Check In Tiket Garuda Indonesia

Setiap keberangkatan menggunakan angkutan udara harus melalui proses check in. Bagi yang sudah sering berpergian menggunakan pesawat terbang, sudah barang tentu pernah menjalani proses ini. Proses ini wajib dilalui oleh setiap calon penumpang sebelum diperbolehkan masuk kedalam pesawat.

Pada umumnya, check in dilakukan di konter check in bandara, namun untuk mempermudah calon penumpang, pihak maskapai penerbangan memberikan fasilitas check in dengan cara lain. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan plat merah mempunyai beberapa fasilitas check in yang bisa dipilih oleh calon penumpang.

Pengertian Check In

Check In adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk mendata penumpang yang akan berangkat menggunakan pesawat mereka. Pada proses ini calon penumpang harus menunjukkan tiket dan tanda pengenal.

Check in dalam pengertian awam bisa diartikan sebagai pendaftaran ulang. Pendaftaran pertama adalah pada saat pembelian tiket. Nah, untuk memastikan bahwasanya kita memang akan terbang menggunakan tiket Garuda yang sudah dibeli, maka dilakukanlah pendaftaran ulang atau check in.

Berikut fasilitas check in yang diberikan oleh Garuda Indonesia untuk kenyamanan penumpangnya, kita bisa memilih salah satu dari fasilitas yang diberikan.

Check In Tiket Garuda di Bandara

Fasilitas check in ini adalah umum untuk semua Airlines, calon penumpang melakukan proses check in melalui konter Garuda Indonesia di Bandara.

Adapun caranya adalah dengan datang ke bandara 2 atau 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Kemudian datang ke konter sambil menunjukkan tiket serta tanda pengenal. Petugas check in akan memeriksa data kita dan melakukan proses check in.

Agar terhindar dari keterlambatan check in, sebaiknya lakukan sebelum 30 menit untuk keberangkatan domestik dan 45 menit sebelum untuk keberangkatan internasional, tetapi akan lebih baik untuk melakukan check in lebih awal dari yang jadwal tersebut.

City Check In Tiket Garuda Indonesia

City Check In adalah proses check in tiket pesawat Garuda yang dilakukan dikantor penjualan Garuda Indonesia yang dilakukan 1 atau 2 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Layanan city check in ini dimaksudkan untuk membantu pelanggan check-in dengan mudah di Kantor Penjualan Garuda Indonesia (Kantor Cabang Domestik atau Internasional).

Cara melakukan city check in adalah dengan mendatangi kantor penjualan Garuda Indonesia terdekat didaerah masing masing dengan membawa tiket dan tanda pengenal. Beritahukan kepada staff yang melayani bahwasanya kita ingin melakukan check in. Proses ini sudah bisa dilakukan 24 jam sebelum waktu keberangkatan atau setidaknya 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, maka harus memenuhi syarat syarat berikut:

  1. Proses City Check-in dilakukan hanya di kantor penjualan Garuda Indonesia dengan menunjukkan kartu identitas penumpang seperti KTP, SIM, GFF, Paspor atau Kartu pengenal lainnya.
  2. Proses City Check-in boleh diwakilkan oleh orang lain dengan menunjukkan photo copy kartu identitas penumpang yang bersangkutan.
  3. Bagi pembukuan Group diperbolehkan City Check-in dengan ketentuan sbb :
    1. PIC / Travel Agent / Tour Leader membuat surat pernyataan bermaterai 6.000 bahwa nama-nama penumpang telah sesuai dengan identitas yang sebenarnya dengan melampirkan daftar nama-nama penumpang.
    2. Proses City Check-in dilakukan terpisah dengan penumpang biasa agar tidak mengganggu pelayanan kepada penumpang perorangan ( setelah jam kantor atau menyesuaikan dengan kondisi di counter ).
    3. Dan apabila di temukan penyalahgunaan indentitas / tidak sesuai dengan penumpang sebenarnya, maka tiket tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi (hangus) baik One Way maupun Return.

Apabila terjadi permintaan penggantian Boarding Pass (Reprint Boarding Pass) karena hilang, maka penggantian Boarding Pass boleh dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Membawa surat kuasa dengan menunjukkan kartu identitas asli penumpang.
  • Membuat surat pernyataan kehilanggan dengan menggunakan materai 6.000.

Walaupun sudah melakukan city check in, calon penumpang tetap harus melapor di bandara counter check-in paling tidak 1 jam sebelum waktu keberangkatan, tetapi sangat disarankan agar kita tiba di bandara lebih awal dari yang diharapkan.

Check In Tiket Garuda Indonesia melalui Telepon

Calon penumpang yang dimiliki tiket dan atau telah melakukan pembayaran secara online diberikan kesempatan untuk melakukan proses check-in melalui telepon di Garuda Indonesia Call Center.

Dengan menggunakan metode check in ini, penumpang Garuda Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk memilih seat untuk penerbangan nantinya tanpa harus datang ke kantor penjualan Garuda Indonesia.

Syarat untuk bisa melakukan check in tiket garuda melalui telepon harus:

  1. Tiket domestik dengan kelas ekonomi yang dibeli dan dibayar melalui pembayaran on-line.
  2. Tiket yang dibeli adalah tiket langsung, bukan merupakan konekting flight.
  3. Tiket dengan kelas eksekutif yang valid untuk rute Jakarta-Singapura dan rute Jakarta ke semua tujuan domestik di Indonesia.

Jika tiket yang dibeli memenuhi syarat diatas, maka dapat menggunakan fasilitas ini dengan cara menelepon call center garuda di nomor 0804 1807 807 atau di 021 - 2351-99 99. Siapkan data tiket agar ketika staff call center menanyakan, kita bisa langsung menjawabnya. Ikuti dan jawab semua yang ditanyakan staff garuda sampai proses check in selesai.

Fasilitas check in ini adalah tahap awal sehingga penggunaannya masih terbatas, namun dalam waktu dekat layanan ini akan diperluas untuk mencakup semua kelas dengan persyaratan dan kondisi tertentu.

Setelah melakukan check in melalui telepon, kita tetap harus melapor ke counter check in Garuda Indonesia dibandara untuk mendapatkan Boarding Pass.

Penumpang harus melapor paling lambat 45 menit sebelum jadwal keberangkatan, jika dalam waktu tersebut penumpang tidak melapor, maka status check in yang sudah dilakukan melalui telepon akan dibatalkan secara otomatis.

Jika status check ini sudah dibatalkan, maka kita harus mengulang kembali check in di counter check in Garuda Indonesia di bandara.

Web Check In Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Web Check In memang tidak dapat dinikmati oleh seluruh calon penumpang Garuda Indonesia. Ada syarat syarat yg harus dipenuhi terlebih dahulu agar bisa melakukan web check in.

Bagi pemegang tiket garuda indonesia dan ingin mencoba fasilitas dari garuda indonesia ini, pastikan syarat syarat web check in garuda indonesia dibawah ini sudah terpenuhi.

  • Sudah membeli tiket Garuda Indonesia.
  • Memiliki komputer atau smartphone yg terkoneksi ke internet.
  • Untuk saat ini, web check in garuda hanya tersedia untuk rute penerbangan domestik saja.
  • Semua kelas tiket bisa melakukan web check in, web check in harus dilakukan dalam waktu antar 24 jam sampai 4 jam sebelum penerbangan.
  • Penumpang bukan dalam keadaan hamil, membawa bayi atau penumpang yang memerlukan kursi roda atau oksigen.
  • Anak anak dibawah umur 12 tahun yg terbang sendiri tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas web check in.
  • Web check in garuda untuk konekting flight, proses web check in dilakukan secara berurutan berdasarkan rute penerbangan. Disarankan sebaiknya jangan menggunakan web check in.
  • Kalau sebelumnya seat sudah dipilih saat reservasi, maka pada saat web check in tidak bisa melakukan perubahan seat.
  • Jika web check in berhasil, maka tidak bisa lagi dilakukan perubahan nomor seat.
  • Bagi penumpang dengan bagasi harus melapor ke konter check in bandara 45 menit sebelum keberangkatan.

Setelah mengetahui dan memahaminya serta memenuhi syarat tersebut, maka sudah bisa melakukan check in tiket garuda indonesia melalui web. Langkah langkah Web Check In bisa dilihat pada video diatas.

Jika proses web check in garuda indonesia tidak berhasil, ada beberapa kemungkinan yg terjadi seperti ketika melakukan web check in website web check in garuda sedang mengalami gangguan atau pada saat itu traffic sedang tinggi.

Penyebab lain juga bisa dikarenakan waktu pada saat melakukan web check in belum masuk kedalam 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan atau bisa jadi tiket sudah pernah dichek in kan sebelumnya.

Group check-in Garuda Indonesia

Layanan check in ini adalah jenis layanan yang dibuat untuk sekelompok orang atau group, proses check in ini bisa dilakukan di bandara counter check-in dan bisa juga di Kantor Penjualan Garuda Indonesia.

Cara melakukan proses ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan surat keterangan bahwasanya nama nama penumpang sudah sesuai dengan tanda pengenal. Kemudian salah seorang perwakilan mendatangi konter untuk proses check in.

Return check-in Garuda Indonesia

Penumpang yang mempunyai tiket return (pulang pergi) pada hari yang sama diberikan kesempatan untuk melakukan proses check-in untuk perjalanan pulang mereka di bandara keberangkatan / stasiun pada waktu keberangkatan.

Caranya dengan melakukan proses check in pada saat keberangkatan untuk tiket pergi dan pulang. Artinya proses check ini hanya dilakukan sekali saja yaitu pada saat keberangkatan.

Through check-in Garuda Indonesia

Fasilitas check ini ini sama dengan fasilitas check ini Return Check In, yang membedakan adalah rute penerbangannya saja, jika pada Return check in rutenya adalah pulang pergi, maka pada Through Check ini rutenya adalah rute connecting misalnya rute Pekanbaru – Jakarta – Denpasar.

Lounge check-in Garuda Indonesia

Fasilitas ini hanya dapat dinikmati oleh penumpang keberangkatan domestik yang memegang tiket Kelas Eksekutif tanpa bagasi. Fasilitas ini memberikan kenyamanan bagi kita yang tidak ingin ikut dalam antrian pada saat check in, proses check in dilakukan oleh petugas garuda indonesia.

Kita bisa menikmati makanan dan minuman di bawah atmosfer yang sangat berkelas dan nyaman di Garuda Executive Lounge yang disediakan oleh Garuda Indonesia. Fasilitas ini untuk sementara hanya dapat dinikmati di Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Banyak sekali fasilitas check in yang disediakan oleh Garuda Indonesia, hal ini untuk mempermudah calon penumpang dalam proses check in. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya antrian yang panjang dan lama di konter check in bandara.

Dari sekian banyak fasilitas tersebut, tinggal memilih fasilitas mana yang terasa nyaman untuk kita. Semoga perjalanan kita nyaman dan aman, selamat sampai ketujuan.