Contoh Print Out E-Tiket beberapa Maskapai Penerbangan

Tiket adalah salah satu syarat menggunakan pesawat terbang sebagai angkutan. Tanpa tiket, kita tidak bisa melakukan proses check in dan masuk kedalam pesawat. Bagi yang sudah sering naik pesawat, bentuk dari print out etiket sudah tidak asing lagi, tetapi bisa saja mereka belum tahu apa maksud dari bagian bagian etiket.

Apalagi kita yang belum pernah naik pesawat, barangkali penasaran dengan bentuk dan penjelasan dari etiket, nah, kalian sudah ditempat yang tepat. Dibawah ini akan diperlihatkan bentuk print out etiket dari beberapa maskapai penerbangan, namun sebelum itu kita harus tahu apa sih e-ticket itu?

Pengertian E-Ticket

E-ticket adalah sebuah dokumen tiket yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan untuk seseorang yang akan menggunakan jasa angkutan mereka dalam bentuk data elektronik.

Etiket tersimpan dalam bentuk data elektronik disebuah server, dimana semua data tiket tersimpan disana. Untuk melihat tiket tersebut, dibutuhkan sebuah kode yang dinamakan dengan kode booking. Kode booking ini sebagai kunci untuk membuka semua data dari tiket seperti; nama penumpang, jadwal penerbangan, rincian harga tiket dan sebagainya.

Berhubung etiket ini tersimpan dalam bentuk data elektronik, maka biasanya maskapai penerbangan atau travel agent tempat penjualan tiket akan memberikan print out etiket sebagai pegangan kita. Bagaimana contoh dari print out etiket ini?. Silahkan lanjut lihat kebawah ya...

Contoh Print Out E-Tiket Garuda Indonesia

Contoh Print Out E-Tiket Garuda Indonesia

Contoh Print Out E-Tiket Citilink

Contoh Print Out E-Tiket Citilink

Contoh Print Out E-Tiket Batik Air

Contoh Print Out E-Tiket Batik Air

Contoh Print Out E-Tiket Lion Air

Print Out tiket Lion Air sama bentuknya dengan tiket Batik Air, karena Lion Air dan Batik Air adalah satu group, yang membedakan hanya pada tiket Lion Air akan tertulis "Operated by Lion Air".

Contoh Print Out E-Tiket Wings Air

Print Out tiket Wings Air sama bentuknya dengan tiket Batik Air, karena Wings Air dan Batik Air adalah satu group, yang membedakan hanya pada tiket Wings Air akan tertulis "Operated by Wings Air".

Contoh Print Out E-Tiket Malindo Air

Print Out tiket Malindo Air sama bentuknya dengan tiket Batik Air, karena Malindo Air dan Batik Air adalah satu group, yang membedakan hanya pada tiket Malindo Air akan tertulis "Operated by Malindo Air".

Contoh Print Out E-Tiket Sriwijaya Air

Contoh Print Out E-Tiket Sriwijaya

Contoh Print Out E-Tiket Airasia

Contoh Print Out E-Tiket Airasia

Penjelasan Bagian Print Out E-Tiket

Secara umum, bagian bagian dari print out etiket diatas mengandung unsur unsur yang sama.Bagian bagian tersebut antara lain adalah:

  • Bagian Kode Booking dan tanggal terbit etiket, biasanya terletak pada bagian paling atas.
  • Bagian Nama Penumpang dan Nomor Tiket.
  • Bagian detail jadwal penerbangan, termasuk kode penerbangan ada juga dibagian ini.
  • Bagian rincian harga tiket.
  • Bagian Peraturan Tiket, biasanya terletak pada bagian paling bawah.

Ketika melihat hasil print out etiket, kita sudah bisa melihat bagian bagian yang dijelaskan diatas, karena semua tertulis dengan jelas. Nah, dari semua bagian tersebut, yang paling penting untuk kita perhatikan adalah pada bagian kode booking, nama penumpang dan jadwal penerbangan.

Semoga setelah melihat dan membaca ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Barangkali ada dari teman teman yang mendapatkan print out etiket yang sedikit berbeda atau berbeda sama sekali dengan gambar diatas, jangan bingung, bisa saja ada perbedaan, tetapi tujuannya adalah sama.

Etiket kita aman di dalam database maskapai penerbangan, berbeda hasil print out tidak akan membuat masalah ketika akan berangkat nantinya.