Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Pembeli tiket pesawat mengamuk?

Selamat pagi buat para pengunjung setia kami (kalo pas baca ini masih pagi loh ya..hehe) kalo udah siang jadi selamat siang ato kalo pas udah malam jadi selamat malam deh.. :). Apa kabar semuanya?...semoga selalu sehat dan selalu diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan ini ya. Oya, buat yang sedang bekerja, khususnya yang bekerja dibidang jasa, tetap semangat dan tetap tersenyum hehehe.

Baiklah, cukup sudah basa basinya, ntar kelamaan jadi basi beneran :). Berbicara mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan orang banyak pasti tidak terlepas dari yang namanya tekanan. Kalo tekanan dari bos tentunya sudah wajar ya, apalagi kalo kita kerjaannya kurang memuaskan, sudah kurang memuaskan ditambah lagi tangan gak lepas dari gadget ber-online ria via facebook atau jejaring sosial lainnya, waahh bakalan bertanduk tuh si bos..hehehe. Tapi disini kita tidak akan membicarakan tentang kemarahan si bos, tetapi kita akan membicarakan tips melayani pelanggan yang marah.
Pelanggan Marah

Tulisan tentang tips melayani pelanggan yang marah ini dikhususkan buat pekerja yang selalu berhubungan dengan dengan orang banyak, seperti bekerja di travel agent, bekerja di maskapai penerbangan / airlines, bekerja di bank, pemilik/bekerja di toserba dan lain sebagainya. Namun bagi yang belum bekerja atau bekerja bukan berhubungan dengan orang banyak, gak apa apa juga membaca tulisan ini ya, hitung hitung buat menambah wawasan (hehehe...kayak hebat aja nih tukang tulis :p).

Apa penyebab pelanggan marah

Banyak hal menjadi penyebab pelanggan menjadi marah, pelanggan marah tentunya karena kita mempunyai kesalahan dalam bekerja dan melayani, bukan begitu?...namun jangan salah, ada juga loh pelanggan yang marah marah padahal kesalahan ada ditangan dia sendiri hehe.

Berhubung penulis bekerja di travel agent, nih dikasi contoh kenapa pelanggan bisa marah marah, baca baik baik dan dengan seksama yah.. :)
  • Kesalahan booking tiket pesawat.
    Calon penumpang minta di-bookingkan tiket untuk tanggal 2 april misalnya, kok malah dibooking tanggal 3 april, yaaa wajar dong calon penumpang marah marah, rasain tuh dimarahin hehehe...makanya teliti dong yaaa.
  • Kesalahan informasi check in.
    Misal nih, pesawat berangkat pukul 12.00, nah seharusnya penumpang diinformasikan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan sudah melakukan check in, karena kurang teliti atau karena lagi galau, eeee...penumpang malah disuruh datang kebandara jam 12.00, alhasil penumpang terlambat dong buat check in tiket, gak jadi berangkat deh tuh penumpang naik pesawat, yang ada penumpang berangkat ketempat kita buat melampiaskan kemarahan..hehe
  • Kesalahan informasi timelimit reservasi.
    Ini pengaruh galau lagi barangkali, misal nih, direservasi limit pembayaran tiket itu tanggal 2 april jam 12.00 siang, malah kepada calon penumpang diinfo tgl 2 april jam 13.00, sewaktu penumpang datang mau bayar jadinya bookingan udah batal oleh timelimit, mana kalo mau dibooking ulang harga udah mahal, yaa siap siap deh dimarahin.
  • Penumpang salah memberi nama atau tanggal keberangkatan.
    Salah memberi nama, dengan PD nya pelanggan memberi nama penumpang yang berangkat, setelah tiket dibayar ternyata nama ditiket tidak sama dengan nama di tanda pengenal, alhasil pelanggannya mencak mencak marah bilang kalo kita yang salah ketik atau salah dengar (biasanya sih ini terjadi kalo proses booking via telepon dan jarang terjadi kecuali pelanggannya yang gak mau disalahin hehehe). Untuk salah memberi tanggal keberangkatan kasusnya juga seperti kesalahan memberi nama, jadi gak usah dijelaskan lagi yaaa :).
Banyak juga bukan penyebab pelanggan bisa marah marah? itu sih baru sebahagian, masih ada lagi sih, tapi cukup itu aja, ntar kalo kebanyakan jadi malas bacanya ya kaaann?..ayo ngakuuu..hehehe...nah dari sekian banyak penyebab kemarahan itu ini nih tips melayani pelanggan yang marah.
  • Tanyakan dengan ramah penyebab kemarahan.
    Ketika pelanggan datang dan marah marah, tenangkankan hati dan jangan terbawa emosi (jagalah hati jangan dikotori hehehe). Tanyakan dengan lembut dan ramah apa masalah yang menjadi penyebab kemarahannya.
  • Penyebab kemarahannya adalah kesalahan kita
    Setelah ditanya dan diklarifikasi penyebab kemarahan, ternyata diakibatkan oleh kesalahan kita sendiri, carilah solusi alternatif yang tidak merugikan pelanggan, walaupun kita harus nombok untuk membayar kerugian pelanggan. Mintalah maaf kepada pelanggan atas kesalahan, jangan mencari cari kesalahan atau menutup nutupi kesalahan apalagi melimpahkan kesalahan kepada pelanggan. Berjiwa besar dan aku kesalahan sehingga pelanggan bisa menjadi tenang kembali dan nama baik kita tidak buruk dimata pelanggan tersebut.
  • Penyebab kemarahannya adalah kesalahan pelanggan.
    Penyebab kemarahan ini barangkali membuat kita dongkol, bagaimana tidak, yang salah dia sendiri kok malah datang marah marah ya gak? hehehe...tapi tetap, pelanggan adalah raja, tahan kemarahan dan redam kedongkolan dalam hati, jelaskan dengan ramah letak kesalahannya dan jelaskan serta terangkan bahwa kita sudah melakukan pekerjaan seperti yang diminta (jika perlu tunjukkan bukti bahwa kesalahan bukan pada kita) sehingga pelanggan mengerti dan mengakui bahwa kesalahan berasal dari dia sendiri. Setelah itu cari solusi terbaik agar pelanggan tetap mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika kita bisa berbuat demikian, oh sungguh mulia hatimu nak..hehehe
Itulah barangkali sedikit tips melayani pelanggan yang marah, walaupun kenyataannya "mungkin" hati kita juga mendongkol bahkan ada juga yang balas marah marah kepada pelanggan, namun sedapat mungkin bisa kita tahan seperti tips melayani pelanggan yang marah diatas yaaa..Semoga kita selalu menjadi orang sabar..Aamiin...

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :