikenal.

Usahakan bagasi dibawa sendiri sampai menuju konter bagasi atau sampai menuju parkiran. Nanti kalo disuruh orang lain yg bawa ntar dibuka lagi tasnya trus diambil deh isinya, nah nah hahaha.

Selain itu buatlah daftar apa apa saja barang yg dibawa, simpan didompet atau tempat aman. Daftar ini berguna nanti untuk memeriksa bawaan setelah sampai ketujuan, apakah ada bagasi yg hilang atau rusak dan sebagainya.

Jangan membawa barang berbahaya dan dilarang didalam bagasi

Maskapai penerbangan sudah membuat peraturan barang bawaan apa saja yang boleh dibawa dan tidak boleh. Jika membawa obat obatan keperluan sehari hari usahakan masukkan kedalam tas jinjing saja, masukkan obat obatan dalam kemasan aslinya.

Check In dibandara

Tahap selanjutnya adalah check in, proses check in dilakukan dibandara, sesampainya dibandara, silahkan langsung menuju counter check in airlines yang mengeluarkan tiket anda untuk melakukan proses check in.

Di sini banyak sekali loket check in dan kita harus membaca tempat dimana kita harus check in. Bagi yang pertama kali naik pesawat terbang tentunya mungkin sedikit bingung.

Pertama tentukan penerbangan kita dalam negeri (domestic) atau ke luar negeri. Setelah itu menuju loket check in. Jika barang bawaan kita tidak terlalu banyak, maka pilih loket Check In Without Baggage. Artinya kita membawa sendiri barang bawaan. Nanti ada tempat penyimpanannya di atas tempat kita duduk.

Setelah check in, kita mendapatkan kertas yang disebut dengan Boarding Pass yang digunakan untuk masuk ke gate (jalur kita naik pesawat), karena terdapat beberapa gate dengan rute yang berbeda-beda.

Oleh karena itu harus dipastikan kita mengetahui gate penerbangan kita. Gate bisa kita ketahui dari Boarding Pass atau tanya langsung dengan petugas saat check in.

Membayar/Membeli Airport Tax

Setelah proses check in selesai dan mendapatkan Boarding Pass, pastikan kita membayar airport tax yang besarnya bergantung bandara. Mungkin ada perbedaan biaya Airport Tax untuk tiap bandara.

Tempat pembelian Airport Tax ini biasanya tidak jauh dari tempat check in, jika kita ragu dan tidak melihatnya kita bisa tanyakan ke petugas check in pada saat kita check in.

Namun untuk saat ini ada beberapa bandara yang mendapat subsidi dari pemerintah sehingga calon penumpang tidak perlu lagi membayar airport tax.

Ruang Tunggu Bandara

Setelah semua proses selesai sampai dengan pembelian Airport Tax, kini saatnya kita menuju keruang tunggu. Disini kita menunggu panggilan untuk naik kepesawat sesuai dengan rute penerbangan kita.

Dengarkan dengan seksama setiap panggilan. Ketika sudah terdengar panggilan untuk penerbangan kita, silahkan masuk melalui gate yang telah ditentukan tadi untuk menuju kepesawat terbang bersama dengan para penumpang lainnya.

Masuk Pesawat

Setelah masuk kedalam pesawat, silahkan cari kursi sesuai dengan kursi yang diberikan pada saat check in, nomor kursi ini bisa dilihat pada Boarding Pass yang diberikan pada saat check in tadi.

Oke, jika sudah menemukan kursi untuk anda jangan berdiri terus, duduk aja dikursi tersebut dan siap untuk melakukan penerbangan pertama anda menggunakan pesawat terbang.

Semoga perjalanan aman dan selamat sampai tujuan ya...jangan lupa bawa oleh oleh...hehehe