Pembatalan Tiket Yang Sudah Dibayar

Suatu hari, Arman membeli sebuah tiket pesawat untuk keberangkatan 2 hari kedepan menuju suatu daerah Arman bersemangat sekali menunggu jadwal keberangkatan ini. Semua hal sudah disiapkan seperti pakaian yang akan dibawa, dokumen dokumen dan lain sebagainya.

Namun, sehari menjelang keberangkatannya, terjadi perubahan diluar rencana, Arman tidak bisa berangkat karena ada tugas lain dari pimpinan kantornya.

Ditempat lain si Budi punya cerita lain, sehari menjelang keberangkatan dia mendapatkan informasi dari maskapai penerbangan bahwasanya pesawat yang akan membawanya tidak bisa beroperasi karena kota tujuan sedang mengalami bencana.

Lain halnya dengan si Burhan, sehari sebelum keberangkatannya, dia mendapat kabar bahwasanya ada pertemuan mendadak bertepatan dengan jadwal keberangkatannya, sehingga dia harus melakukan perubahan jadwal baru dan membatalkan jadwal lamanya.

Bagaimana dengan tiket yang telah mereka bayar? Apakah pembatalan tiket yang telah dibayar bisa dilakukan atau tiket kita tersebut bisa dirubah keberangkatannya atau dikembalikan uangnya kembali karena beberapa alasan tersebut

Pembatalan tiket tanpa perubahan oleh calon penumpang

Seperti cerita si Arman diatas, karena satu atau lain hal, tiket pesawat yang sudah dibayar tidak bisa digunakan. Si Arman tidak jadi berangkat menggunakan tiket tersebut.

Untuk kasus seperti ini, si Arman bisa melakukan pembatalan atas tiketnya untuk selanjutnya dilakukan proses refund (pengembalian uang).

Agar biaya pembatalan tidak terlalu besar, sebainya pembatalan dilakukan secepat mungkin ke maskapai penerbangan atau travel agent tempat membeli tiket, minta kepada mereka agar tiket tersebut di refund saja.

Pembatalan tiket karena pesawat tidak bisa terbang

Kondisi ini mungkin pernah terjadi, adapun penyebabnya karena adanya masalah teknis dari airlines apakah itu maintenance pesawat, cuaca yang tidak mendukung atau hal hal lainnya.

Biasanya jika hal ini terjadi dan kita ingin melakukan pembatalan karena sebab diatas, maka pengembalian uang penuh bisa kita dapatkan kembali.

Adapun caranya adalah dengan menghubungi airlines yang bersangkutan untuk pengembalian uang sebesar yang telah kita bayarkan atas tiket tersebut.

Disarankan jika akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan ataupun pembatalan atas tiket yang telah dibayar sebaiknya dilakukan sebelum 24 jam dari jadwal keberangkatan semula. Ini untuk menghindari besarnya biaya administrasi yang dibebankan nantinya.

Pembatalan tiket untuk perubahan jadwal keberangkatan

Pada umumnya, semua tiket yang telah dibayar bisa dilakukan perubahan jadwal keberangkatannya. Namun ada beberapa syarat untuk itu.

  • Tiket yang telah dibayar bukan tiket promo ataupun tiket yang bersifat fixed date. Namun saat ini untuk beberapa airlines, tiket promo bisa di rebook kembali sesuai dengan validitas tiket promo tersebut.
  • Perubahan jadwal atas tiket tersebut masih dalam waktu validitas tiket.
  • Jika terjadi selisih harga lama dengan harga baru, maka penumpang harus membayar selisih harga tersebut.
  • Membayar biaya administrasi (besarnya biaya ini tergantung airlines masing masing).
  • Syarat syarat lain tergantung Airlines masing masing.

Adapun cara melakukan perubahan jadwal ini adalah dengan mendatangi kantor penjualan tiket tersebut (bisa melalui travel agent ataupun airlines langsung) dengan menunjukkan print out itinerary tiket beserta tanda pengenal.