Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Perubahan jadwal dan Refund tiket Citilink

Barangkali banyak yang bertanya apakah tiket pesawat citilink bisa di refund? atau apakah tiket pesawat citilink bisa dirubah jadwal keberangkatannya?. Kalau untuk tiket pesawat Mandala Tiger yang pernah baca Refund dan perubahan jadwal tiket Mandala Tiger udah tau lah ya, kalo blom tau juga berarti gak dibaca tuh, cuman diliat liat doang...hehehe.
Refund, perubahan jadwal tiket citilink

Sebagaimana halnya Mandala Tiger, maskapai penerbangan Citilink juga mempunyai aturan tersendiri mengenai refund dan perubahan jadwal keberangkatan tiket. Setiap maskapai penerbangan bisa jadi mempunyai aturan yang berbeda mengenai hal ini dari maskapai penerbangan lainnya.

Refund tiket pesawat Citilink

Bagaimana jika saya yang sudah membeli tiket pesawat citilink ternyata harus membatalkan rencana perjalanan, apakah uang tiket tersebut bisa saya minta kembali walaupun harus dikenakan potongan administrasi?

Menunjuk PM 185 tahun 2015 yang mulai berlaku tanggal 11 Januari 2016, maka maskapai penerbangan citilink menerapkan ketentuan refund tiket citilink sebagai berikut::
  1. Pengembalian diatas 72 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 75% dari tarif dasar/basic fare.
  2. Pengembalian dibawah 72 jam sampai dengan 48 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 50% dari tarif dasar/basic fare.
  3. Pengembalian dibawah 48 jam sampai dengan 24 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 40% dari tarif dasar/basic fare.
  4. Pengembalian dibawah 24 jam sampai dengan 12 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 30% dari tarif dasar/basic fare.
  5. Pengembalian dibawah 12 jam sampai dengan 4 jam sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian sebesar 20% dari tarif dasar/basic fare.
  6. Pengembalian dibawah 4 jam sampai dengan close checkin (30 menit sebelum jadwal keberangkatan) mendapatkan pengembalian sebesar 10% dari tarif dasar/basic fare.
  7. Permintaan pengembalian setelah close checkin atau jadwal keberangkatan (No Show) tidak mendapatkan mendapatkan pengembalian apapun.
  8. Permintaan pengembalian yang diakibatkan kesalahan Citilink, seperti revise schedule, noops flight, dll, mendapatkan pengembalian sebesar 100% dari tarif dasar/basic fare.
  9. Permintaan pengembalian yang diakibatkan keadaan force majeure, dikenakan biaya Administrasi sebesar 10% dari tarif dasar/basic fare. 

Prosedur refund tiket citilink

Untuk Travel Agent, refund dapat dilakukan dengan cara  mengirimkan email permohonan refund ke refund.travel@citilink.co.id, dengan melampirkan e-ticket/details itinerary dan form refund. Tanggal penerimaan email permohonan refund ke Citilink, dijadikan dasar untuk penentuan besaran refund sebagaimana perhitungan refund diatas.

Untuk melakukan refund jika pembelian dilakukan sendiri secara online atau melalui kantor penjualan citilink, terlebih dahulu isilah form refund dari citilink (bisa diminta dikantor citilink), lampirkan juga itinerary tiket dan tanda pengenal orang yang bersangkutan. Setelah semua syarat lengkap, bawalah kekantor citilink untuk diproses permohonan refund tiketnya.

Pengembalian uang refund bisa dilakukan dengan beberapa metode dibawah ini:
  • Untuk pembelian dengan menggunakan deposit agent (AG), Citilink akan melakukan refund ke deposit agent (AG) paling lambat 3 (tiga) hari kerja ke deposit agent setelah form refund diterima.
  • Untuk pembelian dengan menggunakan kartu kredit, Citilink akan melakukan refund dengan cara mengkreditkan ke kartu kredit yang melakukan transaksi, paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah form refund dan lampiran dokumen lengkap diterima.
  • Untuk pembelian selain dengan menggunakan deposit agent (ATM, Internet Banking, Alfamart), Citilink akan melakukan refund secara bank transfer ke rekening salah satu penumpang langsung paling lambat 15 (lima belas) hari kerja setelah form refund dan lampiran dokumen lengkap diterima.

Perubahan jadwal keberangkatan tiket citilink

jika calon penumpang ingin melakukan perubahan jadwal penerbangan dari tiket citilink yang sudah dibelinya, maka citilink memperbolehkan hal tersebut dengan ketentuan ketentuan yang berlaku seperti membayar biaya administrasi sebesar 200 ribu rupiah per orang dan per rute penerbangan serta jika harga yang tersedia lebih mahal dari harga awal tiket maka ditambah lagi dengan selisih harga baru.

Untuk melakukan perubahan jadwal keberangkatan tiket citilink, calon penumpang pemegang tiket bisa melakukan proses perubahan dikantor penjualan tiket pesawat citilink, calon penumpang membawa tiket kepada staff reservasi citilink dan meminta tiket tersebut dipindahkan kejadwal baru. Staff citilink akan mengkalkulasi semua biaya perubahan dan akan mengkonfirmasi kepada kita apakah kita setuju dengan penambahan biaya tersebut. Jika setuju maka barulah akan dilakukan perubahan.

Dari keterangan diatas jelas bahwa tiket pesawat citilink tidak bisa dikembalikan uang atau refund namun masih bisa dilakukan perubahan jadwal dengan membayar biaya adminstrasi sebesar 200 ribu perorang per rute penerbangan ditambah dengan selisih harga lama dengan harga baru jika ada.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :