Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Tips menyusun rencana liburan ala tiketips.com

Liburan adalah saat yang ditunggu tunggu setiap orang, kepenatan setelah sekian lama bekerja, pikiran yang jenuh memerlukan waktu untuk refreshing, waktu liburan adalah saat yang tepat untuk hal itu, bayangin aja kalo gak ada waktu buat berlibur, tiap hari kerja kerja dan kerja..apa gak bakalan botak tuh rambut...hehehe. Nah mumpung waktu liburan udah tiba, saatnya merencanakan liburan sebaik baiknya.
menyusun rencana liburan

Tidak hanya rencana menikah memerlukan rencana yang matang, saat ingin berlibur pun diperlukan penyusunan rencana yang baik agar liburan tidak terasa sia sia, nah tiketips.com mau sharing nih tentang tips menyusun rencana liburan, barangkali bsa dijadikan bahan acuan dalam menyusun rencana liburan kamu semua.

Perkirakan budget liburan yang sesuai kondisi dompet.

Dana, ya benar sekali, dana adalah syarat utama untuk berlibur, kalo ga ada dana gimana mau pergi berlibur coba, apa mau jalan kaki...hehehe. Tentunya ketika kita sudah merencanakan ingin berlibur, sebelumnya dana tentu sudah jauh jauh hari disiapkan. Tetapi kemampuan setiap orang tentu berbeda beda, disinilah kita harus memperkirakan berapa budget yang harus kita keluarkan untuk liburan, ingat..jangan sampai hanya karena ingin berlibur semua tabungan digunakan hingga setelah pulang liburan nanti buat beli beras pun udah gak ada..hahaha...gak segitunya juga kali yah.. :)

Tentukan tujuan liburan dengan membuat itinerary (daftar perjalanan)

Setelah budget didapat, saatnya untuk menentukan tujuan liburan yang sesuai dengan budget tersebut. Terlebih dahulu buatlah daftar perjalanan selama liburan, daerah daerah mana saja yang akan dikunjungi dan sarana rekreasi mana saja yang akan dimasuki. Sebagai draft kita buat saja dahulu semua tempat yang akan dikunjungi, tulis satu persatu dikertas agar mudah diingat.

Pilih waktu liburan yang tepat.

Itinerary perjalanan alias daftar perjalanan sudah siap?...lanjut dengan menentukan waktu yang pas untuk berlibur. Cara waktu dimana seluruh anggota keluarga sudah dalam masa libur, kan gak lucu kalo misalnya ada salah seorang anggota keluarga belum libur ditinggalin dirumah sementara kita dengan anggota keluarga lainnya pergi liburan, bisa bisa nanti yang ditinggal bunuh diri pula karena kesepian...hahaha.

Paling penting dalam memilih waktu liburan yang tepat adalah mencari waktu liburan yang notabene bukan hari libur besar dan usahakan waktu liburan bukan pada awal libur untuk menghindari budget yang besar. Kenapa?...karena pada saat libur besar atau hari pertama libur biasanya saat tersebut adalah waktu yang dipilih banyak orang untuk berlibur, alhasil biaya transportasi dan akomodasi akan meningkat pada saat itu, otomatis budget pun harus ditambah, mending kalo lagi banyak dana, kalo dana pas pasan gimana hayooo... :).

Tentukan jenis transportasi menuju tujuan liburan.

Sudah didapat waktu yang pas?...ayo kemon lanjut menentukan sarana transportasi. Bandingkan biaya transportasi antara bus dan pesawat terbang atau kapal laut untuk menuju tujuan liburan, tidak ada salahnya bertanya tanya ke airlines atau travel agent mengenai harga tiket pesawat, bus dan kapal laut. Bandingkan harganya, mana yang paling murah dan tidak memakan banyak waktu untuk sampai ke tempat liburan.

Tentukan tempat menginap saat berlibur.

Menentukan tempat menginap ditempat berlibur juga sangat penting, cari lokasi penginapan atau hotel yang dekat dengan sarana rekreasi, tujuannya adalah untuk menghemat biaya transportasi menuju sarana rekreasi, selain itu juga untuk menghemat waktu perjalanan. Usahakan mencari tempat penginapan atau hotel dengan tarif murah namun tidak murahan, sekali lagi ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran.

Okay...semua sudah disusun dan dicatat, saatnya kalkulasi total perkiraan dana yang dibutuhkan, jika budget ternyata kurang dari total biaya, coba kurangi daftar perjalanan dengan mengutamakan tujuan wisata yang utama saja. Setelah semua disusun rapi dan biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan budget, saatnya mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan pribadi, mulai dari pakaian, uang belanja, handphone dan lain lain (gak susah dibilangin lagi lah ya, semua pasti udah tau tuh apa apa yang mau dibawa hehehe)...saran sih sebaiknya jangan bawa barang yang banyak, kenapa?...karena saya yakin tuh sewaktu pulang nanti pasti bawa belanjaan banyak, nah kan jadi repot ntar ditambah bawaan dari rumah yang memang udah banyak...

Gimana?..bisakan menyusun rencana liburannya sendiri?...kalo bingung dan gak tau apa yang harus disiapkan gampang kok..sekarang ini banyak travel agent yang menawarkan jasa perjalanan liburan, datang aja ke salah satu travel agent dan curhat ke mereka bahwasanya kita mau liburan bersama keluarga, ntar mereka akan susun rencana perjalanan liburan kita sesuai dengan budget kita tentunya.

Oh ya...satu lagi nih lupa...bagi yang baru pulang dari liburan mana nih oleh oleh buat tiketips.com hehehe...thanks all..selamat menyusun rencana liburan semoga liburannya menyenangkan.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :