Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Cara web check in Airasia

Web check in Airasia adalah salah satu fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh Airasia kepada pelanggan setianya untuk melakukan check in sendiri melalui internet. Web check in Airasia bisa dilakukan 14 hari sampai 4 jam menjelang jadwal keberangkatan. Namun sebelum melakukan proses web check in airasia, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apakah kita bisa melakukan web check in atau tidak.

Untuk web check in airasia, beberapa hal dibawah ini tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas web check in airasia, berikut hal hal yang tidak diperbolehkan:
  • Penumpang hamil
  • Penumpang yang bepergian dengan bayi
  • Penumpang dengan keterbatasan gerak dan mereka yang berkebutuhan khusus
  • Penumpang yang bepergian sendiri berusia di bawah 16 tahun
  • Penumpang dengan kondisi medis/penyakit
Jika kita lulus dari syarat diatas, maka silahkan lanjut untuk melakukan web check in, langkah langkah web check in airasia tersebut adalah:

Pertama dan utama tentunya mempersiapkan seperangkat alat sholat..eh salah, emang mau ijab kabul hehehe..maksudnya mempersiapkan seperangkat komputer lengkap dengan printernya serta telah terhubung dengan internet, jangan lupa kopi juga bagi pecandu kopi :)

Langkah pertama adalah membuka web site airasia untuk check in, alamat website adalah http://checkin.airasia.com/chkin/step1.aspx?langId=1&lang=EN. Salah satu bagian halaman pertama yang muncul seperti gambar dibawah ini.

airasia web check in
Masukkan data pada kolom yang tersedia dengan benar sesuai dengan data tiket airasia. Jika sebelumnya sudah melakukan web check in untuk tiket tersebut, maka kita bisa melakukan print ulang boarding pass dengan menekan tombol "Reprint", namun jika baru ingin melakukan proses check in, tekan tombol "Check-In" untuk melanjukan ketahap berikutnya.

Jika data yang dimasukkan benar, maka halaman selanjutnya akan memperlihatkan detail penerbangan (kurang lebih seperti gambar dibawah).

web check in airasia

Beri tanda centang pada penerbangan dan nama penumpang yang akan di check in, isi data yang diminta dengan benar sesuai dengan tanda pengenal nama yang tertera (berdasarkan KTP atau Passport, tergantung data yang diminta).

Untuk melanjutkan prose web check in, tekan tombol "Lanjutkan". Selanjutnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini pada halaman berikutnya.

web check in airasia

Lanjutkan proses web check in dengan menekan tombol "Lanjutkan". Selanjutnya kita akan diberi pilihan untuk memasukkan email dimana boarding pass akan dikirim ke alamat email tersebut, tampilan bisa dilihat seperti gambar ini.

web check in airasia
Kembali tekan tombol "Lanjutkan" setelah mengisi alamat email (alamat email boleh dikosongkan). Tampilan halaman berikutnya sebelum mendapatkan boarding pass adalah:

web check in airasia

Selangkah lagi mendapatkan boarding pass. Beri tanda centang dan lanjutkan dengan menekan tombol "Lanjutkan". Halaman berikutnya adalah halaman yang menampilkan boarding pass kita.

web check in airasia boarding pass

Jangan lupa untuk mencetak boarding pass tersebut karena akan berguna pada saat dibandara nantinya. Gimana? gampang bukan? gak sampai habis secangkir kopi dan sebatang rokok boarding pass udah bisa dicetak...hehehe.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :