Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Rebook dan Refund Tiket Lion Air, Batik dan Wings

Paling menyebalkan sekali ketika tiket pesawat sudah dibeli ternyata ketika mendekati hari H keberangkatan, penerbangan harus dibatalkan karena suatu alan tertentu, kalo sudah begini mau diapakan lagi tiket pesawat yang sudah terbeli, apakah bisa dipakai dilain hari, apakah bisa direfund?...oh my god...bikin pusing aja hehehe, bagi yang sering menggunakan jasa Penerbangan Lion Air, Batik Air atau Wings Air dalam setiap perjalanannya, ada baiknya membaca ketentuan yang dikeluarkan oleh Lion Air Group yang berhubungan dengan Cancel, Rebook dan Refund.

Untuk pembelian tiket di travel agent, saat ini baru proses refund yang bisa dilakukan, sementara proses rebooking tetap dilakukan di kantor penjualan Group Lion air. Sementara jika tiket lion air, batik dan wings air dibeli secara online melalui web umun lion air atau melalui kantor penjualan lion air maka pembatalan, rebook dan refund tidak bisa dilakukan di travel agent melainkan langsung ke kantor penjualan tiket maskapai penerbangan lion air.

Sejak tanggal 19 Agustus 2015 lalu, telah terjadi perubahan ketentuan besar biaya refund tiket lion air, batik air dan wings air dan biaya rebooking tiket lion air, batik air dan wings air, ketentuan baru dari lion air group tersebut adalah:

Rebook (mengganti jadwal penerbangan lama dengan jadwal baru) tiket Lion Air, Batik Air dan Wings Air

Logo Lion Air
Adapun ketentuan dari pihak Lion Air Group untuk Rebook adalah:
  1. Berlaku untuk kelas Promo, Ekonomi maupun kelas Bisnis.
  2. Re-booking minimal dikelas yang sama.
  3. Harus dilakukan di Kantor Lion Air.
  4. Penumpang harus membayar selisih harga antara Harga Penumpang dan Harga Agent jika pembelian tiket sebelumnya dilakukan di Travel Agent.
  5. Penumpang harus membayar selisih kelas, jika kelas yang baru lebih tinggi. Selain biaya diatas (point 2 & 3), Penumpang harus membayar Biaya administrasi / Cancellation Fee sbb:
  1. Ketentuan untuk kelas promo ( X, V, T)
    • Perubahan jadwal yang dilakukan di atas 48 jam, akan dikenakan biaya administrasi
    • Perubahan yang dilakukan di atas 24 jam tetapi di bawah 48 jam, akan dikenakan cancellation fee sebesar 50 %  dari basic fare publish / penumpang.
    • Perubahan yang dilakukan dalam 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fare publish / penumpang.
    • Perubahan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses chexk-in tidak bisa dilakukan, tiket hanya bisa di refund.
    • Untuk INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan biaya administrasi maupun cancellation fee.
  2. Ketentuan untuk kelas non promo ( Q keatas)
    1. Ketentuan untuk perubahan pertama:
      • Diatas 24 jam (> 24 jam) sebelum keberangkatan : Perubahan reservasi yang pertama tidak dikenakan biaya pembatalan, hanya membayar selisih harga / upgrade kelas (jika ada).
      • Dibawah 24 jam sampai dengan 4 jam sebebelum keberangkatan (< 24 jam – 4 jam ): Perubahan reservasi yang pertama dikenakan ketentuan CF 80% dari Fare basic VCR.
    2. Ketentuan untuk perubahan kedua dan seterusnya:
      • Perubahan jadwal yang dilakukan di atas 48 jam, akan dikenakan biaya administrasi
      • Perubahan yang dilakukan di atas 24 jam tetapi di bawah 48 jam, akan dikenakan cancellation fee sebesar 50 %  dari basic fare publish / penumpang.
      • Perubahan yang dilakukan dalam 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fare publish / penumpang.
      • Perubahan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau setelah proses chexk-in tidak bisa dilakukan, tiket hanya bisa di refund.
      • Untuk INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan biaya administrasi maupun cancellation fee.

REFUND (pengembalian uang) tiket Lion Air

Proses Refund akan dikenakan biaya refund berdasarkan waktu pembatalan dilakukan, adapun biaya refund nya berdasarkan pada ketentuan dibawah ini:
  1.  Kelas Promo (X, V, T)  tidak dapat di refund, hanya  Airport tax dapat di refund apabila proses cancel refund dilakukan sebelum no show. Dalam kondisi no show airport tax tidak dapat diproses refund.
  2. Refund yang dilakukan di atas 48 jam akan dikenakan refund fee sebesar 50% dari basic fare publish / penumpang.
  3. Refund yang dilakukan dalam 48 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan refund fee sebesar 80%  dari basic fare publish / penumpang.
  4. Refund yang dilakukan kurang dari 4 jam sebelum jam keberangkatan atau  setelah proses check in (now show gate), dikenakan refund fee sebesar 90%  dari basic fare publish / penumpang dan PSC serta IWJR hangus.
  5. INFANT (bayi dibawah 2 tahun) tidak dikenakan refund fee.
Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu, dan kita sebagai pemakai jasa Lion Air, Batik Air dan Wings Air tidak terkejut lagi ketika suatu saat nanti melakukan proses Cancel, Rebook ataupun Refund untuk tiket Lion Air, Batik Air dan Wings Air yang telah kita beli.

Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air

Ada 2 hal yang harus diingat oleh setiap pemegang tiket lion air, batik air atau wings air ketika hendak melakukan refund:
  1. Jika tiket dibeli di travel agent dan belum pernah dilakukan perubahan jadwal, maka proses pengembalian refund bisa cair saat itu juga melalui travel agent yang mengeluarkan tiket tersebut.
  2. Jika tiket dibeli bukan ditravel agent (misal melalui internet atau melalui kantor penjualan lion air), maka proses pengembalian uang refund biasanya 3 minggu sampai dengan 1 bulan.
  3. Untuk tiket yang dibeli ditravel agent namun sudah pernah melakukan rebooking, maka jangka waktu pengembalian uang refund mengacu pada point 2.
Jangka waktu pengembalian REFUND tiket Lion Air, batik air atau wings air pada point 3 seringkali menjadi perdebatan antara penumpang dengan travel agent. Penumpang yang tiketnya batal untuk di refund mengira uang refund tersebut bisa langsung diambil. Hal ini dikarenakan dari pihak Lion Air Group yang tidak menjelaskan berapa lama waktu proses pengembalian uang refund tersebut. Untuk menghindari lamanya pengembalian refund jika tiket dibeli melalui travel agent (tiket belum pernah dirubah sebelumnya), segera lakukan refund langsung ke travel agent tempat pembelian tiket dan jangan lakukan refund di kantor penjualan lion air karena jika pembatalan dilakukan dikantor lion air maka proses refund akan menjadi lama. Berdasarkan pengalaman saya di pekanbaru, setiap kali ada penumpang yang membeli tiket lion air/batik air/wings air di travel agent tempat saya bekerja dan melakukan pembatalan untuk refund di kantor penjualan lion air, para penumpang ini selalu bersikeras agar uangnya langsung diberikan pada saat mereka mengajukan refund. Saya pernah menanyakan kepada mereka apa yang dikatakan staff Lion Air ketika mereka melakukan pembatalan tiket untuk direfund ke kantor penjualan Lion Air, mereka mengaku hanya disuruh ketravel agent tempat membeli tiket untuk pencairan refund tanpa menerangkan berapa lama proses refund ini sampai uangnya kembali masuk ke deposit agent. Kenapa terjadi adanya penumpang yang marah dan heran serta bingung ketika refundnya tidak diberikan langsung oleh travel agent?..Hal ini terjadi karena ketika penumpang melakukan pembatalan di Lion Air, pihak Lion Air tidak menjelaskan berapa lama proses refund ini sampai uang refund bisa diambil, pihak Lion Air hanya menjelaskan bahwa pengambilan uang dilakukan di travel agent. Tentunya pihak travel agent mengharapkan Lion Air bisa sebelumnya memberikan penjelasan kepada penumpang pada saat pembatalan agar penumpang tidak kecewa dan marah kepada travel agent, agar penumpang tidak berprasangka buruk kepada travel agent.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :