Panduan Pembayaran Tiket Menggunakan Kartu Kredit

Semakin banyaknya fitur fitur pembayaran tiket pesawat yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan dan travel agent tentu semakin mempermudah kita dalam membeli tiket pesawat.

Selain metode pembayaran melalui ATM atau cash, maskapai penerbangan dan travel agent juga memberikan metode pembayaran tiket pesawat menggunakan credit card (kartu kredit), baik itu secara langsung dikantor penjualan ataupun secara online pada saat kita melakukan proses booking melalui website airlines.

Kesempatan kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara pembayaran tiket menggunakan credit card (kartu kredit), bagaimana tingkat keamanan dan kenyamanan menggunakan credit card (kartu kredit) khususnya untuk pembayaran tiket pesawat.

Panduan Pembayaran Tiket Menggunakan Kartu Kredit

Arti dan Fungsi Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran berupa kartu yang dikeluarkan untuk pengguna (pemegang kartu) untuk memungkinkan pemegang kartu membayar barang dan jasa ditambah dengan biaya yang disepakati.

Fungsi kartu kredit sebagaimana artinya diatas adalah sebagai alat pembayaran. Pemegang kartu dapat membayar suatu barang atau jasa menggunakan kartu tersebut ditambah dengan biaya yang sudah disepakati antar pemegang kartu dengan penerbit kartu.

Dengan adanya kartu kredit, kita tidak perlu lagi menggunakan uang cash dalam pembayaran. Tagihan pembayaran akan ditagih penerbit kartu setiap bulannya dengan biaya yang sudah ditentukan dan disepakati.

Persiapan Sebelum Menggunakan Kartu

Sebelum melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Persiapan ini bertujuan agar ketika proses pembayaran tiket tidak terjadi kegagalan.

Pertama sekali yang harus dipersiapkan adalah kartu kredit, karena kartu ini diperlukan pada saat akan di gesek dan atau data pada kartu seperti nomor kartu, nama dan CCV diperlukan pada saat pembayaran melalui website.

Selanjutnya yang harus disiapkan adalah telepon dengan nomor yang didaftarkan dengan kartu yang bersangkutan. Telepon ini berguna jika transaksi pembayaran dilakukan secara online melalui website.

Provider kartu akan mengirimkan notifikasi sms ke nomor yang terdaftar mengenai besar pembayaran dan kode verifikasi pembayaran. Tanpa kode verifikasi, maka transaksi tidak akan bisa dilakukan.

Pastikan Alamat Website Saat memasukkan Data Kartu

Hal utama yang harus diperhatikan menggunakan credit card dalam pembayaran online adalah keamanan, seringkali kita mendengar adanya pencurian kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini terjadi karena kelalaian kita sebagai pemegang kartu kredit dalam menjaga kerahasiaan seperti nomor kartu, nomor CVV, alamat pembayaran dan sebagainya.

Sebenarnya menggunakan credit card untuk pembayaran online bukanlah hal yang menakutkan, justru mempermudah dalam pembayaran, namun dengan catatan harus tetap berhati hati.

Nah, jika suatu saat ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit melalui website, pastikan bahwa alamat website tersebut adalah benar benar alamat website maskapai penerbangan. Sebagai contoh, apabila membeli tiket citilink dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit, pastikan alamat website citilink yang kita buka adalah "www.citilink.co.id".

Pastikan Website memakai SSL

SSL adalah Secure Sockets Layer yang merupakan teknologi keamanan internet yang menjaga data yang kita masukkan aman dari pencurian. Untuk mengetahui apakah suatu website memiliki SSL atau tidak cukup mudah, kita hanya perlu memperhatikan alamat website pada address bar browser apakah memakai https atau hanya http, jika memakai https maka website tersebut menggunakan SSL untuk keamanannya.

Kedua poin diatas berguna jika pembayaran tiket pesawat menggunakan kartu kredit secara online, rata rata semua bank yang mengeluarkan kartu kredit, untuk keamanan pelanggannya sudah tersedia verifikasi melalu sms jika kartu kredit digunakan untuk pembayaran melalu website, kode verifikasi yang dikirim melalu sms untuk meyakinkan bahwa transaksi benar benar atas persetujuan pemilik kartu kredit.

Cocokkan Jumlah Pembayaran dengan Tagihan

Untuk pembayaran secara online, pastikan jumlah tagihan yang dikirim melalui sms sesuai dengan tagihan dari maskapai penerbangan. Sebagaimana kita ketahui, provider kartu kredit akan mengirimkan cmc notifikasi kepada kita mengenai detail pembayaran beserta kode verifikasi, sebelum memasukkan kode verifikasi, cocokkan terlebih dahulu jumlah tagihannya.

Jika pembayaran dialkukan melalui mesin ADC, ketika print out dari mesin ADC keluar, perhatikan jumlah tagihan yang tertera, apakah cocok dengan jumlah tagihan atau tidak. Misalnya nih, total invoice 500 ribu, nah cocokkan nilai yang tertera diprint out haruslah 500 ribu juga atau 500 ribu ditambah charge (jika penjual tiket membebankan charge kepada pembeli).

Awasi Kartu saat di gesek

Bukan maksud berprasangka buruk kepada orang lain, namun ketika kartu kredit berada ditangan orang lain sebaiknya terus dilihat / diawasi, kenapa? karena dikartu kredit terdapat data seperti nomor kartu kredit, nama pemegang kartu kredit, expired kartu kredit dan nomor CCV yang bisa disalah gunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab.

Jika semua hal utama diatas sudah kita pahami dan ketahui, maka silahkan lakukan pembayaran menggunakan credit card karena sudah aman untuk melakukan pembayaran.

Untuk pembayaran melalui website, usahakan pada saat melakukan pembayaran dilakukan menggunakan komputer/laptop sendiri untuk lebih amannya.