Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Antara cancel flight, delay dan emosi

Pernah kita melihat di televisi berita tentang terjadinya pembatalan penerbangan ataupun terjadinya delay penerbangan oleh suatu Airlines diikuti dengan kemarahan para penumpang, mungkin juga dari pengunjung sekalian pernah mengalami hal serupa dimana rencana perjalanan yang sudah diatur harus berubah atau diundur dikarenakan penerbangan dibatalkan oleh pihak maskapai penerbangan atau barangkali mengalami keterlambatan keberangkatan (delay). Saya yakin setiap penumpang akan emosi jika hal ini terjadi, ada calon penumpang yang bisa menahan emosi dan ada pula yang langsung melabrak petugas maskapai penerbangan.

Pantaskah kita emosi ketika pesawat batal atau delay?

Yang namanya merasa dirugikan semua orang pasti ada rasa emosi, tapi apakah penyebab perasaan dirugikan ini murni kesengajaan ataukah dikarenakan faktor lain. Dalam hal jadwal penerbangan yang mengalami perubahan alias delay ataupun terjadinya pembatalan penerbangan sebaiknya perlu ditelusuri dulu penyebabnya sebelum kita emosi kepada pihak maskapai penerbangan. Pernah kita melihat ditelevisi dimana calon penumpang menumpahkan segala emosinya dengan menyalahkan maskapai penerbangan, tak jarang sampai keluar kata kata pedas pada saat itu, sebagai orang awam yang melihat tentunya akan menimbulkan persepsi bahwa maskapai penerbangan tidak becus melayani pelanggannya, apakah persepsi ini benar?
Antara cancel flight, delay dan emosi

Pantas atau tidaknya seseorang emosi saat delay atau cancel flight tergantung dari penyebab terjadinya delay dan cancel flight tersebut, jawabannya bisa pantas ataupun tidak, untuk jelasnya silahkan lanjut baca yaaa...hehehe

Faktor penyebab penerbangan batal atau delay.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya delay pesawat dan pembatalan penerbangan. Pertama bisa disebabkan karena faktor cuaca, cuaca memang sangat menentukan dalam penerbangan, cuaca yang buruk akan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat, nah untuk mengantisipasi hal ini pihak maskapai penerbangan akan melakukan perubahan jadwal atau bahkan membatalkan penerbangan untuk menjaga keselamatan para penumpangnya.

Penyebab kedua bisa disebabkan adanya kerusakan pada pesawat yang harus diperbaiki terlebih dahulu, bayangkan saja jika pesawat yang tidak layak terbang tetap dipaksakan beroperasi...kemungkinan besar kecelakaan akan terjadi bukan? Ada segelintir omongan yang mengatakan; kalo tau pesawat rusak kenapa tetap menjual tiket? Kita semua tahu kerusakan bukanlah kehendak kita semua, maskapai penerbangan juga tidak akan mau pesawatnya rusak karena biaya perbaikan tentu sangat mahal, tetapi namanya buatan manusia kapan aja bisa rusakkan?

Ketiga penyebab terjadinya pembatalan penerbangan ataupun delay adalah dikarenakan sedikitnya jumlah penumpang pada penerbangan tersebut sehingga penerbangan dibatalkan dan dipindahkan pada penerbangan selanjutnya. Barangkali ini dilakukan oleh maskapai penerbangan untuk mengantisipasi biaya operasional.

Penyebab ke empat adalah maskapai penerbangan yang membuka rute penerbangan baru sedangkan izin terbang untuk rute baru tersebut belum ada, penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket menjadi terbengkalai karena maskapai ini ketahuan belum memiliki izin terbang sehingga penerbangan dibatalkan.

Dari keempat penyebab terjadinya delay dan pembatalan penerbangan hasil pengamatan kami diatas bisa disimpulkan penyebab mana yang memang pantas membuat marah calon penumpang dan penyebab mana yang diperlukan pengertian penumpang untuk bersabar dan berbesar hati. Penyebab pertama dan kedua tentunya dapat dimengerti karena bertujuan untuk keselamatan penumpang, namun penyebab ke tiga dan ke empat menurut kami sendiri tidak bisa ditolerir, bagaimana tidak, jika memang penumpang pada musim itu tidak banyak kenapa harus membuka jadwal penerbangan yang banyak? Begitu juga jika izin belum dikantongi kenapa masih saja berani menjual tiket untuk rute yang jelas jelas belum ada izin?

Emosi memang kadang sulit untuk kita kontrol, apalagi menyangkut suatu hal yang kita rasa merugikan, tetapi sebagai manusia yang mempunyai pikiran yang jernih tentunya kita bisa mengerti dengan situasi penyebab emosi tersebut. Pantaskah kita emosi yang berlebihan atau tidak, apakah dengan emosi bisa menyelesaikan masalah atau tidak kitalah yang bisa menilai dengan hati yang jernih dan tenang. Marilah saling mengerti, maskapai penerbangan mengerti dengan kewajibannya dan calon penumpang juga bisa mengerti dengan kekurangan maskapai penerbangan disaat saat tertentu.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :