Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Akibat tidak booking tiket pesawat

Selamat pagi/siang/sore atau malam buat pengunjung setia tiketips.com semuanya, apa kabarnya? semoga selalu sehat yaa...sehubungan dengan adanya beberapa pengalaman yang sama yang kami alami tentang perubahan harga tiket pesawat, dimana calon penumpang yang pada mulanya hanya sekedar bertanya harga tiket untuk maskapai tertentu, pada saat akan membeli ternyata harga sebelumnya sudah habis dan hanya tersisa harga yang lebih mahal, kenapa ini bisa terjadi?, nah...hal inilah yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, harga tiket pesawat berbeda dengan harga tiket bus, harga tiket bus adalah sama untuk seluruh penumpang, sedangkan harga tiket pesawat terdiri dari beberapa harga tergantung dari kelas masing masing. Biasanya maskapai penerbangan menyediakan beberapa kursi untuk harga tiket pesawat promo, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kelas ekonomi dan terakhir adalah harga tiket untuk kelas bisnis. Harga tiket pesawat promo biasanya hanya tersedia untuk beberapa kursi saja, artinya siapa cepat membeli maka dia-lah yang mendapatkan harga promo tersebut.

Dari penjelasan singkat tentang harga tiket diatas sebenarnya kita sudah bisa menganalisa apa dampak dan akibat tidak melakukan booking tiket pesawat. Namun untuk lebih menjelaskan, sedikit kami akan menceritakan pengalaman seorang staff reservasi agen travel dimana ada pelanggan yang awalnya bertanya tentang harga tiket pesawat untuk rute dan jadwal tertentu, beberapa jam setelah bertanya dan ingin melakukan booking dan pembelian ternyata harga pada saat pelanggan tersebut bertanya tadi sudah tidak ada. Begini ceritanya;

Sebut saja namanya "Bunga", Bunga menelepon salah satu travel agen untuk melakukan pengecekan harga tiket pesawat untuk keponakannya, saat itu Bunga menanyakan harga tiket untuk rute Pekanbaru ke Jakarta untuk tanggal 23 November, pada saat itu, staff reservasi travel agent tersebut menyampaikan bahwasanya ada terdapat harga promo sebanyak 3 kursi lagi, Bunga tentunya sangat gembira dong karena sudah seminggu belakangan dia mencari tiket pesawat murah belum berhasil dan sekarang harga promo tersebut ada. Namun karena waktu itu Bunga belum mendapatkan nama lengkap keponakannya, Bunga belum melakukan proses booking. Beberapa menit setelah itu, setelah Bunga mendapatkan nama lengkap keponakannya, dia kembali menelepon travel agent tersebut dan menanyakan harga tiket seperti sebelumnya, namun sayang sekali, harga tiket promo yang di idam-idamkan Bunga sebelumnya sudah tidak tersedia lagi. Namun dikarenakan keponakannya harus berangkat ke Jakarta pada jadwal tersebut, Bunga dengan berat hati dan sedih terpaksa membeli tiket dengan harga diatas harga promo sebelumnya.

Dari cerita Bunga diatas, orang awam tentu bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi. Hal ini terjadi karena sistem reservasi semua maskapai penerbangan adalah online, artinya setiap orang diseluruh dunia bisa melihat ketersedian kursi, dari kasus Bunga diatas sudah pasti harga promo tersebut sudah keduluan dibeli oleh orang lain, apalagi waktu itu kursi yang tersedia untuk harga tersebut hanya tiga kursi. Akibatnya, harga baru yang tersedia adalah harga diatas harga promo tersebut.
akibat tidak booking tiket pesawat

Solusi agar kejadian diatas yang menimpa Bunga tidak terjadi pada kawan kawan semua adalah; persiapkan terlebih dahulu nama calon penumpang sesuai dengan kartu pengenal, ketika menelpon atau langsung ke bagian reservasi tiket, jangan hanya bertanya harga saja, jika rasanya harga yang tersedia sudah cocok, segera lakukan proses booking tiket, jangan takut kalo waktu itu uang belum ada, karena BOOKING TIKET TIDAK DIKENAKAN BIAYA APAPUN. Pada saat proses booking selesai, kita akan diberikan batas waktu pembayaran oleh staff reservasi, batas pembayaran inilah waktu yang kita gunakan untuk memastikan jadwal kita, jika jadwal dan harga tiket sudah pas, maka barulah sebelum batas waktu pembayaran habis kita lakukan pembayaran, namun, jika kita belum merasa cocok dengan harga dan jadwal, atau pada jadwal tersebut ternyata kita ada halangan, maka biarkan saja bookingan tiket tersebut karena ketika batas waktu pembayaran yang diberikan habis maka reservasi yang sudah dibuat akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem reservasi dan kita tidak dikenakan biaya apapun.

Nah, bagi kawan kawan semua, jangan takut untuk melakukan proses booking hanya karena alasan waktu itu uang belum ada atau alasan lainnya, lakukan saja proses booking, dengan demikian harga yang pasti sudah ditangan dan kasus seperti Bunga diatas tidak terjadi pada kawan kawan semua.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :