Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Tips mengatasi mabuk dipesawat

Wow...seger banget nih keliatannya kawan-kawan pengunjung setia tiketips.com, lagi kasmaran yaaa..atau lagi dapat rezeki nomplok yaaa..atau habis jalan jalan naik kapal pesiar yaaa..atau habis mandi yaa..hehehe, lagi apapun moga moga selalu seger dan sehat kami doakan. Mumpung kawan-kawan lagi baca nih, ada sedikit yang ingin kami bagikan tentang tips mengatasi mabuk udara atau mabuk di pesawat terbang.

Biar lebih gampang memaparkan tentang tips mengatasi mabuk di pesawat terbang, kita karang aja deh seorang bernama Udin, Udin ini paling takut kalo disuruh berpergian menggunakan pesawat terbang, bukan karena gak punya duit beli tiket pesawat, jangankan duit buat beli tiket pesawat, kartu kreditnya aja sampai 5 buah dengan limit diatas 20 juta..hahaha...terlalu mengkhayal tinggi ya karangan orangnya, tapi gak apa apa deh, bisa jadi orang seperti itu memang ada. Nah, jika bukan karena tidak punya uang buat beli tiket, lalu apa yang menyebabkan si Udin sangat takut naik pesawat terbang? Jawabannya adalah karena si Udin orangnya pemabuk (bukan mabuk karena minum minuman keras loh yaaa), dia takut ntar didalam pesawat mabuk dan muntah muntah, secara diakan orang kaya, masak sampai mabuk dan muntah didalam pesawat, tensin dong..hehehe.
Mabuk Udara

Mabuk perjalanan dan penyebab mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan kalau dalam bahasa inggris disebut motion sickness bisa dibilang suatu penyakit, biasanya penyakit ini timbul karena adanya gerakan (motion). Tanda tanda mabuk biasanya dimulai dengan rasa mual dan pusing, bagi yang gak tahan bisa keluar tuh makanan lezat yang dimakan sebelumnya karena muntah..rugi dong hehehe. Penyebab utama mabuk adalah gerakan yang berulang ulang yang menyebabkan gangguan pada labirin telinga yang notabene sebagai pengatur keseimbangan. Selain itu, faktor penunjang terjadinya mabuk udara juga karena bau yang tidak cocok dengan hidung dan kelebihan asupan makanan sebelum menggunakan angkutan udara.

Cara mengatasi mabuk dipesawat terbang

Nah, ini dia yang ditunggu tunggu, bagaimana sih caranya biar gak mabuk ketika berpergian menggunakan pesawat terbang?. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi mabuk, barangkali cara ini bisa diterapkan bagi kita semua agar bisa mengatasi mabuk dipesawat terutama buat si Udin.. :)
  1. Tempat duduk dipesawat.
    Carilah posisi duduk didekat jendela, dengan cara ini kita bisa menghilangkan ingatan akan rasa mual dan pusing dengan melihat keluar pesawat. Selain itu juga bisa memilih tempat duduk yang kurang terhadap goncangan seperti pada seat tengah sampai depan, berkurangnya goncangan akan mengurangi rasa mual dan pusing.
  2. Jaga makanan.
    Sebelum berangkat menggunakan pesawat terbang, usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu, perut yang kosong akan memicu rasa mual, tapi mesti diingat, jangan makan terlalu berlebihan karena justru akan memicu rasa mual juga, makanlah secukupnya saja.
  3. Minum obat anti mabuk.
    Meminum obat anti mabuk adalah cara terbanyak yang dipakai oleh orang orang yang suka mabuk perjalanan. Minumlah obat anti mabuk 15 menit atau 5 menit sebelum pesawat berangkat.
  4. Bawa wangi-wangian kesukaan.
    Terkadang bau didalam pesawat bisa memicu rasa mual, apalagi disebelah kita duduk ada penumpang yang blom mandi pula..hahaha. Menghirup wangi-wangian kesukaan akan menghilangkan rasa mual penyebab mabuk dan tentunya akan membuat kita menjadi santai dan rilek.
  5. Berkomunikasi dengan teman sebelah duduk.
    Termenung diam bisa juga menyebabkan mabuk, cobalah berkomunikasi dengan teman disebelah tempat duduk, dengan berkomunikasi akan menghilangkan ingatan akan rasa mual dan pusing. Apalagi kalo pembicaraan nyambung, waahh..gak bakalan terasa tuh udah nyampe aja ditempat tujuan :).
Tips mengatasi mabuk dipesawat diatas bisa juga sebagai tips untuk mabuk perjalanan lainnya seperti mabuk perjalanan laut dan darat, karena intinya, mabuk terjadi karena adanya gerakan atau goncangan yang tidak biasanya diterima oleh tubuh dan otak kita. Nah, buat si Udin karangan tadi nih, semoga tidak mabuk lagi ya, malu dong, masak kaya raya tapi mabuk naik pesawat terbang...hehehehe...

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :