Sejak tanggal 24 May 2014, www.dapatinfo.com sudah resmi dipindah ke www.tiketips.com. Terima Kasih
Google PlusFacebook Fans PageTwitter

Perubahan Nama pada Tiket Pesawat

Tiket pesawat murah, promo dan diskon memang tidak lepas dari pantauan kita, siapa sih yang tidak mau tiket pesawat murah, promo ataupun tiket diskon, semua orang tentunya mau. Namun disini kita tidak membahas bagaimana cara mencari tiket pesawat promo, murah dan tiket diskon, tetapi disini akan kita singgung tentang salah satu data yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian tiket pesawat yaitu nama penumpang.
Nama tiket pesawat

Nama penumpang adalah salah satu data yang diperlukan dalam pembelian tiket selain kartu tanda pengenal, nomor telepon dan lain lainnya. Pada waktu melakukan proses booking dan disaat kita diminta memberikan nama, berikanlah nama penumpang sesuai dengan tanda pengenal (KTP), jangan memberikan nama panggilan atau panggilan sayang dan sebagainya.

Panduan pengisian nama penumpang pada saat booking tiket pesawat

Jika melakukan proses booking dan pembelian tiket secara online sendiri, harap diperhatikan beberapa kondisi penulisan nama berikut:
  • Nama terdiri dari 3 suku kata, contoh Andri Maulana Ibrahim maka untuk Nama depan adalah Andri, nama tengah adalah Maulana dan nama belakang adalah Ibrahim
  • Nama terdiri dari 2 suku kata, contoh Andri Maulana maka untuk Nama depan adalah Andri, nama tengah dikosongkan saja dan nama belakang adalah Maulana
  • Nama terdiri dari 1 suku kata, contoh Andri maka untuk Nama depan adalah Andri, nama tengah dikosongkan saja dan nama belakang disi dengan nama depan yaitu Andri
Untuk beberapa kasus, tidak jarang terjadi dimana nama yang tercantum pada tiket pesawat tidak sama dengan nama yang tercantum pada tanda pengenal penumpang. Airlines berhak menolak penumpang yang nama di tiketnya berbeda dengan nama di tanda pengenal.

Perubahan nama pada tiket pesawat pada umumnya adalah tidak bisa, jika nama pada tiket adalah MR TOMI dan ingin diubah menjadi MR HIDAYAT maka hal ini tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses booking dan pembayaran tiket pesawat diharapkan kehati hatiannya dalam memasukkan nama karena jika tiket sudah dicetak dan dibayar, maka perubahan nama tidak akan bisa dilakukan lagi.

Ada toleransi untuk kesalahan nama di tiket, namun tentunya kesalahan ini tidak fatal, artinya kesalahan ini hanya untuk 1 huruf pada nama tersebut saja, misalnya nama ditiket adalah MR TOMI dan nama di KTP adalah MR TOMY, kesalahan seperti ini biasanya masih mendapat toleransi oleh pihak airlines di counter check in. Untuk diketahui ini adalah toleransi kesalahan tulis bukan perubahan nama pada tiket kita.

Kesalahan Penulisan Nama Penumpang di Tiket Pesawat

Beberapa kemungkinan kesalahan nama penumpang di tiket pesawat yang sering terjadi dan masih dalam batas toleransi bisa kita lihat berikut ini:
  • Kesalahan salah satu huruf pada nama, misal; tertulis TOMY sedangkan di tanda pengenal adalah TOMI
  • Kesalahan pada title, misalnya tertulis Ms sedangkan sebenarnya adalah Mrs atau Mr dan sebaliknya
Toleransi seperti diatas biasanya hanya untuk rute penerbangan domestik, sedangkan untuk rute penerbangan internasional harus benar benar sesuai dengan yang tertera di tanda pengenal atau passport dan jika berbeda sebaiknya hubungi airlines bersangkutan untuk solusinya.

Kesalahan nama pada tiket pesawat akan terdeteksi jika pada saat check in dilakukan pemeriksaan tanda pengenal, pada saat itu akan ketahuan apakah penumpang benar benar menggunakan tiket pesawat atas namanya sendiri atau tidak, jika tidak ada pemeriksaan tanda pengenal (rute domestik), tiket atas nama orang lain pun bisa kita pakai tetapi sebaiknya jangan coba coba melakukan karena hanya akan merugikan diri sendiri. Kenapa merugikan diri sendiri? misalkan terjadi kecelakaan dan meninggal, maka orang orang yang menggunakan tiket bukan atas nama sendiri tidak akan terdaftar di data airlines, artinya jika penumpang tersebut meninggal maka tidak akan mendapatkan asuransi apa apa ditambah lagi statusnya menjadi orang hilang dikarenakan namanya tidak tercantum dalam penerbangan tersebut.

Biasanya timbul permintaan perubahan nama dikarenakan adanya penumpang yang tidak jadi berangkat, agar tiket tidak terbuang begitu saja barangkali diminta orang lain untuk memakai tiket tersebut. Apapun alasannya perubahan nama pada tiket ini tidak bisa dilakukan, jika ada nama lain maka harus melakukan booking dan pembelian tiket baru.

Karena perubahan nama pada tiket pesawat tidak bisa dilakukan, tidak jarang terjadi ada penumpang yang menggunakan tiket yang tidak sesuai dengan kartu pengenalnya, hal ini tentunya melanggar aturan penerbangan komersial dan yang paling fatal adalah jika sesuatu hal terjadi, maka yang terdaftar diairlines adalah nama yang tercantum pada tiket bukan nama kita yang memakai tiket tersebut.