Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Istilah Umum Tiket Pesawat

Apa kabar kawan kawan tiketips.com semua? semoga selalu sehat walafiat dan tidak kurang suatu apapun ya. Namun bagi yang sedang sakit mari kita doakan bersama sama agar segera mendapatkan kesembuhan dan bisa beraktifitas seperti sediakala. Amiin.. Berhubung kepadatan lalu lintas pekerjaan sedang sepi (hehehe...kayak dijalan besar aja ya..), tiketips.com jadi teringat pertanyaan seorang pelanggan tentang CF alias Cancellation Fee atas tiket pesawat yang hendak dibatalkannya. Memang ada beberapa istilah untuk tiket pesawat yang tidak semua orang tahu maksud dan artinya, nah karena itu kesempatan ini akan dijelaskan sedikit banyak tentang istilah umum pada tiket pesawat.
Istilah Umum Tiket Pesawat

Payment

Istilah payment pada tiket pesawat adalah pembayaran tiket, semua udah tahu payment itu dari bahasa inggris yang berarti pembayaran bukan?..hehehe. Payment dilakukan pada saat tiket sudah diterbitkan, jangan suka ngutang dulu yaa..langsung payment aja.. :).

Void

Pernah baca Refund dan Void Tiket Pesawat kan?...ya bener sekali, void adalah batal, harus diingat, batal disini berbeda dengan pembatalan untuk rebook atau refund. Void terjadi karena adanya kesalahan issued tiket, berhubung saat ini semua airlines sudah memakai e-tiket, maka istilah void untuk beberapa airlines sudah tidak ada lagi kecuali untuk internal airlines sendiri.

Rebook

Rebook tiket pesawat adalah perubahan jadwal penerbangan baik itu maju atau mundur dari tanggal keberangkatan atau dari jam terbang. Misalnya si A telah memiliki tiket dengan tanggal terbang 13 maret, namun karena suatu hal ingin dimundurkan menjadi tanggal 14 maret, maka ini disebut dengan rebook.

Issued

Issued tiket bisa diartikan sebagai penerbitan suatu tiket pesawat terbang. Setelah melakukan reservasi dan tiket ingin diambil, maka terlebih dahulu tiket harus di issued, yang melakukan proses issued tiket adalah dari pihak airlines atau travel agent.

Reissued

Perbedaan reissued dengan issued adalah, reissued tiket adalah proses penerbitan tiket baru dengan menggunakan tiket lama. Misalnya si A yang tadinya melakukan rebook ke tanggal 14 maret sebelum tiket barunya bisa dipake pada tanggal itu harus dilakukan reissued terlebih dahulu. Biaya re issued ini tergantung dari kelas yang tersedia dan kebijakan tiap maskapai penerbangan untuk biaya pembatalan tiket lamanya.

Refund

Seperti yang sudah pernah ditulis di Refund dan Void Tiket Pesawat sebelumnya, refund adalah pengembalian sejumlah uang kepada penumpang karena adanya pembatalan atas tiket pesawat, refund bisa berupa refund full atau refund dengan pemotongan biaya tertentu.

Endorsement

Endorsement adalah pengalihan tiket pesawat dari maskapai satu kemaskapai penerbangan lainnya, tiket yang mempunyai fasilitas seperti ini adalah tiket internasional dan maskapai penerbangan penerbit tiket tersebut telah bekerjasama dengan maskapai lainnya dengan perjanjian perjanjian tertentu.

Reroute

Reroute tiket adalah proses perubahan tiket pesawat dimana perubahan dilakukan terhadap rutenya, misalnya rute tiket awal adalah jakarta ke manado ingin dirubah dari jakarta ke denpasar. Untuk diingat, tidak semua tiket bisa menggunakan fasilitas ini dan tidak semua airlines menggunakan fasilitas ini.

Cancellation Fee

Cancellation fee, biasa disingkat CF adalah biaya yang dikeluarkan ketika kita melakukan pembatalan tiket pesawat. Cancellation fee ada pada saat kita melakukan reissued atau refund. Biaya cancellation fee untuk masing masing airlines bisa berbeda, sebagai contoh maskapai Lion Air bisa dilihat di Rebook dan Refund Tiket Lion Air

Upgrade

Upgrade tiket terjadi jika kita melakukan rebook atau reissued, pada saat reissued kelas yang sama untuk jadwal baru tidak tersedia lagi sehingga harus dinaikkan ke kelas diatasnya, upgrade juga bisa terjadi karena aturan kelas pada tiket itu sendiri dimana setiap ingin melakukan perubahan jadwal tetap harus dipindah ke kelas yang lebih tinggi, biasanya ini untuk tiket promo.

Fare

Fare tiket adalah harga dasar tiket sebelum ditambah dengan airport tax, asuransi dan pajak pemerintah. Besar fare bisa dilihat pada lembaran print out tiket.

Insurance

Sama halnya dengan fare, insurance atau asuransi juga bisa dilihat ditiket jumlahnya, setiap tiket pesawat sudah termasuk didalamnya asuransi. Biasanya besar asuransi ini adalah Rp. 5000 per rute penerbangan.

Tax

Semua pasti udah tau apa itu tax bukan?. Tax itu adalah pajak, pajak disini nantinya akan disetor kepemerintah. Besarnya jumlah pajak yang harus dibayar untuk tiap tiket adalah 10 % dari fare (harga dasar). Jumlah ini tentunya juga bisa dilihat di tiket.

Airport Tax

Satu lagi nih pajak, airport tax adalah pajak bandara, sekarang ini sudah hampir semua maskapai penerbangan memasukkan airport tax kedalam harga tiket, artinya pada saat dibandara kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang atau repot repot membayar airport tax.

Booking Code

Nah ini sangat penting, booking kode adalah kombinasi angka atau huruf yang unik alias berbeda satu sama lain untuk tiap tiket yang diterbitkan, kode booking berguna untuk memanggil data tiket dari database airlines, arti kata booking kode itu adalah ibarat anak 1.kunci

Itinerary

Itinerary pada tiket pesawat adalah rute dan jadwal penerbangan yang tertera pada tiket, itinerary ini berupa dari dan kemana tiket bisa dipakai, jam berapa keberangkatan dan jam berapa estimasi sampai ketujuan serta kapan (tanggal) jadwal keberangkatannya.

Special Services Request

Special Services Request atau SSR adalah permintaan khusus dari penumpang pemegang tiket pesawat, misalnya permintaan makanan tertentu dipesawat, permintaan kursi roda, tabung oksigen dan lain lain.

Connecting

Connecting adalah menghubungkan, artinya adalah tiket pesawat yang menggunakan fasilitas transit atau persinggahan sebelum terbang lagi ketujuan aslinya. Contoh tiket connecting misalnya tiket dengan rute pekanbaru ke denpasar, nah pada tiket ini akan kita lihat tertulis rutenya adalah pekanbaru jakarta dan jakarta denpasar, jakarta disini berfungsi sebagai kota transit atau persinggahan.

Departure dan Arrival

Departure adalah keberangkatan dan arrival adalah kedatangan.

Dari sekian banyak istilah diatas, ada beberapa seperti refund, endorsement, reroute, cancellation fee bisa kita temukan diperaturan tiket, biasanya pada printout tiket tertera disana, jika kita sebagai pembeli merasa ragu atau ingin tahu apa saja aturan yang berlaku pada tiket pesawat yang dibeli, bisa ditanyakan langsung pada saat pembelian tiket itu.

Untuk sementara itu dulu ya istilah istilah pada tiket pesawatnya, barangkali masih ada lagi yang lain, namun baru itu saja yang teringat dan terbayang tiketips.com, ntar kalo ada lagi bakalan di update deh...hehehe, oya..mana tahu dari teman teman punya masukan, kritik dan saran, jangan lupa atuh hubungi kami ya...tahukan dimana?..itu tuh di halaman Forum

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :