Syarat terbang disaat Pandemi Covid 19

Updated: 19 Agustus 2020

Sudah lebih 6 bulan covid 19 merajalela, belum ada tampak tanda tanda virus covid ini akan menghilang, sangat banyak sekali dampak yang ditimbulkan dengan adanya pandemi ini, beberapa perusahaan dan usaha harus berguguran menutup usaha mereka, dimana mana terjadi pengurangan karyawan, persoalan ekonomi menjadi semakin memburuk, tidak terkecuali dalam dunia penerbangan komersil, banyak sekali travel agent harus menutup kantor mereka karena tidak adanya penerbangan baik dalam maupun luar negeri.

Saat artikel ini kami tulis, pemerintah telah membuka kembali jalur perhubungan udara dengan kembali memberikan izin kepada setiap maskapai penerbangan untuk kembali beroperasi membawa penumpang, namun tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Baca juga: Syarat pembuatan Passport

Pengertian Protokol Kesehatan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, salah satu arti protokol adalah surat-surat resmi yang memuat hasil perundingan (persetujuan dan sebagainya). Dari pengertian ini, Protokol Kesehatan bisa diartikan sebagai tata cara dan aturan yang disusun dan ditetapkan oleh pemerintah di bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi khususnya covid 19.

ilustrasi covid 19

Protokol kesehatan yang telah dibuat ini berlaku untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus sehingga pandemi ini bisa dapat segera berkurang dan hilang.

Adapun protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah tertuang dalam:

  • Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No 9 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

  • Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/MENKES/338/2020 tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Syarat yang harus dipenuhi dalam penerbangan.

Untuk penerbangan Domestik (dalam Negeri), setiap calon penumpang terlebih dahulu harus menyertakan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa terbang. Syarat tersebut adalah berupa Surat Keterangan Kesehatan Bebas Covid 19 yang dikeluarkan oleh pihak Kesehatan terkait.

Namun bagi calon penumpang yang didaerahnya tidak memiliki fasilitas pemeriksaan Covid 19 dapat melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit/puskesmas yang menyatakan bahwa bebas dari gejala seperti influenza.

Baca juga: Maskapai menolak mengangkut penumpang, kenapa?

Bagi calon penumpang yang sudah memenuhi syarat tersebut diatas, harus membawa surat keterangan ini kebandara pada saat chek in untuk diperiksa lebih lanjut, disarankan kepada calon penumpang untuk lebih awal datang kebandara karena akan ada pemeriksaan dokumen.

Tes kesehatan terdiri dari dua jenis yaitu tes Rapid dan  tes Swap. Masa berlaku surat keterangan kesehatan covid 19 ini adalah 14 hari sejak surat keterangan ini dikeluarkan. Masa berlaku surat kerangan covid ini mungkin bisa saja berbeda untuk tiap daerah, untuk mengetahuinya bisa dilihat pada surat keterangan tersebut.

Tidak hanya diperiksa dibandara asal, dokumen dokumen juga akan diperiksa di bandara tujuan, mengisi form atau pemeriksaan lain dari pemerintah setempat. Kesemua syarat dan pemeriksaan ini tentunya agar pandemi Covid 19 ini tidak bertambah penyebarannya sehingga bisa terus berkurang.

Bagi yang akan berpergian, jangan lupa syarat syarat dipenuhi dahulu ya, semoga selamat sampai ketujuan dan tetap dalam keadaan sehat.

Bagikan ke: Facebook atau Twitter

Artikel Populer

Berlangganan

Untuk mendapatkan update terbaru langsung ke Email Anda, silahkan isi kolom dibawah ini, konfirmasi kesediaan akan segera kami kirimkan melalui email, setelah menerima konfirmasi tersebut, lakukan verifikasi melalui email Anda agar segera mendapatkan update gratis dari kami.

BACK TO TOP