Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

E-Boarding Pass Airasia

Pernah dengar Boarding Pass?...ya benar sekali, boarding pass adalah sebuah dokumen yang dipergunakan sebagai pass masuk menuju pesawat udara. Setiap penumpang yang akan menaiki pesawat pasti memiliki boarding pass yang didapat sebelumnya pada saat melakukan check in. Apa perbedaan boarding pass dengan e-boarding pass? Perbedaan mendasarnya hanya dalam bentuk fisik saja, namun kegunaannya adalah sama sebagai pass masuk.

E-Boarding Pass adalah sebuah dokumen tiket/boarding pesawat tanpa kertas (elektronik) yang bisa dipakai melewati imigrasi atau keamanan bandara serta masuk kedalam pesawat. Sebagaimana halnya boarding pass, e-boarding pass didapat setelah melakukan proses check in, hanya saja e-boarding pass didapat jika kita melakukan proses check in melalui aplikasi mobile Airasia.
E-Boarding Pass Airasia

Untuk maskapai penerbangan Airasia, e-boarding pass merupakan salah satu pelayanan yang diberikan kepada penumpang untuk kenyamanan, saat ini e-boarding pass baru bisa digunakan untuk beberapa bandara seperti untuk penerbangan internasional yang berangkat dari Hong Kong, Malaysia and Thailand, untuk penerbangan domestik yang berangkat dari bandara manapun di Malaysia, Thailand serta yang berangkat dari bandara di Manila dan Jakarta.

Untuk mendapatkan e-boarding pass, kita harus melakukan check in melalui mobile (handphone), untuk memudahkan pelanggan Airasia telah dibuat aplikasi untuk iphone dan android sehingga proses check in bisa dilakukan melalui genggaman. Check in via mobile ini bisa dilakukan 14 sampai 1 hari menjelang keberangkatan oleh semua penumpang kecuali; penumpang hamil, penumpang yang membawa bayi, penumpang yang terbatas gerak (mempunyai kebutuhan khusus seperti kursi roda), penumpang yang berumur dibawah 16 tahun yang pergi sendirian, penumpang yang sakit.

Dengan adanya e-boarding pass, sesampainya dibandara kita tidak perlu lagi mencetak tiket Airasia, cukup memperlihatkan e-boarding pass airasia yang ada di handphone kita dan kita bisa langsung masuk ke gerbang pesawat airasia jika kita tidak mempunyai bagasi terdaftar. Jika kita mempunyai bagasi terdaftar, terlebih dahulu kita harus memasukkan bagasi setidaknya 60 menit sebelum memasuki gerbang pesawat.

Barangkali pernah kejadian sial alias apes, nah..pada saat sampai dibandara ternyata batere handphone lagi low dan tidak bisa diaktifkan, otomatis bingung dong ya, soalnya e-boarding ada di handphone bukan?. Jangan panik dan jangan bingung, walopun e-boarding pass tidak bisa dilihat dihandphone karena lowbatt, kita tetap bisa kok terbang menggunakan Airasia, cukup temui agen check-in Airasia di loket penyerahan bagasi, lalu staff check in Airasia akan mencetakkan tiket pesawat kita.

Harap diingat, walaupun kita sudah memiliki e-boarding pass dan tidak memiliki bagasi terdaftar, untuk menghindari keterlambatan sebaiknya tetap datang kebandara secepat mungkin karena gerbang akan ditutup biasanya 20 menit sebelum waktu keberangkatan. Jangan samapi mentang mentang udah pegang e-boarding terus datangnya lambat, nah kalo ditinggal jangan salahkan pihak maskapai penerbangan ya.,...hehehe

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :