Perubahan Jadwal dan Refund Tiket Airasia

Semua maskapai penerbangan pasti ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa penerbangan mereka, tidak terkecuali maskapai penerbangan Airasia. Airasia akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari keterlambatan pengangkutan.

Pernah mungkin kita mendengar atau bahkan merasakan sendiri ketika pesawat Airasia delay, berubah jadwal penerbangan atau bahkan tidak bisa terbang dikarenakan suatu alasan tertentu, Airasia berusaha menghindari hal tersebut agar pengguna jasa Airasia terlayani dengan baik.

Bagaimana dengan tiket Airasia yang sudah dibayar tersebut?... apakah bisa tiket airasia direfund?... apakah bisa tiket airasia dilakukan perubahan jadwal?

Perubahan Jadwal dan Refund Tiket Airasia

Refund Tiket Airasia

Tiket airasia yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan uang atau di refund jika pembatalan untuk refund berasal dari pihak penumpang. Jika ada refund terjadi dari tiket airasia, itu dikarenakan alasan tertentu seperti tidak beroperasinya pesawat airasia.

Tidak beroperasinya pesawat airasia bisa dikarenakan bencana alam atau alasan internal pihak airasia. Refund tiket airasia juga bisa diajukan jika penumpang meninggal dunia dengan menyertakan surat kematian penumpang.

Namun untuk kasus pembatalan dari pihak penumpang, kita dapat meminta pengembalian pajak bandara atau airport tax. Pengembalian pajak bandara hanya dapat dilakukan setelah tanggal keberangkatan.

Proses refund ini bisa memakan waktu hingga 30 (tiga puluh) hari kerja dan akan dikembalikan dalam bentuk credit shell. Dalam hal terdapat lebih dari 1 tamu dalam pemesanan, pengembalian dana akan dilakukan kepada orang yang membuat pembelian.

Pengembalian dana tidak akan dilakukan kepada pihak ketiga. Kita berhak mengklain jumlah keseluruhannya. Namun, tapi akan dikenai biaya pemrosesan untuk pengembalian pajak bandara, seperti tercantum pada Rincian Biaya tiket Airasia.

Untuk memastikan kelancaran proses pengembalian uang, kita diharapkan memberikan rincian sebagai berikut:

  • Jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit: Permohonan refund harap disertai dengan Nomor Referensi Reservasi / Pemesanan.
  • Jika pembayaran dilakukan dengan Direct Debit atau Tunai atau Agen Perjalanan: Permohonan refund harap disertai dengan Nomor Referensi Reservasi / Pemesanan, Nomor Rekening Bank, Nama Bank dan Nama Pemegang Rekening.

Harap diperhatikan bahwa para tamu akan dikenakan biaya untuk proses pengembalian pajak bandara, sebagaimana yang tercantum dalam Rincian Biaya dan biaya pelayanan lainnya yang dibeli bersamaan dengan penerbangan tidak akan dikembalikan (bagasi, kursi, makanan, asuransi, dll).

Perubahan Jadwal Tiket Airasia

Ada dua hal sumber perubahan jadwal penerbangan airasia, pertama perubahan jadwal karena permintaan dari penumpang airasia dan kedua perubahan jadwal yang dilakukan oleh pihak airasia dikarenakan alasan tertentu.

Airasia berhak melakukan perubahan jadwal penerbangan jika terjadi sesuatu hal terjadi diluar kendali airasia seperti alasan keamanan maupun komersial. Sebagai contoh terjadinya bencana alam atau cuaca buruk sehingga penerbangan harus ditunda, penyelesaian untuk keadaan ini, pihak airasia akan mengeluarkan kebijakan dengan memindahkan ke jadwal penerbangan airasia lain tanpa biaya apapun.

Namun jika kita tidak setuju dipindahkan, tiket airasia tersebut bisa kita pakai untuk penerbangan hari lainnya selama jangka waktu tiga bulan kedepan, artinya kita tetap bisa menggunakan tiket tersebut kapan saja dalam kurun waktu tiga bulan itu.

Perubahan jadwal penerbangan dikarenakan permintaan penumpang juga bisa dilakukan. Caranya adalah dengan membawa print out tiket airasia yang akan dirubah ketempat pembelian tiket airasia, bisa melalui travel agent, melalui call center airasia (021-29270999) maupun melalui konter penjualan tiket airasia dibandara.

Biaya perubahan tiket airasia adalah 220 ribu untuk rute domestik (jika belum berubah) dan 315 ribu untuk rute internasional (jika belum berubah) ditambah dengan selisih harga jika harga baru berbeda dengan harga tiket lama.

Begitulah, setiap maskapai penerbangan mempunyai kebijakan masing masing dalam hal refund dan perubahan jadwal penerbangan, ada kebijakan terasa ringan dan ada kebijakan terasa berat, doa kita semua tentu agar rencana perjalanan kita tidak mengalami hambatan sehingga tidak perlu berurusan dengan yang namanya refund tiket atau perubahan jadwal tiket pesawat.

Credit Shell Airasia

Credit Shell Airasia adalah suatu akun kredit yang dimiliki oleh penumpang Airasia untuk menampung refund (pengembalian uang) atas tiket yang tidak diterbangkan. Secara umum, tiket Airasia tidak bisa diuangkan, namun pajak bandara yang tercantum dalam rincian harga tiket Airasia bisa diuangkan dan pengembalian uang ini akan dimasukkan kedalam akun credit shell.

Untuk lebih mengenal tentang credit shell airasia, kami akan mencoba sedikit menjelaskan tentang cara melakukan pengecekan jumlah credit shell dan cara menggunakan credit shell tersebut. Tentunya penjelasan ini berguna hanya untuk kawan kawan yang sudah berhasil mendapatkan refund airasia berupa kredit shell pada akun airasianya.

Cara Cek Akun Kredit Airasia

Sebelum melakukan pengecekan berapa jumlah credit shell, terlebih dahulu tentunya kita harus login ke Airasia. Buka website Airasia dan login menggunakan ID Airasia.

Setelah masuk (login) ke website Airasia, pada kolom sebelah kiri pilih menu "My Credit Account" dan kita akan dibawa ke halaman baru untuk login kembali, gunakan login ID Airasia kembali pada halaman ini.

Setelah login, maka akan terlihat daftar detail transaksi credit shell kita dan berapa jumlah yang bisa kita pakai untuk membeli produk Airasia.

Cara Menggunakan Akun Kredit Airasia

Untuk dapat menggunakan Credit Shell, terlebih dahulu kita harus login menggunakan ID AirAsia. Lakukan proses booking sebagaimana biasanya dan pada saat tahap pembayaran, silahkan pilih "rekening kredit" dari tipe-tipe cara pembayaran, dimana dana yang tersedia dalam rekening kredit Anda akan terlihat seperti di bawah.

Seandainya dana pada credit shell tidak mencukupi untuk pembayaran tiket baru, maka kita bisa menggunakan cara pembayaran lainnya seperti menggunakan kartu kredit, namun jika dana credit shell cukup dan bahkan lebih, maka penggunakan credit shell sebagai pembayaran atas tiket airasia baru tersebut bisa dilakukan dan sisa dana credit shell setelah pembayaran tersebut bisa dipakai kembali untuk pembelian lainnya.

Masa Berlaku Credit Shell Airasia

Kelemahan credit shell Airasia ini adalah dimana credit shell ini mempunyai masa berlaku, masa berlaku credit shell adalah selama 90 hari sejak dana masuk kedalam akun dan harus dipakai sebelum masa berlaku habis.

Jika masa berlaku habis dan masih ada dana credit shell di akun, maka dana credit shell tersebut akan hangus dan tidak bisa dipakai lagi. Semoga apa yang sudah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik.