Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Hapus tiket pesawat murah, apakah solusi ?

Belakangan ini sedang hangat hangatnya diberitakan tentang penghapusan tiket pesawat murah. Kebijakan penghapusan tiket pesawat murah ini berasal dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Tujuan Jonan menghapuskan harga tiket murah ini adalah untuk mempertahankan unsur keselamatan dengan baik. Namun seperti yang kita baca dimedia, banyak pro dan kontra mengenai kebijakan ini. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa kebijakan dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ini dirasa tidak tepat karena keselamatan tidak bisa dijamin dengan dihapusnya harga tiket murah.
hapus tiket pesawat murah

Pertanyaan mengenai kebijakan ini adalah: Apakah penghapusan tiket pesawat murah merupakan solusi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pesawat?. Kita tahu bahwasanya saat ini banyak Low Cost Carrier (penerbangan biaya rendah) yang ditawarkan beberapa airlines atau maskapai penerbangan sebagai sarana promosi untuk menarik pelanggan, harga yang ditawarkan menurut pemikiran kita tidak masuk akal, bayangkan saja ada harga tiket yang lebih murah dari harga tiket bus dengan rute yang sama, tetapi apakah ini yang menjadi penyebab kurangnya perhatian terhadap keselamatan perjalanan?

Harga tiket pesawat murah (promo)

Harga tiket pesawat promo (murah) adalah sebagai sarana promosi dan penarik pelanggan bagi sebuah maskapai penerbangan. Harga tiket murah ini pun biasanya hanya dikeluarkan pada saat low season (musim sepi/sunyi) saja, artinya harga tiket murah tidak setiap waktu ada. Pada saat high season harga tiket promo ini tidak akan kita jumpai dan tidak akan dijual oleh maskapai penerbangan, artinya pada saat tersebut tidak ada yang namanya tiket pesawat murah.

Mungkin kita bertanya tanya, jika airlines menjual tiket murah bahkan super murah, apa airlines tidak takut rugi?. Dalam bisnis tidak ada pengusaha yang mau rugi, penyedia jasa angkutan udara juga merupakan pebisnis yang tentunya tidak akan mau rugi. Harus kita ketahui, harga tiket pesawat bukanlah seperti harga tiket bus yang sama rata untuk posisi bangku mana saja, harga tiket pesawat terdiri dari kelas bisnis, ekonomi dan promo, nah dikelas bisnis, ekonomi dan promo itupun masih ada lagi pembagian harga tiket. Jika pihak maskapai penerbangan menjual harga tiket murah, bukan berarti untuk semua kursi harga tiketnya adalah sama, jika dipesawat tersebut terdapat 200 kursi, bisa jadi harga tiket murah (promo) hanya untuk 10 kursi saja, artinya maskapai penerbangan tidak akan rugi karena masih ada kursi kursi lain dengan harga tiket lebih tinggi untuk menutupi harga tiket murah tersebut.

Hapus tiket murah untuk meningkatkan keselamatan apakah solusi?

Keselamatan bukan didapat dari harga tiket mahal, pemegang tiket murah juga bukan berarti tidak akan mendapatkan keselamatan. Kita ambil contoh peristiwa memilukan beberapa waktu lalu dimana pesawat airasia QZ8501 menghilang dan mulai ditemukan dilaut, apakah semua penumpang di dalam pesawat tersebut adalah pemegang tiket murah? jawabnnya tentu tidak, nah bagaimana dengan penumpang yang menggunakan tiket mahal pada penerbangan tersebut? apakah menjamin mereka mendapatkan keselamatan?

Harga tiket bukanlah harga cabe, dimana harga cabe yang murah mendapatkan kualitas cabe yang jelek dan harga cabe mahal mendapatkan kualitas cabe terbaik, didunia penerbangan untuk pemegang tiket murah dan tiket mahal tidak ada perbedaan, tidak ada istilah pemegang tiket murah mendapatkan pesawat jelek dan pemegang tiket mahal mendapatkan pesawat bagus, keduanya tetap naik ke pesawat yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa keselamatan bukanlah tergantung dari murah atau mahalnya tiket pesawat terbang. Keselamatan memang urusan Yang Maha Kuasa (Allah SWT), tetapi manusia disuruh untuk berusaha bukan?..Nah apa usaha yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pesawat? Jawabannya adalah peraturan dan ketegasan terhadap penegakan peraturan tersebut. Pemerintah harus membuat peraturan yang benar benar jelas dari segala sisi untuk penerbangan komersial, jika sebelumnya peraturan ini sudah ada maka penegakan peraturan yang harus dipertegas. Misalnya jika seorang pilot harus mengikuti breafing sebelum menerbangkan pesawatnya dan ternyata si pilot tidak melakukannya, maka pihak bandara harus melarang untuk terbang, begitu pula dengan aturan aturan lainnya. Jika semua peraturan ini ditegakkan dengan sebenar benarnya, sekalipun pihak maskapai menjual tiket super murah bahkan gratis sekalipun, kecelakaan akan dapat diminimalisir, begitu juga sebaliknya, walaupun harga tiket mahal namun peraturan tidak ditegakkan maka kecelakaan akan selalu mengintai.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :