Boarding Pass Pesawat Bandara

Setiap calon penumpang yang akan berangkat memerlukan sebuah dokumen yang bernama boarding pass. Calon penumpang yang sudah memegang boarding pass bisa melalui pintu keberangkatan untuk selanjutnya masuk kedalam pesawat.

Pengertian Boarding Pass

Boarding Pass adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada para penumpangnya pada saat check in.

Cara mendapatkan Boarding Pass

Untuk mendapatkan boarding pass tentunya kita harus sudah membeli tiket. Pada saat jadwal keberangkatan, tiket akan diganti dengan boarding pass.

Boarding pass didapat setelah kita melakukan proses check in. Proses check in bisa dilakukan dikonter check in bandara, mwlalui web check in, atau melalui fasilitas check in lai yang disediakan oleh maskapai penerbangan.

Kegunaan Boarding Pass

Boarding Pass ini berguna sebagai pass masuk kedalam pesawat untuk penerbangan tertentu. Boarding Pass berisikan identitas penumpang, nomor penerbangan, seat atau tempat duduk serta tanggal dan jam keberangkatan.

Untuk beberapa airlines, penumpang bisa melakukan proses check in sendiri secara online dan bisa mencetak sendiri boarding passnya.

Secara umum, penumpang yang mempunyai tiket elektronik (etiket) hanya membutuhkan boarding pass untuk dapat masuk kedalam pesawat.

Lain hal nya dengan penumpang yang mempunyai tiket manual atau paper tiket, kupon penerbangan pada tiket manual tersebut diperlukan bersamaan dengan boarding pas agar dapat masuk kepesawat.

Namun untuk saat ini tiket manual berangsur angsur tidak dipakai lagi karena sudah beralih ke elektronik tiket dan bahkan sekarang semua maskapai penerbangan tidak lagi menggunakan tiket manual.

Boarding Pass ini dikumpulkan oleh pihak bandara untuk melakukan cross check jumlah penumpang yang akan berangkat.

Boarding Pass ini biasanya memiliki barcode (kode bar) atau magnetic stripe. Barcode atau magnetic stripe yang terdapat pada boarding pass ini diterbitkan oleh IATA.

Barcode dicetak diatas boarding pass, untuk magnetic stripe tidak lagi dipakai pada saat ini. Bagi penumpang yang memiliki penerbangan konekting (transit) boarding pass akan dicetak untuk tiap penerbangan (nomor penerbangan berbeda) terlepas apakah penumpang naik pesawat yang berbeda.

Sudah banyak airlines yang mempunyai fasilitas verifikasi boarding pass secara otomatis di pintu gerbang boarding atau gateway (pintu masuk).

Hal ini tentu memudahkan dan dapat mempercepat waktu dalam proses boarding. Selain itu, fasilitas ini secara langsung akan mengupdate data penumpang yang sudah masuk kepesawat.