Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Cara menyusun paket tour ala tiketips.com

Selamat pagi, siang atau malam buat semua kawan kawan pengunjung setia tiketips.com dimanapun berada, hehehe...apa kabarnya? semoga tetap sehat selalu yah. Oya, kemarin (05 Jan 2015) ada nih salah satu teman komentar di Google+ menanyakan tentang cara menyusun paket tour, nah mumpung ada kesempatan tiketips mau sharing mengenai hal ini dengan kawan kawan semua. Catatan nih, tulisan ini bukan untuk para master yang tiap hari berkutat dibidang tour yah, ini buat yang masih galau dalam menyusun paket tour aja..hehe

Bagi kawan kawan yang baru mulai merintis dua traveling atau siswa/mahasiswa jurusan pariwisata yang sedikit bingung dalam menyusun paket tour barangkali tulisan ini bisa sedikit membuka pikiran. Mungkin tulisan ini masih banyak kekurangan, tetapi harapan kami dengan adanya tulisan ini sedikit banyaknya dapat membantu kita semua dalam menyusun paket tour.
menyusun paket tour

Seperti sudah pernah ditulis sebelumnya tentang perbedaan antara biro perjalanan wisata dengan agen perjalanan wisata, penyelenggara dan penyusun paket tour adalah biro perjalanan wisata, sedangkan yang menjalankannya bisa dari biro itu sendiri ataupun dijalankan oleh agen perjalanan. Menyusun paket tour adalah salah satu kegiatan pokok suatu Biro perjalanan wisata yang nantinya akan dipublikasikan dan dijual kepada agen perjalanan atau langsung kepada wisatawan.

Baiklah, sebelum masuk ke cara menyusun paket tour, ada baiknya terlebih dahulu untuk tahu beberapa jenis paket wisata untuk mempermudah dalam pemilihan paket wisata apa yang akan disusun dan banyak diminati para wisatawan. Untuk jenis jenis paket wisata silahkan baca di beberapa jenis paket wisata (tentunya dalam bahasa tiketips.com dong..hehe).

A. Menentukan jenis paket wisata yang akan dibuat

Pertama dan utama sekali dalam menyusun paket tour adalah menentukan jenis paket tour, silahkan melakukan penelitian dari sekian banyak jenis paket tour, kira kira jenis paket tour mana yang banyak diminati oleh wisatawan. Untuk wisatawan umum tentunya jenis paket wisata yang cocok adalah paket wisata rekreasi. Jenis paket tour formal biasanya berasal dari instansi pemerintah.

B. Membuat draft daftar perjalanan wisata

Sebagai langkah awal dalam menyusun rencana perjalanan wisata, terlebih dahulu dibuat draft perjalanan secara garis besar, draft ini nantinya akan berguna dalam menyusun itinerary lengkap perjalanan wisata. Susunlah tempat tempat wisata yang akan dikunjungi secara berurutan. Nih sebagai contoh misalnya draft paket wisata ke Lombok:
Daerah Asal --- Banyumulek --- Taman Narmada --- Cakranegara --- Sekarbela --- Gili Trawangan --- Sukarara --- Sade --- Pantai Kute --- Pantai Tanjung Aan --- Daerah Asal
Daerah daerah wisata yang akan dikunjungi dan seberapa banyak daerah wisata yang akan dikunjungi tergantung dari kita yang menyusun atau permintaan dari wisatawan.

C. Membuat jadwal perjalanan wisata

Sebuah paket tour haruslah sudah terjadwal dengan baik, jadwal paket tour yang sudah dibuat selain sebagai panduan dalam menjalankan tour itu sendiri, juga sebagai perjanjian antara penyedia paket tour dengan wisatawan sebagai pembeli. Dengan adanya jadwal (itinerary) ini, perjalanan wisata akan terorganisir dan wisatawan kita sebagai penyelenggara wisata bisa tegas terhadap wisatawan yang mencoba melenceng dari jadwal tour yang sudah dibuat.

Patokan dalam membuat jadwal perjalanan lengkap berawal dari draft yang kita buat sebelumnya. Tentukan jadwal keberangkatan dari daerah asal mulai dari tanggal keberangkatan dan jam keberangkatan. Penting untuk diperhatikan adalah waktu tempuh dari suatu tempat ketempat lainnya, hal ini berguna untuk menyesuaikan waktu untuk tiap tiap daerah wisata yang akan dikunjungi.

Akomodasi dan konsumsi selama tour tidak bisa ditinggalkan, carilah penginapan atau hotel yang terdekat begitu pula dengan tempat makan. Sesuaikan jadwal check in dan check out hotel dan jangan lupa waktu makan jangan sampai terpakai untuk kegiatan yang lain. Dari draft yang dibuat sudah bisa kita atur waktu untuk tiap tiap daerah wisata, kapan waktu masuk penginapan, waktu makan dan lainnya.

Jadwal perjalanan wisata (itinerary) yang sudah diatur bisa dibuat dalam bentuk uraian yang menjelaskan jadwal wisata beserta uraian singkat mengenai perjalanan. Berikut contoh itinerary paket wisata ke Lombok:
Berkumpul di daerah asal menuju Lombok-Mataram. Tiba di Bandara Salaparang Mataram,selanjutnya makan siang di Rumah Makan TALIWANG IRAMA, restoran yang terkenal dengan menu khas AYAM TALIWANG. Acara selanjutnya adalah tour mengunjungi BANYUMULEK pusat pembuatan gerabah, TAMAN NARMADA, CAKRANEGARA, SEKARBELA pusat pandai emas dan mutiara. Setelah acara tour selesai , makan malam dan menuju hotel untuk check-in dan istirahat.

Mengunjungi keindahan bawah laut, Gili Trawangan. Di sini dapat menikmati segala macam permainan water sport, mulai snorkeling, jet Ski, Banana Boat, Diving, dan lain-lain (dengan biaya sendiri), atau dapat menikmati keindahan sepanjang Pantai Trawangan dengan menyewa sepeda atau sering disebut orang dengan sebutan “Cidomo” delman sederhana yang ditarik seekor kuda yang lucu. Sore hari kembali ke Lombok, makan malam dan istirahat di hotel.

Setelah sarapan pagi di hotel acara tour dilanjutkan ke daerah Selatan Pulau Lombok dan mengunjungi SUKARARA pusat pembuatan kain tenun tradisional, kemudian ke SADE rumah khas suku Sasak. Setelah makan siang, mengunjungi PANTAI KUTE serta PANTAI TANJUNG AAN. Sore hari kepusat perbelanjaan khas oleh-oleh lombok, membeli baju kaos lombok dan makanan khas Lombok. Makan malam dan kemudian kembali kehotel untuk beristirahat.

Setelah sarapan pagi dihotel, acara bebas sampai tiba waktunya penjemputan untuk ditransfer kembali ke airpot Selaparang untuk perjalanan pulang ke daerah asal.
Untuk pengaturan waktu bisa dibuat Run Down. Run down adalah daftar itinerary lengkap yang berisikan pembagian jam, tempat, uraian serta keterangan. Contoh penggalan run down untuk paket tour ke Lombok:

HARI JAM URAIAN KETERANGAN
TGL
KAMIS 09.30-10.30 Berkumpul di Bandara Daerah Asal
15-Jan-15 10.30-11.00 Proses check in bandara

11.00-11.25 Boarding Pesawat

11.25-12.25 Arrival di Lombok

13.25-14.00 Proses Bagasi

14.00-14.30 Perjalanan ke Restaurant Makan Siang

14.30-15.15 Makan siang di Taliwang restaurant dan sholat zhuhur/jamak Ashar Ishoma

15.15-19.30 Perjalanan ke Banyumulek, Narmada, Cakranegara dan Sekarbela

19.30-20.30 Makan malam steambot seafood di local restaurant

20.30-21.00 Perjalanan ke Hotel dan check in hotel untuk beristirahat

D. Menghitung harga paket tour

Setelah jadwal itinerary paket tour selesai, kini saatnya untuk menentukan harga paket tour yang baru saja dibuat. Hitung dengan teliti semua item pada paket tour tersebut seperti hotel, tiket pesawat, tiket bus, tiket masuk objek wisata, biaya makan dan sebagainya, teliti dengan benar jangan sampai ada yang ketinggalan atau salah hitung karena hal tersebut akan merugikan kita sendiri. Setelah keseluruhan biaya didapat, tentukan berapa besar keuntungan yang akan diambil sebelum harga paket tour tersebut dipublikasikan. Menghitung biaya paket tour bisa dibaca di cara menghitung harga paket tour.

Langkah terakhir adalah memasarkan paket tour yang sudah kita buat, caranya bisa dengan menawarkan kepada agen agen perjalanan, memasang iklan dimedia sosial atau koran dan sebagainya. Demikianlah cara menyusun paket tour ala tiketips.com, barangkali masih ada kekurangan bisa dikembangkan sendiri. Barangkali setelah membaca ini, pikiran yang awalnya galau bisa terbuka kembali untuk menyusun paket tour sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :