Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Promo

Mendapatkan tiket pesawat murah merupakan dambaan setiap orang yang akan bepergian. Naik pesawat terbang bagi sebagian orang yang merupakan kelas ekonomi menengah keatas adalah hal yang biasa.

Bagaimana tidak, dengan memakai jasa angkutan udara ini akan menghemat waktu yang sangat luar biasa. Dengan waktu 1 jam atau 1 setengah jam saja Anda telah sampai ketujuan dan tanpa merasa lelah sedikit pun sebagaimana halnya dengan menaiki jasa angkutan bus atau kereta api.

Sekarang ini banyak sekali Airlines airlines yang menawarkan jasanya dengan menjual tiket pesawat mereka dengan harga tiket yang sangat terjangkau oleh masyarakat kelas bawah sekalipun.

Namun, airlines tentu tidak akan mau rugi dengan menjual tiket mereka dengan harga tiket pesawat murah untuk seluruh isi pesawat mereka, artinya jumlah seat yang tersedia untuk harga tiket murah atau yang lebih dikenal dengan harga promo ini dibatasi oleh setiap airlines.

Nah, disinilah keasyikannya bagi kita untuk berlomba lomba mendapatkan seat promo tersebut agar kita juga dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan angkutan udara ini.

Berikut ini ada beberapa tips dan triks yang bisa kita gunakan untuk mencari dan mendapatkan harga tiket murah dan promo, idak ada salahnya mencoba tips ini, berikut tips mencari tiket pesawat murah tersebut:

Pastikan dan jadwalkan perjalanan Anda

Orang orang yang super sibuk seringkali mengabaikan point ini. Mereka lebih senang memesan tiket secara mendadak daripada mengatur jadwal perjalanan mereka jauh jauh hari.

Alasannya simple saja, mereka tidak sempat untuk memikirkan kapan mereka akan berangkat karena kesibukannya dan juga dikarenakan jadwal mereka yang tidak menentu, ini biasanya terjadi pada orang orang bisnis.

Dampak dari keadaan diatas adalah seringnya mereka mendapatkan harga tiket yang relatif mahal walaupun mungkin bagi mereka tidak masalah dengan itu. Tetapi bagaimana dengan kita yang hanya mempunyai modal pas pasan?

Sebagai contoh kasus. Si A yang seorang bisnisman ingin mengunjungi keluarganya ditanah kelahirannya. Awalnya si A sudah mendapatkan harga tiket yang bisa dibilang murah ( misalnya Rp. 500.000 ).

Namun tanpa diduga, si A diharuskan untuk menghadiri pertemuan penting tepat pada jadwal dia akan mengunjungi keluarganya, otomatis jadwal keberangkatannya mesti ditunda beberapa hari dan setelah dicek untuk pemindahan jadwal ternyata harga tiket yang tersedia adalah harga ditas Rp. 700.000.

Bayangkan, si A harus menambah pembayaran tiketnya sebesar Rp. 200.000 belum lagi ditambah dengan charge atau administrasi pembatalan untuk jadwal sebelumnya ke jadwal baru. Si A memang tidak mempermasalahkan penambahan tersebut karena memang dia mempunyai kemampuan untuk itu.

Tapi bagaimana dengan kita yang hanya merupakan kelas ekonomi kebawah? Saya yakin kita pasti sudah kelabakan untuk mencari penambahan bayar tersebut.

Disinilah kepintaran kita untuk mengatur jadwal keberangkatan kita agar hal tersebut diatas tidak terjadi dan tiket murah atau promo yang kita idam idamkan pun tetap kita dapatkan.

Jadwalkanlah keberangkatan Anda serapi mungkin jangan sampai terjadi bentrok dengan kegiatan kegiatan lain, usahakan untuk mengatur jadwal Anda agar jangan sampai keberangkatan Anda bertepatan dengan jadwal libur sekolah, kenapa? karena biasanya pada saat libur ini semakin banyak yang akan bepergian sehingga semakin sulit pulalah kita untuk mendapatkan harga tiket murah.

Carilah waktu yang dianggap sangat sedikit frekuensi untuk melakukan perjalanan, misalnya pada hari hari kerja dan hari hari sekolah, toh kita juga tidak perlu terburu buru untuk sampai ketujuan seperti halnya dengan para bisnisman tadi.

Lakukan pengecekan secara rutin

Jangan cepat langsung puas dengan melakukan sekali pengecekan harga tiket pesawat, lakukan pengecekan dengan membandingkan harga harga tiket untuk tiap Airlines.

Misalnya Anda melakukan pengecekan harga tiket untuk airlines A dan Anda mendapatkan harga Rp. 450.000, jangan cepat mengambil keputusan dahulu, coba cek lagi harga tiket untuk airlines yang berbeda untuk waktu dan tanggal yang sama, tidak menutup kemungkinan airlines yang lain mungkin mempunyai harga tiket yang lebih murah dari airlines A tersebut.

Jika pada pengecekan pertama Anda belum menemukan harga tiket yang cocok, jangan pesimis dahulu. Lakukan pengecekan lagi besoknya atau melalui airlines ataupun travel agent yang berbeda.

Anda bisa langsung datang kekantor penjualan tiket untuk menanyakan harga tiket pesawat Anda, atau dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, pengecekan harga tiket sudah bisa dilakukan dalam genggaman melalui smartphone.

Hampir semua Airlines sudah memiliki aplikasi mobile untuk para pelanggannya, dengan aplikasi ini, kita dapat langsung melihat daftar harga tiket pesawat yang dikeluarkan pihak airlines pada saat atau waktu yang Anda inginkan dan melakukan perbandingan dengan hari hari lain yang memungkinkan.

Ups....ternyata hari ini Anda tidak begitu beruntung, Anda belum menemukan harga tiket yang cocok, jangan bersedih hati dahulu. Anda bisa mengulangi lagi keesokan harinya.

Apakah mungkin akan ada harga tiket pesawat murah jika saya bertanya lagi esok sedangkan hari ini saya tidak mendapatkannya? Pertanyaan bagus sekali, kemungkinan itu selalu ada karena penumpang yang sudah dahulu mendapatkan harga tiket murah belum tentu akan mengambil tiket tersebut, mungkin mereka masih berfikir untuk membeli dengan alasan tidak begitu penting melakukan perjalanan.

Atau penumpang tersebut tiba tiba tidak bisa melakukan perjalanan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkannya. Nah kesempatan Anda terbuka lagi, pada saat penumpang tersebut malakukan pembatalan oleh dia sendiri ataupun karena sudah melewati batas waktu yang diberikan, biasanya harga tiket murah tersebut akan muncul kembali disystem reservasi airlines ataupun travel agent.

Syukur........untung saja Anda melakukan pengecekan secara rutin, pada waktu melakukan pengecekan lagi dan kebetulan sekali waktu itu terjadi pembatalan, maka Anda akan mendapatkan seat murah tersebut.

Ingat, system reservasi tiket ini adalah online artinya seluruh daerah melihat hal yang sama dengan kita. Misal, kita berada di pekanbaru, seseorang yang sebelumnya sudah melakukan booking dengan limit telah mendapatkan harga tiket pesawat promo dan penumpang ini berada di surabaya.

Jika dalam toleransi waktu tersebut penumpang ini tidak melakukan pembayaran, otomatis system akan melakukan pembatalan dan biasanya harga tiket pesawat promo yang dibatalkan system tersebut akan muncul kembali.

Nah harga yang muncul ini dapat dilihat oleh semua orang yang pada saat itu melihat reservasi dengan rute yang sama dan tanggal yang sama termasuk Anda. Kesempatan Anda pun terbuka untuk mendapatkan harga tiket pesawat promo tersebut kembali.

Booking/pesan tiket Anda jauh hari sebelum keberangkatan

Pemesanan tiket yang mendadak biasanya sangat sulit untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah karena biasanya tiket tiket murah tersebut sudah terjual sehingga hanya akan kebagian harga tiket pesawat menengah keatas.

Triks ini bisa jadi hanya untung untungan saja, tetapi kesempatan utnuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah lebih besar jika Anda melakukannya.

Memang sebagian Airlines tidak akan membuka harga tiket murah untuk waktu kedepannya sebelum melihat kemungkinan kemungkinan ramai atau tidaknya perjalanan pada waktu itu.

Tetapi Anda jangan berkecil hati dahulu, ini hanya merupakan sebagian kecil Airlines, sebagian besar dari mereka malah melakukan gebrakan dengan membuka harga tiket pesawat murah untuk jauh hari kedepannya.

Tidak ada salahnya melakukan pemesanan 1 bulan sebelum keberangkatan asalkan telah mengatur jadwal dengan sebaik baiknya dengan arti kata tidak akan ada lagi perubahan keberangkatan.

Sejauh pengamatan dan pengalaman dengan memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan sangat banyak sekali mereka mereka yang mendapatkan harga tiket pesawat seperti yang mereka inginkan.

Beberapa Airlines membuka harga tiket murah atau promo untuk jauh hari. Mereka tidak segan segan untuk mengeluarkan harga harga tiket pesawat murah atau promo tersebut bagi pelanggan setia mereka, jadi intinya siapa yang cepat dialah yang akan mendapatkannya.

Seat murah ini biasanya juga terbatas hanya untuk beberapa seat saja, jadi oleh karena itu kesempatan bagi kita untuk memesan dan mendapatkannya.

Selain itu, keuntungan memesan tiket jauh hari adalah jika memang pada saat pemesanan Anda belum menemukan harga tiket yang cocok, Anda tentunya masih memiliki waktu yang panjang untuk memonitor harga tiket yang ada dari tiap tiap Airlines.

Lain halnya dengan pemesanan yang mendesak, jika pada saat pemesanan ternyata hanya ada harga menengah keatas, dikarenakan kita mau tidak mau harus berangkat maka apa lagi yang mesti kita perbuat, semahal apapun harga tiket pesawat tersebut pastilah akan kita beli juga.

Lakukan proses Booking segera

Setiap Anda melakukan pengecekan harga tiket pesawat dan Anda merasa harga tiket yang didapatkan sudah termasuk harga tiket murah, lakukan segera proses booking dan jangan ditunda lagi.

Proses booking tidak mengeluarkan uang alias gratis dan jika tidak jadi sekalipun membeli tiket yang telah booking sebelumnya, Anda tetap tidak akan diminta biaya apapun selama Anda tidak meminta untuk melakukan penulisan/issued tiket tersebut.

Misalnya ketika Anda melakukan pengecekan harga tiket pesawat, dan Anda diberitahu harganya adalah Rp. 500.000, menurut Anda harga tiket tersebut sudah masuk dalam kategori harga tiket murah tetapi Anda masih ragu untuk melakukan pembelian.

Jangan membiarkan harga tiket tersebut begitu saja dengan alasan untuk berfikir lakukan saja proses booking karena setiap proses booking nantinya akan memberikan Anda waktu untuk berfikir, namun yang pasti dalam waktu limit yang diberikan Anda telah mendapatkan harga tiket tersebut.

Sebelum melakukan proses booking, persiapkan terlebih dahulu nama nama yang akan melakukan perjalanan, jangan sampai Anda baru memikirkan nama setelah Anda diberitahu harga tiket oleh pihak penjual karena kita tidak tahu ada penumpang lain yang ternyata juga ingin melakukan perjalanan seperti jadwal kita sehingga harga tiket pesawat tersebut akan terlebih dahulu diambil olehnya.

Syukur syukur harga tiket tersebut masih banyak, namun jika ternyata hanya tinggal satu seat saja dan kita kedahuluan oleh orang lain, yahhhh... selamat gigit jari deh.. Demikianlah pentingnya untuk melakukan proses booking selagi ada kesempatan untuk harga murah tersebut.

Gunakan time limit Anda

Time limit reservasi adalah waktu yang diberikan kepada si pembooking untuk berfikir sebelum melakukan pembayaran. Gunakanlah time limit ini sebaik baiknya untuk berfikir. Time limit ini biasanya selalu diberitahu oleh pihak airlines atau travel agent setelah selesai melakukan proses booking.

Catatan, jika bookingan yang telah lewat masa limitnya maka bookingan tersebut akan dibatalkan secara otomatis oleh system reservasi dan jika Anda ingin melakukan pembayaran untuk bookingan tersebut maka Anda harus melakukan bookingan kembali dan ini belum tentu akan mendapatkan harga tiket pesawat yang sama seperti bookingan awal Anda.

Jadi gunakanlah time limit yang diberikan sebaik baiknya untuk berfikir. Lupakan mitos bahwa melakukan perjalanan udara hanyalah milik mereka yang berduit, Anda juga bisa mendapatkan kenyamanan untuk melakukan perjalanan Anda dengan angkutan udara ini.

Semoga bagi pengunjung yang sedang berburu harga tiket pesawat murah atau promo mendapatkan harga tiket sesuai keinginan.