Menjual atau memakai tiket pesawat orang lain

Setelah beberapa hari hunting tiket pesawat murah, akhirnya harga tiket pesawat super murah berhasil didapatkan. Hati terasa berbunga bunga karena tidak sia sia bolak balik ke travel agent mencari tiket pesawat super murah.

Namun sangat disayangkan sekali, satu hari menjelang keberangkatan anak kesayangan sakit sehingga jadwal perjalanan terpaksa dibatalkan.

Masalah sekarang muncul adalah apakah tiket murah ditangan akan dilakukan perubahan jadwal atau direfund saja ataukah bisa tiket pesawat dijual kepada orang lain.

Berhubung sudah satu hari menjelang keberangkatan, jika dilakukan pembatalan untuk refund atau dilakukan perubahan jadwal keberangkatan akan mengeluarkan biaya tambahan lagi dikarenakan biaya CF (cancellation fee) sudah besar.

Ada yang menyarankan agar tiket tersebut dijual saja kebandara daripada tiket hangus atau hanya mendapatkan 10% pengembalian uang jika dilakukan refund.

Syarat Tiket bisa digunakan terbang

Sebuah tiket pesawat bisa digunakan oleh seseorang jika sudah memenuhi ketentuan ketentuan yang berlaku dibandara dan maskapai penerbangan, syarat sebuah tiket bisa dipakai adalah sebagai berikut:

  1. Reservasi tiket terkonfirmasi.
  2. Jadwal penerbangan harus sesuai, misal jadwal ditiket tanggal 1 Januari jam 13:00, maka tiket hanya bisa digunakan pada jadwal tersebut.
  3. Nama yang tertera di tiket harus sama dengan di tanda pengenal calon penumpang.

Beberapa hal diatas wajib dipenuhi ketika akan berangkat menggunakan pesawat terbang, jika ada salah satu yang tidak terpenuhi, maka dipastikan kita tidak bisa berangkat.

Menjual tiket atas nama kita kepada orang lain

Sudah sangat jelas sekali peraturan dari setiap maskapai penerbangan yaitu nama ditiket harus sesuai dengan nama penumpang (sesuai tanda pengenal), jika nama ditiket adalah MR AHMAD, maka orang yang menggunakan tiket tersebut haruslah bernama MR AHMAD seperti tertulis pada tanda pengenalnya.

Dari peraturan tersebut jelas bahwasanya tiket yg sudah diissued/payment tidak bisa dipindah tangan ke orang lain.

Menjual tiket atas nama kita kepada orang lain bisa saja, tetapi mesti diingat, orang yang membeli tiket tersebut akan mengalami masalah ketika dibandara karena nama pada tiket yang dibelinya tidak sama dengan nama pada tanda pengenalnya.

Dampak menggunakan tiket atas nama orang lain

Sekarang kita lihat apa yang akan terjadi jika nama yang tertera ditiket berbeda dengan nama pada tanda pengenal. Masalah dan dampak yang mungkin akan terjadi adalah:

  • Pemeriksaan tanda pengenal pada saat check in, sudah barang tentu akan sia sia membeli tiket atas nama orang lain karena kita tidak akan diterima melakukan check in. Pihak maskapai penerbangan berhak menolak dan kita tidak bisa berbuat apa apa.
  • Sekalipun lolos pemeriksaan pada saat check in, pemeriksaan yang lebih ketat juga akan dilakukan kitaka kita melalui gate.
  • Terjadi kecelakaan pesawat, otomatis kita dianggap sebagai orang hilang karena nama kita tidak akan ada tercantum di data airlines. Jika sudah begini, proses klaim asuransi pun tidak akan bisa dilakukan.
  • Tidak dilakukan pemeriksaan tanda pengenal merupakan celah untuk lolosnya menggunakan tiket atas nama orang lain, makanya kita pernah mendengar atau melihat ada penumpang yg berhasil menggunakan tiket orang lain.

Konter Check In Bandara

Sebelum bisa melangkah ketahap selanjutnya untuk naik pesawat terbang, terlebih dahulu kita harus melakukan proses check in. Sama sama kita ketahui bahwa dokumen yang diperlukan pada saat check in adalah tiket elektronik dan tanda pengenal.

Pada saat check in, nama yang tertera pada tiket akan dicocokkan dengan data pada tanda pengenal, jika ternyata nama ditiket tidak sama dengan nama yang tertera pada tanda pengenal otomatis pihak maskapai penerbangan akan menolak untuk mengangkut.

Jadi dari tahap check in kita sudah bisa mendapat jawaban bahwa kita tidak bisa menggunakan tiket pesawat atas nama orang lain.

Gate Masuk di Bandara

Oke...barangkali karena ketidak telitian staff check in yang tidak melakukan pengecekan atas tanda pengenal penumpang, kita bisa mendapatkan boarding pass, tahap check in bisa kita lalui tanpa masalah dengan menggunakan tiket atas nama orang lain.

Pada saat melewati gate (pintu) masuk bandara menuju ke pesawat terbang akan ada lagi pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kemanan bandara.

Di Gate masuk pihak keamanan bandara akan meminta boarding pass yang didapat pada saat check in dan pada saat itu juga akan dicocokkan dengan tanda pengenal.

Tanda pengenal kita akan diminta kembali, disini pihak keamanan bandara sangat teliti sekali, jangan berharap mereka akan kelupaan memeriksa tanda pengenal kita.

Jika ketahuan nama diboarding pass tidak sama dengan nama pada pengenal, kita tidak akan bisa masuk menuju pesawat dan siap siap saja untuk pulang kerumah kembali atau membeli tiket baru sesuai dengan nama asli kita

Kesimpulan

Kesimpulannya, menjuat tiket pesawat atas nama orang lain atau membeli tiket pesawat atas nama orang lain memang bisa saja dilakukan, tetapi hal ini melanggar.

Usahakan agar hal seperti ini tidak kita lakukan kecuali mungkin dalam keadaan sangat terpaksa dikarenakan tiket habis sementara keberangkatan tidak bisa ditunda, namun sekali lagi hal ini sangat sangat tidak disarankan.