Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Penulisan nama saat booking tiket pesawat

Dua hari yang lalu saat buka facebook terlihat ada notifikasi pesan di facebook page tiketips.com. Ternyata ada seorang teman yang menanyakan tentang cara penulisan nama saat booking tiket pesawat. Teman ini bingung bagaimana cara menulis nama ketika melakukan proses booking tiket karena namanya terdiri dari dua suku kata. Tiketips sudah menjelaskan langsung melalui pesan tersebut, namun untuk lebih menjelaskan dan agar semua kawan kawan juga mendapatkan informasi maka dengan senang hati cara penulisan nama pada saat booking tiket pesawat kami tulis disini.
penulisan nama booking

Pada saat booking tiket, setelah melakukan pencarian harga berdasarkan tanggal dan rute yang diinginkan, selanjutnya akan disuguhkan halaman untuk pengisian nama penumpang beserta data pendukung lainnya. Biasanya kebanyakan situs booking online maskapai penerbangan menyediakan dua kolom untuk nama penumpang yang terdiri dari "Title", "First Name" dan Last Name", sebagian lagi juga ada yang terdiri dari "Title", "Given Name" dan "Surname/Family Name". Secara umum keduanya adalah sama, untuk "First Name" bisa disamakan dengan "Given Name" dan untuk Last Name bisa disamakan dengan "Surname/Family Name". Sedikit catatan jika memilih bahasa indonesia, First Name adalah Nama Depan, Last Name adalah Nama Belakang, Given Name adalah Nama yang diberikan dan Surname/Family Name adalah Nama Keluarga. Kedua kolom yang diberikan tersebut tidak boleh kosong (harus diisi) jika ingin melanjutkan proses booking ketahap selanjutnya.

Sampai disini sudah pada paham tentang kolom nama yang diberikan pada saat booking tiket pesawat?. Baiklah, agar lebih bisa memahami lebih jauh lagi tiketips.com akan memberikan contoh penulisan nama penumpang saat booking tiket.
  1. Pengisian pada kolom Title/Sapaan.
    Kolom ini adalah kolom pilihan, biasanya terdiri dari MR, MRS, MS, MSTR, MISS, pemilihannya tinggal menyesuaikan dengan jenis kelamin dan status, sebagai contoh jika laki laki dewasa dipilih MR dan jika wanita dewasa dipilih MRS (jika sudah menikah) atau MS (jika belum menikah).
  2. Penulisan nama jika nama terdiri dari satu suku kata.
    Kita ambil contoh nama yaitu "ALEXANDER". Penulisan pada kolom namanya adalah, First Name: ALEXANDER dan Last Name: ALEXANDER.
  3. Penulisan nama jika nama terdiri dari dua suku kata.
    Kita ambil contoh nama yaitu "ALEXANDER AGUNG". Penulisan pada kolom namanya adalah, First Name: ALEXANDER dan Last Name: AGUNG.
  4. Penulisan nama jika nama terdiri dari tiga suku kata.
    Kita ambil contoh nama yaitu "ALEXANDER AGUNG NUGROHO". Penulisan pada kolom namanya adalah, First Name: ALEXANDER AGUNG dan Last Name: NUGROHO. Variasi lain untuk contoh nama ini bisa juga seperti First Name: ALEXANDER dan Last Name: AGUNG NUGROHO.
  5. Penulisan nama jika nama terdiri dari empat suku kata.
    Kita ambil contoh nama yaitu "ALEXANDER AGUNG NUGROHO PRIBADI". Penulisan pada kolom namanya adalah, First Name: ALEXANDER AGUNG dan Last Name: NUGROHO PRIBADI. Variasi lain untuk contoh nama ini bisa juga seperti First Name: ALEXANDER dan Last Name: AGUNG NUGROHO PRIBADI atau First Name: ALEXANDER AGUNG dan Last Name: NUGROHO PRIBADI atau First Name: ALEXANDER AGUNG NUGROHO dan Last Name: PRIBADI.
  6. Penulisan nama jika nama terdiri dari satu huruf digabung dengan satu suku kata
    Kita ambil contoh nama yaitu "ALEXANDER AGUNG N". Penulisan pada kolom namanya adalah, First Name: ALEXANDER dan Last Name: AGUNG N. Variasi lain untuk contoh nama ini bisa juga seperti First Name: ALEXANDER AGUNG dan Last Name: AGUNG N. Hal ini juga berlaku untuk nama yang di depannya satu huruf seperti A NUGRAHA dan sebagainya.
  7. Penulisan nama gabungan dari variasi nama diatas.
    Untuk variasi nama yang berbeda dari contoh diatas, pada prinsipnya penulisan tetap sama dengan syarat tiap kolom baik itu kolom First Name ataupun Last Name tidak boleh hanya terdiri dari satu huruf.
Harus diingat, penulisan nama saat booking tiket harus sesuai dan sama dengan nama yang tertera pada kartu pengenal (untuk domestik sama dengan KTP dan Internasional sama seperti tertulis di Passport), kesalahan ejaan atau kesalahan satu huruf barangkali masih bisa ditolerir pihak bandara, namun jika kesalahan penulisan nama jauh melenceng dari nama yang tertera di kartu pengenal, kemungkinan besar dan bisa dipastikan tiket tersebut tidak akan bisa dipakai untuk terbang. Jadi pastikan nama yang sudah dimasukkan benar benar sesuai dengan pengenal sebelum melakukan issued (cetak) tiket karena jika tiket sudah dicetak maka perubahan nama tidak bisa dilakukan.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :