Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Keamanan Pembayaran Tiket Pesawat Menggunakan Kartu Kredit

Semakin banyaknya fitur fitur pembayaran tiket pesawat yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan semakin mempermudah kita dalam membeli tiket pesawat. Selain metode pembayaran melalui ATM, maskapai penerbangan juga memberikan metode pembayaran tiket pesawat menggunakan credit card (kartu kredit) secara online pada saat kita melakukan proses booking melalui website airlines. Saat ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara pembayaran tiket menggunakan credit card (kartu kredit), hanya sedikit mengingatkan keamanan dan kenyamanan menggunakan credit card (kartu kredit) secara online khususnya untuk pembayaran tiket pesawat.

credit card
Hal utama yang harus diperhatikan menggunakan credit card dalam pembayaran online adalah keamanan, seringkali kita mendengar adanya pencurian kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini terjadi karena kelalaian kita sebagai pemegang kartu kredit dalam menjaga kerahasiaan seperti nomor kartu, nomor CVV, alamat pembayaran dan sebagainya. Sebenarnya menggunakan credit card untuk pembayaran online bukanlah hal yang menakutkan, justru mempermudah dalam pembayaran, namun dengan catatan harus tetap berhati hati.

Untuk menghindari terjadinya pencurian kartu kredit atau pemakaian credit card oleh orang lain tanpa seizin kita, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memasukkan data kartu dan melakukan pembayaran.

Pastikan alamat website maskapai penerbangan.

Sebelum melakukan pembayaran via credit card online, pastikan bahwa website yang dibuka adalah benar benar milik maskapai penerbangan yang akan kita bayar tiketnya. Misalnya untuk maskapai penerbangan lion air, pastikan alamat website lion air yang ada pada address bar browser kita, lihat gambar dibawah:

weblion
Klik untuk memperbesar Gambar

Pada lingkaran merah dapat kita lihat bahwa ini adalah alamat website asli lion air yaitu lionair.co.id. Selalu perhatikan hal ini untuk memastikan kebenaran alamat website.

Pastikan website memiliki sertifikat SSL

SSL adalah Secure Sockets Layer yang merupakan teknologi keamanan internet yang menjaga data yang kita masukkan aman dari pencurian. Untuk mengetahui apakah suatu website memiliki SSL atau tidak cukup mudah, kita hanya perlu memperhatikan alamat website pada address bar browser apakah memakai https atau hanya http, jika memakai https maka website tersebut menggunakan SSL untuk keamanannya, seperti gambar diatas.

Kedua poin diatas berguna jika pembayaran tiket pesawat menggunakan kartu kredit secara online, rata rata semua bank yang mengeluarkan kartu kredit, untuk keamanan pelanggannya sudah tersedia verifikasi melalu sms jika kartu kredit digunakan untuk pembayran melalu website, kode verifikasi yang dikirim melalu sms untuk meyakinkan bahwa transaksi benar benar atas persetujuan pemilik kartu kredit.

Untuk pembayaran tiket pesawat menggunakan kartu kredit langsung menggunakan mesin ADC, baik itu pembayaran tiket pesawat dikantor penjualan tiket airlines maupun melalui penjualan tiket travel agent, maka harap diperhatikan poin berikut.

Pastikan jumlah tagihan sesuai dengan invoice

Ketika print out dari mesin ADC keluar, perhatikan jumlah tagihan yang tertera, apakah cocok dengan jumlah tagihan atau tidak. Misalnya nih, total invoice 500 ribu, nah cocokkan nilai yang tertera diprint out haruslah 500 ribu juga atau 500 ribu ditambah charge (jika penjual tiket membebankan charge kepada pembeli).

Awasi kartu kredit pada saat akan di gesek

Bukan maksud berprasangka buruk kepada orang lain, namun ketika kartu kredit berada ditangan orang lain sebaiknya terus dilihat / diawasi, kenapa? karena dikartu kredit terdapat data seperti nomor kartu kredit, nama pemegang kartu kredit, expired kartu kredit dan nomor CCV yang bisa disalah gunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab.

Jika semua hal utama diatas sudah kita pahami dan ketahui, maka silahkan lakukan pembayaran menggunakan credit card karena sudah aman untuk melakukan pembayaran. Usahakan pada saat melakukan pembayaran menggunakan credit card dilakukan menggunakan komputer/laptop sendiri untuk lebih amannya jika pembayaran dilakukan sendiri secara online.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :