Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Fuel Surcharge Tiket Pesawat Terbang

Apakah Fuel Surcharge itu ??

Bagi orang yang pernah membeli tiket pesawat terbang tentunya sudah pernah mendengar kata fuel surcharge. Fuel Surcharge bisa diartikan sebagai bea tambahan untuk minyak yang dibebankan kepada penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara. Fuel surcharge dibebankan kepada penumpang bisa dilihat pada rincian biaya pada tiket pesawat. Misalnya jika harga tiket adalah sebesar Rp. 500.000 maka jumlah yang harus dibayarkan adalah Rp. 500.000 ditambah dengan besarnya Fuel Surcharge yang dikenakan untuk rute penerbangan tersebut.
fuel surcharges

Besarnya Fuel Surcharge ini adalah beragam, tergantung pada rute penerbangan. Besar Fuel Surcharge ini mungkin bisa saja berbeda beda untuk tiap airlines, hal ini tentunya merupakan kebijakan dari airlines itu sendiri namun tidak melanggar dari apa yang telah diatur oleh pemerintah Indonesia tentang Fuel Surcharge ini.

Sebagai contoh, untuk rute Jakarta Pekanbaru dengan Fuel Surcharge Rp. 220.000, misalnya si A membeli tiket untuk rute Jakarta Pekanbaru ( CGK-PKU ) dengan harga tiket adalah Rp. 500.000, maka jumlah yang harus dibayar oleh si A adalah Rp. 500.000 ditambah dengan Fuel Surcharge rute Jakarta Pekanbaru ( CGK-PKU ) sebesar Rp. 210.000 yaitu Rp. 710.000. Nilai Fuel Surcharge ini dituliskan pada tiket dan dapat melihat langsung pada tiket.

Kenapa ada Fuel Surcharge ??

Fuel Surcharge terjadi karena naiknya harga minyak dunia. Fuel Surcharge bukanlah akal akalan penyedia jasa angkutan untuk menaikkan harga tiket mereka, tetapi adalah merupakan peraturan pemerintah untuk mengantisipasi dengan adanya kenaikan harga minyak. Jika suatu waktu harga minyak dunia sudah normal, maka fuel surcharge bisa dihilangkan.

Untuk tahun 2014 ini, berdasarkan kepada Peraturan Menteri Perhubungan No : PM 2 Tahun 2014, semua Airlines Domestic DIWAJIBKAN mengenakan biaya tambahan bahan bakar yang besarannya sudah ditentukan oleh pemerintah.

Berdasarkan informasi yang sudah kami dapatkan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia terhitung mulai hari Rabu tanggal 26 Feb 2014 sudah memasukkan Fuel Surcharge kedalam Harga Tiket Garuda Indonesia dan untuk maskapai penerbangan Airasia Effective Per tanggal 27 Februari 2014 Jam 00.01 akan mengenakan tambahan biaya bahan bakar ( Fuel Surcharge ) untuk rute – rute Penerbangan Domestik.

Informasi terakhir mengenai fuel surcharge ini, sudah semua maskapai penerbangan di Indonesia menerapkan biaya fuel surcharge dimana biaya langsung dimasukkan / dijumlah kedalam harga tiket pesawat.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :