10 Protokol Kesehatan Terbang disaat Pandemi

Updated: 09 September 2020

Penerbangan komersial merupakan salah satu tempat kemungkinan penyebaran virus terbesar, disebabkan karena merupakan tempat pertemuan bermacam macam orang yang berasal dari tempat yang berbeda.

Bayangkan saja, dibagian keberangkatan berapa banyak orang orang yang berdesak-desakan disaat antri untuk check in, menunggu panggilan untuk masuk pesawat diruang tunggu. Begitu pula dibagian kedatangan, berbagai macam orang dari daerah yang beraneka ragam berkumpul disana.

Apa yang terjadi jika protokol kesehatan tidak dijalankan disana, kemungkinan penyebaran virus akan semakin besar. Orang orang yang terpapar dibandara ini akan membawa virus tersebut kerumahnya dan akan menyebarkan pula kepada keluarganya.

Baca juga: Keamanan Pembayaran Tiket Pesawat Menggunakan Kartu Kredit

Oleh karena itu diperlukan kesadaran yang tinggi untuk mengikuti prosedur protokol kesehatan yang telah dibuat agar perjalanan menjadi aman dan orang orang yang disayangi juga akan aman. Berikut 10 protokol kesehatan yang diberlakukan dibandara:

  1. Masker
    Setiap orang yang datang ke bandara untuk urusan apapun, diwajibkan memakai masker. Masker harus tetap dipakai setiap saat dan tidak boleh dilepas ketika berada ditengah tengah keramaian.
  2. Cek Suhu
    Setiap calon penumpang yang akan masuk melalui pintu keberangkatan akan dilakukan mengecekan suhu tubuh, begitu pula setiap orang yang keluar dari pintu kepulangan.
  3. Dokumen Kesehatan
    Setiap calon penumpang diwajibkan membawa surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Surat kesehatan ini berupa keterangan hasil pemeriksaan Rapid Test atau Swap Test.
  4. Jaga Jarak
    Setiap calon penumpang harus menjaga jarak dimanapun berada, baik itu saat antri dikonter check in, diruang tunggu maupun ketika masuk dan keluar dari pesawat dan bandara.
  5. Contactless Boarding
    Untuk menghindari kontak pada saat check in, disarankan untuk melakukan web check in atau mobile check in sebelumnya, sehingga ketika tiba dibandara tidak perlu lagi antri untuk melakukan check in.
  6. Penyemprotan Pesawat
    Pihak maskapai penerbangan dan bandara akan melakukan penyemprotan disemua bagian pesawat sebelum penerbangan, seperti penyemprotan kursi, bagasi kabin dan tempat tempat lainnya yang kemungkinan akan tersentuh oleh manusia.
  7. Makanan
    Makanan yang disediakan didalam pesawat harus dijamin kebersihannya
  8. Cabin Air Filter
    Setiap pesawat harus dilengkapi dengan filter udara dengan teknologi HEPA Cabin Air Filter yang dapat menyaring 99,9 persen bakteri dan virus diudara
  9. Penyemprotan Bagasi
    Sebelum barang bawaan masuk, terlebih dahulu akan dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke bagasi
  10. Airport Transfer
    Bagi yang menggunakan fasilitas umum ketika akan pergi atau pulang dari bandara, pastikan memakai kendaraan yang bersih dan higenis.

Baca juga: Syarat terbang disaat Pandemi Covid 19

Demikianlah 10 protokol kesehatan yang diberlakukan dibandara. Protokol kesehatan ini diberlakukan untuk menjaga agar penyebaran virus tidak terjadi sehingga penerbangan akan lebih aman dan nyaman.

Bagikan ke: Facebook atau Twitter

Artikel Populer

Berlangganan

Untuk mendapatkan update terbaru langsung ke Email Anda, silahkan isi kolom dibawah ini, konfirmasi kesediaan akan segera kami kirimkan melalui email, setelah menerima konfirmasi tersebut, lakukan verifikasi melalui email Anda agar segera mendapatkan update gratis dari kami.

BACK TO TOP