Rebook dan Refund Tiket Lion Air, Batik dan Wings

Tidak selamanya jadwal yang sudah kita atur sedemikian rupa dapat terlaksana, adakalanya jadwal berubah karena adanya sesuatu dan lain hal yang harus didahulukan.

Bagi yang sering menggunakan jasa Penerbangan Lion Air, Batik Air atau Wings Air dalam setiap perjalanannya, ada baiknya membaca ketentuan yang dikeluarkan oleh Lion Air Group yang berhubungan dengan Cancel, Rebook dan Refund.

Rebook dan Refund Tiket Lion Air, Batik dan Wings

Maksud Perubahan Jadwal Tiket

Perubahan jadwal, sering juga disebut rebook atau reschedule, adalah sebuah proses mengubah jadwal sebuah tiket dari jadwal sebelumnya. Sebagai contoh, jika pada awalnya tiket yang kita beli mempunyai jadwal pada tanggal 10 Januari, karena alasan tertentu dari calon penumpang, maka dilakukan reschedule menjadi tanggal 11 Januari.

Perubahan jadwal bisa berupa perubahan tanggal keberangkatan, dan bisa juga berupa perubahan jam keberangkatan. Untuk melakukan perubahan, maka kita akan dikenakan biaya sebesar yang ditetapkan oleh pihak maskapai penerbangan.

Ketentuan Rebook atau Reschedule tiket Lion Air, Batik Air dan Wings Air

Adapun ketentuan dari pihak Lion Air Group untuk Rebook adalah:

  1. Berlaku untuk kelas Promo, Ekonomi maupun kelas Bisnis.
  2. Re-booking minimal dikelas yang sama.
  3. Harus dilakukan di Kantor Lion Air.
  4. Penumpang harus membayar selisih harga antara Harga Penumpang dan Harga Agent jika pembelian tiket sebelumnya dilakukan di Travel Agent.
  5. Penumpang harus membayar selisih kelas, jika kelas yang baru lebih tinggi. Selain biaya diatas (point 2 & 3), Penumpang harus membayar Biaya administrasi / Cancellation Fee sbb:
  1. Ketentuan untuk kelas promo ( X, V, T)
    • Perubahan jadwal yang dilakukan di atas 48 jam, akan dikenakan biaya administrasi
    • Perubahan yang dilakukan di atas 24 jam tetapi di bawah 48 jam, akan dikenakan cancellation fee sebesar 50 %  dari basic fare publish / penumpang.
    • Perubahan yang dilakukan dalam 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fare publish / penumpang.
    • Perubahan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses chexk-in tidak bisa dilakukan, tiket hanya bisa di refund.
    • Untuk INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan biaya administrasi maupun cancellation fee.
  2. Ketentuan untuk kelas non promo ( Q keatas)
    1. Ketentuan untuk perubahan pertama:
      • Diatas 24 jam (> 24 jam) sebelum keberangkatan : Perubahan reservasi yang pertama tidak dikenakan biaya pembatalan, hanya membayar selisih harga / upgrade kelas (jika ada).
      • Dibawah 24 jam sampai dengan 4 jam sebebelum keberangkatan (< 24 jam – 4 jam ): Perubahan reservasi yang pertama dikenakan ketentuan CF 80% dari Fare basic VCR.
    2. Ketentuan untuk perubahan kedua dan seterusnya:
      • Perubahan jadwal yang dilakukan di atas 48 jam, akan dikenakan biaya administrasi
      • Perubahan yang dilakukan di atas 24 jam tetapi di bawah 48 jam, akan dikenakan cancellation fee sebesar 50 %  dari basic fare publish / penumpang.
      • Perubahan yang dilakukan dalam 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fare publish / penumpang.
      • Perubahan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses chexk-in tidak bisa dilakukan, tiket hanya bisa di refund.
      • Untuk INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan biaya administrasi maupun cancellation fee.

Perubahan jadwal tiket lion air melalui Call Center

Bagi kita yang tidak bisa keluar rumah, atau sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak bisa ke kantor penjualan lion air atau travel agent, kita bisa melakukan perubahan jadwal melalui telepon.

Siapkan kode booking tiket lion air yang akan dilakukan perubahan dan kemudian telepon call center lion air di (+6280) 4177 8899 atau (+6221) 6379 8000 dan untuk di Singapura (+65) 6339 1922.

Staff lion air akan menanyakan maksud dan tujuan, katakan dan jelaskan bahwasanya kita ingin melakukan perubahan jadwal kepada petugas yang menerima telepon dengan baik dan pastikan perubahan yang dibuat sudah benar.

Sebelum melakukan perubahan, kita bisa menanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perubahan tersebut dan jika kita menyetujui biaya yang dikenakan baru perubahan jadwal dilakukan. Pembayaran bisa kita lakukan sebelum limit yang diberikan oleh petugas.

Perubahan jadwal tiket lion air melalui Kantor Penjualan Lion Air

Sama halnya dengan call center, yang perlu disiapkan adalah kode booking tiket, namun disini kita tentunya harus ke kantor penjualan lion air atau kebandara untuk melakukan perubahan.

Sedikit kesulitan jika dilakukan dibandara adalah jika terjadi antrian, otomatis kita harus menunggu antrian. Secara keseluruhan proses perubahan jadwal adalah sama seperti melalui call center, kita juga bisa menanyakan biaya perubahan sebelum perubahan dilakukan.

Perubahan jadwal tiket lion air melalui Travel Agent

Travel agent hanya bisa melakukan perubahan di sistem mereka jika kita membeli tiket di travel tersebut. Jika kita membeli tiket lion bukan di travel agent yang bersangkutan, maka untuk perubahan, travel agent tetap harus menggunakan salah satu metode perubahan jadwal diatas, apakah itu melalui call center atau langsung di counter lion air bandara.

Oleh karena itu, pastikan kita mendatangi travel agent tempat kita membeli tiket sebelumnya. Jika kita membeli tiket langsung ke lion air, sebaiknya langsung saja menggunakan metode call center atau ke kantor penjualan, jangan datang ke travel agent.

REFUND (pengembalian uang) tiket Lion Air

Proses Refund akan dikenakan biaya refund berdasarkan waktu pembatalan dilakukan, adapun biaya refund nya berdasarkan pada ketentuan dibawah ini:

  1. Kelas Promo (X, V, T)  tidak dapat di refund, hanya  Airport tax dapat di refund apabila proses cancel refund dilakukan sebelum no show. Dalam kondisi no show airport tax tidak dapat diproses refund.
  2. Refund yang dilakukan di atas 48 jam akan dikenakan refund fee sebesar 50% dari basic fare publish / penumpang.
  3. Refund yang dilakukan dalam 48 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan refund fee sebesar 80%  dari basic fare publish / penumpang.
  4. Refund yang dilakukan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau  setelah proses check in (now show gate), dikenakan refund fee sebesar 90%  dari basic fare publish / penumpang dan PSC serta IWJR hangus.
  5. INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan refund fee.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu, dan kita sebagai pemakai jasa Lion Air, Batik Air dan Wings Air tidak terkejut lagi ketika suatu saat nanti melakukan proses Cancel, Rebook ataupun Refund untuk tiket Lion Air, Batik Air dan Wings Air yang telah kita beli.

Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air

Ada 2 hal yang harus diingat oleh setiap pemegang tiket lion air, batik air atau wings air ketika hendak melakukan refund:

  1. Jika tiket dibeli di travel agent dan belum pernah dilakukan perubahan jadwal, maka proses pengembalian refund bisa cair saat itu juga melalui travel agent yang mengeluarkan tiket tersebut.
  2. Jika tiket dibeli bukan ditravel agent (misal melalui internet atau melalui kantor penjualan lion air), maka proses pengembalian uang refund biasanya 3 minggu sampai dengan 1 bulan.
  3. Untuk tiket yang dibeli ditravel agent namun sudah pernah melakukan rebooking, maka jangka waktu pengembalian uang refund mengacu pada point 2.

Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air, batik air atau wings air pada point 3 seringkali menjadi perdebatan antara penumpang dengan travel agent. Penumpang yang tiketnya batal untuk di refund mengira uang refund tersebut bisa langsung diambil. Hal ini dikarenakan dari pihak Lion Air Group yang tidak menjelaskan berapa lama waktu proses pengembalian uang refund tersebut.

Untuk menghindari lamanya pengembalian refund jika tiket dibeli melalui travel agent (tiket belum pernah dirubah sebelumnya), segera lakukan refund langsung ke travel agent tempat pembelian tiket dan jangan lakukan refund di kantor penjualan lion air karena jika pembatalan dilakukan dikantor lion air maka proses refund akan menjadi lama.

Saat pandemi Covid 19 ini, refund tiket Lion Air, Batik Air dan Wings Air tidak berupa uang, tetapi berbentuk voucher yang bisa dipakai kembali untuk pembelian tiket Lion, Batik atau Wings Air.

Kesimpulan

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa, perubahan jadwal tiket lion air bisa dilakukan melalui call center, kantor penjualan lion air dan travel agent.

Dari beberapa tempat tersebut, cara yang efektif melalui call center karena tidak perlu kebandara dan ikut antri. Agar biaya perubahan tidak besar sebaiknya lakukan perubahan diluar 48 jam sebelum keberangkatan.

Untuk proses refund, kita harus sedikit bersabar karena proses pengembalian uang biasanya paling cepat 1 bulan sejak pengajuan.

Lion Air, Batik Air, Wings Air dan Malindo adalah maskapai penerbangan yang tergabung dalam 1 group yaitu Lion Group, jadi proses rebook dan refundnya sama.