Manifest Penumpang, Manifest Penerbangan

Setiap angkutan, baik itu angkutan darat, laut dan udara harus mempunyai catatan berapa jumlah dan apa apa saja yang dibawa. 

Dalam hal angkutan udara, dokumen ini mencatat semua penumpang yang masuk kepesawat, berapa jumlah barang atau bagasi dan jadwal penerbangan beserta rute perjalanan.

Dokumen ini disebut dengan manifest yang dikeluarkan oleh pihak airlines pada saat keberangkatan, sehingga data yang ada benar benar akurat merupakan data penumpang yang terbang pada saat itu.

Manifest ini bersifat intern untuk pihak airlines yang berarti dokumen ini bukanlah untuk kebutuhan publik.

Pengertian Manifest

Manifest penumpang atau penerbangan adalah sebuah daftar atau dokumen yang berisikan semua data data penumpang pada suatu maskapai penerbangan yang berangkat pada jadwal tertentu, data data ini didapat berdasarkan informasi cek masuk penerbangan/pesawat seperti data nama penumpang, tanggal keberangkatan, bandara asal, bandara tujuan dan nomor tiket.

Data yang terdapat pada manifest ini adalah data akurat mengenai penumpang yang benar benar berangkat pada saat itu.

Jika pada manifest terdaftar sebanyak 100 orang penumpang, maka didalam pesawat sebelum keberangkatan jumlah penumpang juga harus 100 penumpang, tidak boleh lebih maupun kurang. Jika kedapatan lebih bahaya juga tuh, jangan jangan kelebihan itu makhluk ghaib...hehehe

Manifest sebagai bukti dokumen

Manifest ini juga menjadi rujukan resmi instansi pemerintah untuk berbagai hal seperti:

  • Mengetahui data penumpang yang valid
  • Melakukan pengecekan atas data perjalanan fiktif
  • Mengetahui perjalanan dinas yang tumpang tindih
  • Mengetahui perjalanan dinas apakah waktu perjalanan sesuai dengan surat perintah dalam surat penugasan atau tidak.

Manifest untuk klaim Asuransi

Selain itu, manifest ini juga berguna untuk melakukan verifikasi klaim asuransi jika terjadi sesuatu hal pada saat penerbangan.

Dalam hal ini, pihak asuransi hanya akan memberikan kompensasi kepada nama nama penumpang yang tertera pada manifest.

Cara mendapatkan Manifest

Sebagaimana disebutkan diatas, manifest dikeluarkan oleh maskapai penerbangan untuk kebutuhan interen maskapai.

Namun jika penumpang ingin mendapatkan manifest ini dikarenakan suatu hal, misalnya untuk laporan instansi pemerintah, maka untuk mendapatkannya harus membuat surat resmi kepada maskapai penerbangan.

Surat dibuat oleh instansi yang menginginkan manifest tersebut dengan ditujukan kepada maskapai penerbangan dengan isi meminta salinan manifest untuk keperluan administrasi.

Bukan rahasia umum ada yang menggunakan tiket atas nama orang lain, artinya orang yang berangkat tidak terdaftar namanya di manifest karena data manifest adalah data yang diambil dari tiket, mungkin ini bisa disebabkan kelalaian petugas pada pintu masuk.

Perlu diingat untuk keselamatan kita, bayangkan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan, maka jangan harap nama kita terdaftar pada penerbangan itu, ini berarti kita atau keluarga kita tidak bisa melakukan klaim apa apa kepada airlines yang bersangkutan.

Oleh karena itu, manifest penerbangan adalah dokumen sangat penting dalam suatu perjalanan udara. Semua data tercatat pada manifest penumpang, jangan coba coba untuk berbuat curang dengan menggunakan tiket atas nama orang lain atau mencetak tiket fiktif dan sebagainya karena semuanya akan terbukti keabsahannya pada manifest penumpang dan tentunya perbuatan tersebut hanya akan merugikan diri kita sendiri.