Booking dan Issued Tiket Pesawat

Tidak sedikit dari kita yang masih rancu membedakan antara booking tiket pesawat dengan issued tiket pesawat. Diantara kita ada yang mengira jika dilakukan booking maka mereka harus membayar, ada pula yang mengira jika mereka booking tiket berarti sudah pasti membeli dan lain sebagainya.

Dapat dimaklumi karena istilah atau bahasa booking dan issued belum begitu dimengerti oleh orang awam, beda halnya dengan orang orang di travel agent ataupun di maskapai penerbangan yang setiap harinya menggunakan istilah tersebut.

Pengertian Booking pada tiket pesawat

Booking berasal dari bahasa inggris yang berarti pemesanan, jadi, booking tiket artinya proses pemesanan tiket pesawat untuk seseorang atau orang lain dengan rute dan tanggal yang sudah ditentukan oleh calon penumpang.

Tempat melakukan booking tiket

Banyak cara dan tempat untuk melakukan booking tiket pesawat, tergantung dari kenyamanan calon pembeli. Berikut adalah beberapa tempat untuk melakukan booking tiket:

  1. Melalui travel agent.
  2. Melalui kantor penjualan masing masing maskapai penerbangan.
  3. Secara online melalui website resmi maskapai penerbangan.
  4. Secara online melalui travel agent online, seperti traveloka, tiket dot com, dan lain lain.

Booking tiket melalui tempat tempat yang disebutkan diatas bisa dilakukan sendiri atau melalui bantuan orang lain, untuk travel agent dan kantor penjualan maskapai penerbangan, proses booking bisa dilakukan melalui telepon.

Beberapa hal yang harus diingat setelah booking tiket

Setelah proses booking selesai, ada dua data yang harus kita ingat dan catat, data tersebut adalah:

  1. Kode Booking.
    • Kode booking merupakan kombinasi yang terdiri beberapa huruf atau angka yang didapat setelah proses booking selesai. Kode ini berguna sebagai kunci untuk membuka reservasi yang telah kita buat sebelumnya.
  2. Timelimit Reservasi.
    • Data ini tidak kalah pentingnya dengan kode booking. Timelimit adalah batas waktu yang diberikan kepada pemesan untuk melakukan pembayaran. Harga yang sudah kita dapat setelah melakukan booking akan bertahan selama timelimit ini.

Booking tiket gratis

Dari pengalaman, tidak sedikit calon penumpang yang takut melakukan proses booking tiket pesawat, mereka takut memberikan nama sebagai salah satu data yang diperlukan untuk proses booking tiket pesawat.

Kebanyakan calon penumpang mengira proses booking memerlukan biaya, ini adalah pendapat yang tidak benar sama sekali.


Berikan saja nama kita, lakukan proses booking segera karena untuk diketahui, harga tiket pesawat bisa berubah kapan saja, tidak hanya dalam hitungan jam, hitungan detik pun harga tiket pesawat bisa berubah karena pemesanan tiket pesawat bersifat online.

Seandainya nanti setelah melakukan proses booking dan ternyata saya tidak jadi membeli tiket, bagaimana?...Apakah saya harus membayar?..

Jawabannya TIDAK, tidak ada biaya apapun dalam proses booking ini, Jadi, jika kita ingin melakukan proses booking, jangan takut karena proses booking tiket pesawat adalah GRATIS tanpa biaya apapun, booking bukan berarti beli.

Akibat tidak booking tiket

Sebagaimana kita ketahui bersama, harga tiket pesawat berbeda dengan harga tiket bus, harga tiket bus adalah sama untuk seluruh penumpang, sedangkan harga tiket pesawat terdiri dari beberapa harga tergantung dari kelas masing masing.

Biasanya maskapai penerbangan menyediakan beberapa kursi untuk harga tiket pesawat promo, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kelas ekonomi dan terakhir adalah harga tiket untuk kelas bisnis.

Dari penjelasan singkat tentang harga tiket diatas sebenarnya kita sudah bisa menganalisa apa dampak dan akibat tidak melakukan booking tiket pesawat. Namun untuk lebih menjelaskan, sedikit kami akan menceritakan pengalaman seorang staff reservasi agen travel dimana ada pelanggan yang awalnya bertanya tentang harga tiket pesawat untuk rute dan jadwal tertentu, begini ceritanya;

Sebut saja namanya "Bunga", Bunga menelepon salah satu travel agen untuk melakukan pengecekan harga tiket pesawat untuk keponakannya, saat itu.

Bunga menanyakan harga tiket untuk rute Pekanbaru ke Jakarta untuk tanggal 23 November, pada saat itu, staff reservasi travel agent tersebut menyampaikan bahwasanya ada terdapat harga promo sebanyak 3 kursi lagi.

Bunga tentunya sangat gembira dong karena sudah seminggu belakangan dia mencari tiket pesawat murah belum berhasil dan sekarang harga promo tersebut ada. Namun sayangnya Bunga tidak langsung melakukan proses booking, dia ingin berkonsultasi dahulu dengan ponakannya.

Setelah berkonsultasi, dia kembali menelepon travel agent tersebut dan menanyakan harga tiket seperti sebelumnya, namun sayang sekali, harga tiket promo yang di idam-idamkan Bunga sebelumnya sudah tidak tersedia lagi.

Dari cerita Bunga diatas, orang awam tentu bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi. Hal ini terjadi karena sistem reservasi semua maskapai penerbangan adalah online, artinya setiap orang diseluruh dunia bisa melihat ketersedian kursi dan melakukan booking atas harga promo tersebut.

Untuk antisipasi agar tidak terjadi hal seperti diatas, setiap ada rencana perjalanan dan pada saat menanyakan harga tiket, segera lakukan booking/reservasi. Jika reservasi telah dilakukan maka otomatis kita sudah mendapatkan harga pada waktu itu.

Persoalan apakah tiket tersebut jadi kita ambil ataukah tidak bukan menjadi masalah, diatas sudah dijelaskan bahwa booking tiket adalah gratis dan kita diberikan limit pembayaran untuk reservasi tersebut yang bisa digunakan untuk berfikir.

Pengertian Issued pada tiket pesawat

Sama halnya dengan booking, Issued juga berasal dari bahasa inggris yang berarti diterbitkan, jadi, issued tiket adalah proses penerbitan sebuah tiket pesawat sesuai dengan pemesanan atau booking yang telah dilakukan sebelumnya.

Tempat melakukan issued tiket

Proses issued tiket pesawat pada umumnya dilakukan ditempat dimana sebelumnya kita melakukan proses booking. Jika sebelumnya kita melakukan proses booking melalui travel agent, maka tempat melakukan issued tiket adalah di travel agent tersebut.

Bagaimana jika tempat booking adalah maskapai penerbangan langsung?, maka tempat issued tiketnya juga di kantor maskapai penerbangan tersebut, begitu seterusnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum issued tiket

Hal hal penting yang harus kita perhatikan sebelum penerbitan (issued) tiket adalah sebegai berikut:

  1. Nama Penumpang.
    • Periksa kembali nama penumpang yang tertera pada hasil booking sebelumnya, pastikan cocok dan sama dengan nama yang tertera pada kartu pengenal.
  2. Rute Penerbangan.
    • Periksa rute penerbangan pada hasil booking, pastikan sudah sesuai dengan rute yang diinginkan.
  3. Jam Penerbangan.
    • Periksa juga jam keberangkatan, apakah sudah sesuai dengan keinginan kita.
  4. Harga Tiket.
    • Pastikan juga harga tiket sesuai dengan harga pada saat melakukan booking agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  5. Pembayaran.
    • Pastikan kita sudah membawa uang sebesar harga tiket untuk pembayaran, atau jika pembayaran menggunakan kartu kredit, pastikan kartu sudah dibawa.

Setelah semua hal tersebut diperiksa dan tidak ada kesalahan, barulah lakukan proses penerbitan atau issued tiket.

Hasil akhir setelah issued tiket

Setelah proses penerbitan atau issued tiket selesai, maka kita akan mendapatkan print out tiket, sebenarnya print out ini bukanlah tiket, karena untuk e-tiket, tiket sebenarnya tersimpan secara elektonik di server maskapai penerbangan.

Print out hanya berisi informasi mengenai e-tiket kita, biasanya pada print out terdapat informasi seperti; kode booking, rute dan jadwal penerbangan, harga tiket dan ketentuan penerbangan pada maskapai.

Print out ini nantinya kita bawa kebandara untuk ditunjukkan ke petugas check in pada saat kita akan berangkat.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa proses booking adalah proses pemesanan tiket pesawat dengan memasukkan data penumpang yang akan berangkat agar mendapatkan harga tiket yang pasti.

Proses booking dibatasi dengan time limit dimana bookingan akan dibatalkan otomatis jika time limit habis. Proses Booking tidak mengeluarkan biaya apapun kepada travel agent atau maskapai penerbangan.

Issued tiket pesawat adalah proses penerbitan dokumen tiket pesawat setelah sebelumnya melewati proses booking. Dengan dilakukannya issued tiket, berarti kita harus membayar biaya penerbitan tiket sebesar harga yang tertera ditiket.