Persiapan dan Tips sebelum membeli tiket Pesawat

Proses booking adalah proses pemesanan tiket pesawat yang dilakukan oleh pelanggan, biasanya tiket promo atau tiket murah adalah target utamanya. Bagi yang sudah biasa bepergian dengan pesawat, kata booking bukanlah merupakan kata kata baru dan proses proses yang harus dilalui, apa saja yang diperlukan dalam proses booking serta apakah perlu biaya untuk melakukan proses booking, sudah tidak menjadi pertanyaan lagi bagi mereka.

Bagi kita yang sama sekali belum pernah mengalami hal diatas, tentulah menjadi pertanyaan besar dikepala kita, bagaimana sih sebenarnya cara melakukan booking tiket itu?. Anda jangan merasa minder dahulu jika memang belum tahu tentang itu, karena mungkin masih banyak lagi orang orang diluar sana yang mempunyai problem yang sama dengan kita yaitu belum mengetahui bagaimanakah cara melakukan booking tiket itu.

Zaman sekarang sudah banyak travel agent bertebaran dimana mana, tiap tempat hampir kita temui kantor penjualan tiket alias travel agent, selain itu juga ada website website yang menawarkan dan menjual tiket pesawat secara online, mungkin kita bingung dari sekian banyak orang yang menjual tiket pesawat kira kira dimana yang murah dan dapat dipercaya ya?

Jangan bingung dan jangan bimbang ya, kami tiketips.com akan coba membuka mata hati kita semua, bagaimana sih sebaiknya yang dilakukan sebelum membeli tiket pesawat.

Tentukan tanggal dan keberangkatan yang tepat

Sebelum membeli tiket pesawat, tentunya terlebih dahulu harus menentukan jadwal keberangkatan, tanggal berapa dan jam berapa yang dirasa pas untuk perjalanan. Sedapat mungkin hindari keberangkatan pada akhir minggu dan hari libur untuk menghindari harga tiket pesawat yang mahal.

Jadwalkan keberangkatan serapi mungkin, jangan sampai jadwal bentrok dengan jadwal lainnya sebab jika tiket sudah dibeli dan terjadi perubahan jadwal, maka akan menambah biaya lagi untuk perubahannya nanti.

Perkirakan berapa budget yang bisa dikeluarkan untuk tiket pesawat

Perhitungkan berapa budget yang bisa kita keluarkan untuk pembelian tiket, sesuaikan dengan kemampuan dan atur keuangan sedemikian rupa agar keuangan tidak kacau.

Dengan diketahuinya berapa budget yang bisa kita keluarkan untuk membeli tiket pesawat, maka kita bisa memperkirakan pula kebutuhan lainnya selama dalam perjalanan nanti, jangan sampai tiket pesawat terbeli sedangkan ongkos taksi dari bandara ke rumah tidak bisa dibayar..hehehe.

Persiapkan nama nama penumpang yang akan berangkat

Sebelum Anda bergerak menuju tempat pembelian tiket pesawat baik itu ke travel agent maupun ke airlines, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dan mempersiapkan nama nama penumpang yang akan berangkat.

Disini diharapkan sekali nama nama yang Anda persiapkan tersebut adalah nama menurut kartu idenitas masing masing dengan kata lain bukan merupakan nama panggilan.

Kenapa begitu ?. karena nantinya dibandara ketika melakukan proses check in penumpang yang akan berangkat tersebut akan diminta untuk menunjukkan kartu identitasnya untuk dicocokkan dengan nama yang ada pada kertas tiket.

Sayangkan ketika kita sudah booking dan mendapatkan tiket promo atau tiket murah, ternyata namanya tidak sesuai KTP, bisa jadi dicounter check in nantinya akan bermasalah.

Ya.. jangan sampai tiket yang Anda beli menjadi tidak bisa dipakai hanya karena adanya perbedaan nama pada tiket dengan nama pada kartu identitas.

Pentingnya mempersiapkan nama nama penumpang ini sesuai dengan kartu identitas tidak hanya pada saat melakukan check in, bahkan pada waktu booking Anda juga akan sangat diuntungkan jika telah mempersiapkan nama namanya terlebih dahulu.

Mari kita simak cerita dibawah ini.

Si A datang kesebuah travel agent dengan maksud untuk melakukan proses booking untuk salah satu keponakannya. Sesampainya di travel agent, si A langsung menanyakan ketersedian seat untuk keponakannya tersebut.

Bagian reservasi di travel agent tersebut memberitahukan bahwa pada saat itu masih tersedia 1 seat lagi harga tiket murah atau tiket promo, sementara yang lainnya sudah merupakan harga mahal.

Si A sangat senang sekali, tapi sayangnya dia tidak tahu siapa nama lengkap keponakannya tersebut, yang dia tahu hanyalah nama panggilan sayang dari keponakannya itu.

Setelah mendapatkan nama lengkap keponakannya, si A kembali ingin melakukan proses booking, tapi alhasil 1 seat harga tiket murah atau promo tadi ternyata sudah tidak ada lagi karena sudah keduluan oleh orang lain.

Nah, rugikan ?? harga tiket murah atau promo seharusnya menjadi milik Anda hanya karena Anda tidak mempersiapkan nama penumpang terlebih dahulu kini tidak lagi bisa Anda dapatkan.

Pilih tempat membeli tiket yang dipercaya

Ini sangat penting sekali, carilah tempat membeli tiket yang sudah dipercaya, atau paling tidak sudah diketahui benar keberadaannya agar jika terjadi suatu dan lain hal seperti pembatalan, perubahan jadwal dan lain sebagainya, kita mudah untuk mengurusnya kembali.

Tidak dipungkiri ada beberapa kasus dimana pembelian tiket dilakukan melalui website, ketika terjadi perubahan si pembeli bingung harus melapor kemana.

Usahakan jangan membeli secara online sendiri jika kita belum benar benar memahami cara pembelian secara online, disarankan untuk membeli melalui travel agent atau langsung ke maskapai penerbangan.

Cek ketersedian seat dan harga

Oke, sekarang nama nama sudah Anda persiapkan, sekarang saatnya untuk ke travel agent atau ke airlines untuk melakukan booking tiket. Saya anggap Anda pergi ke travel agent, yang harus Anda lakukan adalah menanyakan kepada bagian reservasi travel agent tersebut ketersedian seat yang sesuai dengan jadwal keberangkatan Anda, siapa tahu pada jadwal tersebut tersedia tiket pesawat promo.

Lakukan pengecekan untuk tiap tiap airlines jika Anda menginginkan perbandingan harga atau jam keberangkatan.

Disini disarankan untuk ke travel agent karena di travel agent Anda bisa melakukan itu, melakukan perbandingan harga untuk beberapa airlines serta perbandingan jam yang tepat untuk jadwal keberangkatan Anda. Lain halnya jika Anda berada di airlines, Anda hanya bisa mengetahui harga untuk airlines itu saja.

Lakukan proses booking tiket

Jika harga tiket yang sesuai budget sudah kita ketahui, jangan buang buang waktu lagi, segera lakukan proses booking. Ingat, harga tiket bisa berubah sewaktu waktu, bahkan dalam hitungan detik bisa berubah karena sistem booking adalah online dimana setiap orang bisa melihat ketersediaan seat.

Bookinglah segera agar mendapatkan harga tersebut, jangan takut harus membayar jika ternyata tiket yang sudah kita booking tidak jadi, sebab setelah proses booking akan ada limit pembayaran atas bookingan tersebut, jika ternyata kita tidak jadi membeli maka kita tidak perlu membayar, namun jika jadi, maka kita harus membayar tiket tersebut sebelum limit bookingnya habis.

Bayarlah tiket pesawat sebelum limit booking habis

Sebagaimana disebutkan diatas, jika harga dan jadwal sudah pas, jangan buang waktu, segera bayarlah tiket tersebut sebelum limitnya habis.

Jika membayar setelah limit habis, otomatis bookingan sudah tercancel secara otomatis dan harus dilakukan booking ulang dengan harga yang baru, jika nasib sedang sial bisa saja bookingan baru tersebut harganya lebih mahal dari harga sebelumnya.

CATATAN: Pada saat pandemi, ada baiknya sebelum membeli tiket, kita lakukan tes antigen terlebih dahulu, kenapa?..syukur alhamdulillah jika tes antigennya negatif, kalo hasil tesnya positif, otomatis tiket yang sudah dibeli tidak bisa digunakan.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu kawan kawan semua yang belum terbiasa membeli tiket pesawat. Sebelum melakukan sesuatu memang diperlukan persiapan agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Selamat jalan semoga selamat sampai tujuan.