Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Tiger Mandala Tutup mulai 1 Juli 2014

Mandala Tiger Tutup
Tadi malam (18 Juni 2014) sedang asyik asyik nonton TV tiba tiba terdengar notifikasi email dari smartphone jelekku. Alangkah terkejutnya ketika membuka isi email yang berasal dari Mandala Tiger tersebut. Isi email tersebut menyatakan bahwasanya mulai tanggal 1 Juli 2014 Mandala Tiger tidak beroperasi lagi alias tutup. Pikiran melayang mengingat ingat apakah ada tiket Mandala Tiger yang sudah di issued / diterbitkan untuk penerbangan bulan juli, oh my god, ternyata ada satu kode booking tiket sudah diterbitkan dengan nominal Rp. 7.700.000. Waaahh...dapat kerjaan lagi nih buat urus refund dan pengembalian deposit tersisa.

Alasan Mandala Tiger tutup alias tidak beroperasi

Berdasarkan email dari tiger mandala, alasan tidak beroperasinya adalah dikarenakan masalah finansial, berikut kutipan email tersebut:
Dikarenakan kondisi finansial yang dihadapi, dengan sangat menyesal kami informasikan bahwa PT Mandala Airlines (“Mandala”), maskapai yang beroperasi dengan nama brand Tigerair Mandala (RI) akan menghentikan operasinya terhitung mulai tanggal 1 Juli 2014.

Keputusan tersebut merupakan keputusan yang sangat berat, namun terpaksa diambil oleh Dewan Mandala (“Dewan”). Dewan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: kondisi pasar yang sedang turun, kemampuan maskapai untuk bersaing secara efektif dengan sumber daya yang terbatas, serta banyaknya jumlah maskapai penerbangan bertarif rendah di Indonesia.

Dewan juga telah secara aktif mencari investor yang potensial dan berupaya keras untuk mencari solusi alternatif untuk terus beroperasi, namun tidak berhasil. Malam tadi, Dewan mengumumkan keputusan untuk menghentikan kegiatan operasional.
Penerbangan terakhir yang akan dioperasikan oleh Mandala adalah RI545 pada tanggal 1 Juli 2014, yang dijadwalkan berangkat dari Hong Kong menuju Denpasar pada pukul 02.35. Selain penerbangan di atas, seluruh penerbangan Mandala pada tanggal 1 Juli 2014 dan seterusnya dibatalkan. Oleh karena itu, pemesanan tiket (PNR) pada 1 Juli 2014 dan setelahnya juga dibatalkan. Dalam kondisi normal, mandala tiger akan berusaha mempersiapkan penerbangan alternatif atau pengembalian dana penuh untuk pembatalan penerbangan tersebut. Akan tetapi, mandala tiger tidak dapat memenuhi komitmen ini.

Pengembalian uang (refund) tiket mandala tiger karena tutup

Masih berdasarkan email tersebut, pihak Tiger Group akan berusaha membantu dalam hal pengembalian uang tiket ( refund ) dan pengembalian deposit agent travel. Berikut kutipan email tersebut:
Tigerair Group akan membantu seluruh penumpang yang terkena dampak dengan memberikan penerbangan alternatif atau pengembalian dana atas tiket Mandala untuk penerbangan tertanggal 1 Juli 2014 dan selanjutnya. Meski Tigerair tidak memiliki kewajiban atau tanggung jawab untuk menangani permasalahan ini, namun tindakan ini diambil sebagai bentuk niat baik. Seluruh kewajiban dan tanggung jawab secara legal terhadap penumpang masih terletak sepenuhnya pada Mandala.
Bagi pemegang tiket mandala tiger untuk penerbangan 1 Juli 2014 keatas yang membeli tiket melalui travel agent dapat menghubungi travel agent tersebut untuk membicarakan masalah pengembalian uang. Travel agent akan membantu dalam pengurusan refund ke mandala tiger karena travel agent juga harus mengurus pengembalian deposit mereka yang ada di mandala tiger.

Bagi penumpang mandala tiger yang membeli tiket sendiri secara online dan membutuhkan klarifikasi dan informasi perihal proses pengembalian dana atau pemindahan penerbangan, silakan langsung menghubungi call center Mandala di +62(021) 2939 6688 sebelum tanggal 31 Juli 2014. Penumpang juga dapat melakukan pengecekan pada website, Tigerair.com, untuk informasi-informasi tambahan lainnya.
Sungguh sangat disayangkan sekali mandala kembali harus hilang dari persaingan penerbangan domestik Indonesia setelah sebelumnya juga sempat tidak beroperasi. Semoga saja segala urusan pengembalian uang baik itu refund tiket maupun deposit travel agent bisa diselesaikan secepatnya.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :