Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Komponen Penyusun Harga Tiket Pesawat

"Pak...bisa lihatkan harga tiket pesawat dari jakarta ke denpasar?" tanya salah seorang pelanggan, "boleh pak, sebentar ya" jawab seorang staff reservasi suatu maskapai penerbangan. "Oke pak, harganya 562.000 rupiah sudah termasuk didalamnya airport tax" lanjut staff reservasi tersebut kembali. "Baiklah, kalo begitu saya pesan untuk 2 orang" kata pelanggan tersebut. Nah, tahukah kita apa saja penyusun harga tiket pesawat tersebut hingga menjadi 562.000? Ya benar sekali, dari cerita diatas kita sudah tau salah satu penyusun harga tersebut adalah airport tax, apakah ada komponen penyusun yang lain?

Basic fare sebagai komponen penyusun harga tiket pesawat

Komponen utama penyusun harga tiket adalah basic fare, bahasa umumnya adalah harga dasar. Besarnya harga dasar suatu tiket pesawat dibagi menjadi beberapa kelas dan nilainya ditentukan oleh masing masing airlines. Tiap tiap kelas mempunyai harga dasar yang berbeda beda begitu pula harga dasar untuk tiap tiap rute. Untuk rute yang berbeda bisa saja mempunyai kelas yang sama namun mempunyai harga dasar yang berbeda.

Insurance sebagai komponen penyusun harga tiket pesawat

Insurance atau asuransi pada tiket pesawat disingkat dengan IWJR. IWJR adalah Iuran Wajib Jasa Raharja dimana besar premi asuransi ini adalah 5.000 rupiah. Dengan adanya asuransi ini, maka setiap pemegang tiket berhak mendapatkan santunan senilai 50 juta rupiah jika terjadi kecelakaan udara hingga akhirnya meninggal dunia.

Goverment Tax sebagai komponen penyusun harga tiket pesawat

Komponen penyusun harga tiket selanjutnya adalah goverment tax alias pajak pemerintah. Setiap tiket pesawat dikenakan pakai yang nantinya akan disetorkan ke pemerintah. Besarnya pajak pada tiket pesawat adalah senilai 10 persen dari basic fare.

Airport tax sebagai komponen penyusun harga tiket pesawat

Airport tax sebagai salah satu komponen penyusun harga tiket sudah dimulai sejak tahun 2014, namun saat itu belum semua maskapai penerbangan menerapkannya. Sejak 1 maret 2015 semua maskapai penerbangan sudah menerapkan dan memasukkan airport tax sebagai salah satu komponen penyusun harga tiket. Besar airport tax untuk tiap tiap bandar udara berbeda beda, sebagai contoh untuk bandar udara cengkareng jakarta adalah 40.000.
harga tiket

Nah, dari ke empat komponen tersebut dijumlahkan dan didapatlah harga yang harus kita bayar saat pembelian tiket pesawat. Agar lebih mudah dipahami berikut salah satu contoh, kita ambil harga tiket Garuda Indonesia dengan rute Jakarta ke Pekanbaru untuk kelas V adalah 1.220.900...komponen penyusun harga ini adalah basic fare sebesar 1.069.000, insurance sebesar 5.000, goverment tax sebesar 106.900 dan airport tax sebesar 40.000, jika ditotalkan keseluruhan komponen ini yaitu 1.069.000 + 5.000 + 106.900 + 40.000 maka didapat harga tiket sebesar 1.220.900, itulah jumlah yang harus dibayarkan untuk tiket garuda dengan rute jakarta ke pekanbaru kelas V.

Sekarang udah pada tahu kan apa apa saja yang kita bayar saat membeli tiket...moga moga ilmu kita makin bertambah ya...bagi yang sebelumnya udah tahu jangan pelit pelit buat beritahu kepada teman teman yang belum tahu yaa...hehehe

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :