Jika ada Pertanyaan, Pengaduan, Kritik serta Saran, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us, Terima Kasih
Google PlusFacebook Fans PageTwitter

Tiket Kelas Promo, Ekonomi dan Bisnis

Apa sih maksud kelas pada tiket pesawat? apakah kelas ini sama dengan kelas seperti kita sekolah dulu? hehehe...pertanyaan ini barangkali pernah terbersit dipikiran kita, apa itu kelas V, apa itu kelas Q dan sebagainya. Apakah ada perbedaan pelayanan untuk tiap tiap kelas pada tiket pesawat? dan apa apa saja kelas pada tiket pesawat itu?
Kelas tiket pesawat

Tiket pesawat terbang terbagi atas tiga kelompok, yaitu kelompok Bisnis, Economy dan kelompok Promo. Tiap tiap kelompok mempunyai kelas yang berbeda beda, kelas disini bertujuan untuk membedakan harga dari tiap tiap tiket pesawat. Tiap kelas pada tiket pesawat juga mempunyai masa berlaku yang berbeda beda, tergantung dari kebijakan airlines yang mengeluarkan tiket. Sebagai contoh, berikut ini adalah pembagian kelompok tiket pesawat untuk beberapa airlines:

Kelas tiket pesawat Garuda Indonesia

  1. Kelas Bisnis ( terdiri dari sub kelas J, C, D dan W )
  2. Kelas Ekonomi ( terdiri dari sub kelas Y, M, L, K, N dan Q )
  3. Kelas Promo ( terdiri dari sub kelas B dan V )

Kelas tiket pesawat Batavia Air

  1. Kelas Ekonomi Premium ( terdiri dari sub kelas Y, D dan H )
  2. Kelas Ekonomi Medium ( terdiri dari sub kelas M, L, B. Q dan V )
  3. Kelas Ekonomi Budget ( terdiri dari sub kelas T, S, R, X, N dan P )
  4. Kelas Ekonomi Promo ( terdiri dari sub kelas W, Z dan E )

Kelas tiket pesawat Lion Air

  1. Kelas Bisnis ( terdiri dari sub kelas C, D dan I )
  2. Kelas Ekonomi ( terdiri dari sub kelas Y, A, G, W, S, B, H, K, L, M, N dan Q )
  3. Kelas Promo ( terdiri dari sub kelas T, V dan X )
Untuk airlines lainnya seperti, Sriwijaya Air, Merpati Airlines, Kartika Airlines, Citilink dan lain lainnya juga mempunyai kelas kelas seperti diatas. Untuk kelas kelas diatas diurutkan mulai dari kelas tiket dengan harga tertinggi ke harga terendah.

Kelas pada tiket pesawat menentukan harga dari tiket tersebut, selain itu juga menentukan masa validitas tiket dan penyedian kursi/seat dipesawat. Untuk masa berlaku tiket dengan kelas tertentu bisa kita tanyakan langsung ditempat kita membeli tiket, untuk penyedian kursi/seat dipesawat dalam prakteknya tidak sepenuhnya mengacu kepada kelas kelas tersebut kecuali untuk kelas Bisnis. Untuk kelas Ekonomi dan Promo bisa saja kita mendapatkan tempat duduk didepan, tergantung permintaan pada saat melakukan check in.