Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Cara Booking Group Airasia

Sambil menunggu beberapa nama penumpang yang mengalami pergantian untuk keberangkatan ke Bandung menggunakan maskapai penerbangan Airasia, dengan ditemani segelas kopi Good Day Cappucinno, ada baiknya juga berbagi pengalaman tentang tata cara pengajuan group booking airasia, siapa tahu ada diantara kawan kawan travel agent yang masih galau ataupun kawan kawan dari instansi atau kawan kawan pengunjung setia tiketips.com yang berencana berangkat rombongan menggunakan maskapai penerbangan Airasia. Oh iya, hampir lupa, pemesanan group hanya bisa dilakukan jika jumlah penumpang lebih dari 10 orang.
Group booking Airasia

Sebenarnya untuk travel agent sudah ada fasilitas group booking pada portal mereka, namun saat ini fasilitas tersebut baru tersedia untuk group booking Airasia dengan penerbangan selain QZ (QZ adalah sign kode untuk airasia indonesia). Artinya saat ini fasilitas group booking di portal agent hanya bisa untuk pemesanan rute internasional atau selain rute domestik indonesia. Untuk pemesanan group rute domestik saat ini bisa dilakukan melalui telepon atau email ke group desk Airasia.

Jadwal kerja, Email dan Telepon untuk pemesanan Group Airasia

Untuk mengajukan permohonan group (baik itu oleh travel agent, instansi, perusahaan atau perorangan) bisa menghubungi nomor telepon petugas group Airasia ke +6221- 29 850 850. Selain pemesanan via telepon, Airasia juga menerima group booking melalui email ke iaa_groupdesk@airasia.com. Harus diingat ya, jam operasional mereka adalah hari Senin sampai dengan hari Jumat mulai jam 9.00 AM sampai jam 18.00 WIB, hari Sabtu jam 9.00 AM sampai jam 14.00 WIB dan untuk hari Minggu dan libur nasional Airasia tidak buka.

Cara pemesanan group booking Airasia

Cara pemesanan group booking Airasia melalui telepon yaitu dengan menelepon ke nomor diatas, nanti kita akan dilayani oleh salah seorang staff Airasia yang menangani masalah group. Informasikan kepada mereka rute penerbangan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang, mereka akan memberikan penawaran harga kepada kita. Jika kita memesan melalui email, dalam email tersebut tuliskan seperti halnya pada pemesanan group airasia melalui telepon diatas, pihak group desk Airasia akan memberikan penawaran harga dengan membalas email kita tersebut.

Setelah penawaran harga diberikan oleh Airasia, jika kita tidak setuju bisa langsung menolaknya, namun jika setuju sesuai dengan jadwal yang diminta dan setuju dengan ketentuan pembayaran maka saat itu langsung dilakukan pembayaran service fee menggunakan kartu kredit. Untuk pembayaran selanjutnya, pihak Airasia akan memberikan informasi selanjutnya.

Cara pembayaran group booking Airasia

Pembayaran ini adalah pembayaran untuk pelunasan group, jika pihak Airasia tidak menerima pelunasan dalam waktu yang sudah mereka tentukan, maka airasia berhak membatalkan pemesanan group dan service fee yang sebelumnya dibayar tidak bisa dikembalikan.

Pembayaran pelunasan bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun tunai. Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit (Mastercard atau Visa) bisa langsung menghubungi nomor telepon group desk seperti tertulis diatas. Sedangkan untuk pelunasan pembayaran tunai, kita harus melakukan penyetoran ke nomor rekening Airasia (nomor rekening bisa ditanyakan ke group desk Airasia) dengan keterangan "GRP TRAVEL ANDA" atau "GRP PT. ANDA" atau "GRP INSTANSI ANDA". Setelah melakukan setoran tunai, kita lakukan konfirmasi kepada Airasia dengan mengirimkan email bukti scan slip setoran (biasanya sebelum jam 14.00 siang).

Sekedar informasi kita semua, jika transaksi harga tiket dalam mata uang asing (misalnya Ringgit, Dollar Singapore) maka Airasia akan melakukan konversi ke mata uang Rupiah sesuai dengan konversi rate yang berlaku di Airasia pada saat akan melakukan pembayaran.

Setelah semua pelunasan selesai, kita akan diminta memberikan daftar nama penumpang group yang telah fixed, nama nama penumpang group harus kita kirimkan sebelum batas waktu yang mereka berikan. Setelah semuanya lengkap dan selesai, Airasia akan mengirimkan itinerary tiket kepada kita yang nantinya berguna untuk proses check in pada saat jadwal keberangkatan. Oh iya, Airasia juga akan memberitahukan atau mengirimkan kepada kita syarat dan ketentuan group booking tersebut (berisikan tentang jadwal pembayaran, perubahan nama, biaya biaya perubahan dan ketentuan group booking lainnya).

Ribet ya?...hehehe...gak kok, kalo tidak banyak perubahan akan mulus semulus mulusnya urusan :). Gak terasa kopi pun habis, kebetulan si Bos lewat, pas ditanyain tentang penumpang yang mau diganti tadi ternyata udah diemail sendiri sama Bos, yaaa..kalo gitu siap siap buat pulang aja lagi. Oke, thanks udah mampir kesini :)

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :