Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Peluang Bisnis Penjualan Tiket Pesawat

Bisnis penjualan tiket pesawat, sering kita mendengar dan membaca melalui media massa maupun melalui internet. Kata yang dibuat begitu menggiurkan bagi pembaca, bagaimana tidak, dengan terjun kedunia bisnis penjualan tiket pesawat terbang kita bisa menjadi jutawan, paling tidak itulah salah satu isi iklan tentang peluang bisnis penjualan tiket pesawat tersebut. Menjadi pertanyaan kita semua, apakah menjalani bisnis tiket pesawat ini semudah seperti apa yang diiklankan, benarkah bisnis penjualan tiket bisa mendapatkan keuntungan melimpah?

Garis Besar Perkembangan Dunia Penerbangan Komersial

Perkembangan dunia penerbangan komersial khususnya di tanah air indonesia mengalami pasang surut, bisa dilihat beberapa tahun belakangan ini beberapa maskapai penerbangan harus berhenti beroperasi karena tidak bisa menutupi biaya operasional. Sebagai contoh maskapai penerbangan Adam Air, Mandala Airlines serta yang baru saja berhenti beroperasi adalah maskapai Penerbangan Batavia Airlines. Dibalik itu semua juga terjadi peningkatan frekuensi penerbangan maupun penambahan rute penerbangan oleh maskapai penerbangan yang masih eksis seperti Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya Airlines dan Lion Air. Hal ini tentunya membuat pebisnis tiket pesawat ikut pasang surut.

Secara umum perkembangan penerbangan komersial tidak akan pernah mati karena kebutuhan akan pengangkutan udara selalu dibutuhkan. Waktu yang singkat menuju kota atau negara tujuan dengan menggunakan angkutan udara merupakan salah satu alasan jasa penerbangan udara akan tetap hidup, hanya saja mungkin maskapai penerbangan dengan manajemen dan modal yang kuat bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan bisnis angkutan udara.

Apakah bisnis penjualan tiket pesawat menguntungkan?

Pertanyaan ini harus dilontarkan sebelum ikut terjun dalam bisnis tiket pesawat, jika bisnis tiket tidak menjanjikan kenapa harus ikut ikutan atau jika bisnis tiket menjanjikan kenapa harus tidak ambil bagian didalamnya.

Sedikit memahami bisnis penjualan tiket pesawat, disini akan dipaparkan kemungkinan yg akan terjadi jika ikut dalam bisnis ini, pengunjung setia dapatinfo.com bisa mengambil kesimpulan sendiri nantinya setelah membaca dan memahami. Barangkali ada poin poin yang kurang dan tidak sepenuhnya disetujui, pemahaman ini adalah berdasarkan pengalaman kami yang sudah terjun dalam bisnis ini sejak tahun 2004 yang lalu. Secara umum bisnis penjualan tiket pesawat terbang memang menguntungkan jika memenuhi beberapa kriteria berikut:
Modal Usana Bisnis Tiket Pesawat
  • Modal Usaha
    Bisnis apapun memerlukan modal usaha, tidak ada bisnis real tanpa menggunakan modal. Untuk diketahui, terjun kedalam bisnis penjualan tiket pesawat membutuhkan modal yang kuat, pihak maskapai penerbangan tidak menerima pembelian tiket pesawat mereka dengan cara hutang alias ngebon.

    Berdasarkan pengalaman, kita tidak bisa memastikan setiap pembeli tiket pesawat kepada kita membayar langsung cash, mungkin untuk calon penumpang umum mereka membayar cash, bagaimana dengan relasi atau pelanggan setia? umumnya mereka tidak langsung membayar pada saat tiket dibayar ke maskapai penerbangan. Nah, jika modal pas pasan, kemungkinan baru menjual 4 sampai 5 tiket sudah tidak bisa menjual tiket lainnya lagi karena dana untuk pembayaran ke maskapai penerbangan sudah habis. Jika sudah begitu maka bisnis penjualan tiket pesawat bukanlah bisnis yang menjanjikan apabila tidak disertai dengan modal lebih.
  • Relasi dengan Frekuensi Terbang Tinggi
    Namanya bisnis penjualan tiket pesawat tentu memerlukan orang untuk membeli tiket pesawat, jika hanya mengharapkan orang datang membeli tiket kepada kita, maka bisnis penjualan tiket hanya akan membuang buang waktu saja tanpa menghasilkan apa apa. Lain halnya jika mempunyai relasi, teman atau kerabat yang selalu menggunakan jasa penerbangan udara, mereka bisa kita arahkan untuk membeli tiket pesawat kepada kita, semakin banyak pelanggan semakin besar pula keuntungan didapat dari bisnis tiket pesawat.
  • Pelayanan dan fasilitas terbaik kepada pelanggan.
    Bisnis penjualan tiket pesawat bukannya sekedar menjual tiket pesawat, bisnis ini adalah bisnis jasa, pelayanan yang baik dan fasilitas terbaik kepada pelanggan akan menjadi nilai tambah perkembangan bisnis agar pelanggan tetap setia membeli tiket kepada kita. Kiat kiat travel agent dalam memanjakan pelanggannya antara lain antar jemput calon penumpang ke dan dari bandara, antar tiket ke alamat bahkan sampai kepada bantuan melakukan check in di bandara. Apakah pelayanan seperti itu bisa disediakan? jika bisa maka tahap ini sudah bisa dibilang berhasil untuk terjun kedalam bisnis penjualan tiket pesawat.
Ketiga kriteria dasar diatas adalah mutlak untuk terjun ke dunia bisnis penjualan tiket pesawat sekarang ini, jika salah satu kriteria diatas tidak terpenuhi, rasanya akan sia sia saja ikut dalam bisnis ini.

Sebagai bahan pemikiran juga, hampir setiap maskapai penerbangan sudah mempunyai sistem online untuk umum dalam penjualan tiket mereka, setiap calon penumpang bisa dengan mudah membeli tiket pesawat hanya dengan modal koneksi internet, ATM dan kartu kredit dari rumah masing masing, hal ini tentunya akan mengurangi permintaan pembelian tiket langsung kepada travel agent dalam hal ini kita sebagai penjual jasa. Jika sudah demikian apakah bisnis penjualan tiket pesawat ini masih bisa dikategorikan sebagai bisnis menguntungkan?

Cara Ikut Dalam Bisnis Penjualan Tiket Pesawat

Iklan seperti disebutkan diatas adalah salah satu cara mudah untuk terjun kebisnis penjualan tiket pesawat, sebagai pengetahuan bersama sejauh ini kami mengelompokkan ada 2 (dua) jalan ikut terjun ke dalam bisnis ini.
Travel Agent
  • Penjualan Tiket Pesawat Sebagai Sub Agent.
    Banyak sekali travel agent menawarkan kepada khalayak ramai dalam penjualan tiket pesawat dengan bernaung dibawah travel agent mereka. Sistem pembagian komisi tergantung kebijakan travel agent masing masing, ada yang menerapkan pembagian komisi dalam bentuk persentase (misal 50% komisi untuk travel agent dan 50% lagi untuk sub agent) bahkan ada juga yang memberikan komisi 100% kepada sub agentnya.

    Dengan cara ini artinya tidak perlu mengurus PT (Perseroan Terbatas) sendiri karena bernaung dibawah travel agent. Cara ini bagus bagi kita yang tidak mempunyai perusahaan, namun ketiga kriteria disebutkan diatas tetap menjadi tolak ukur kesuksesan dan menjalani bisnis penjualan tiket pesawat.
  • Penjualan Tiket Pesawat Sebagai Agent.
    Untuk menjadi agent penjualan tiket pesawat tentunya harus sudah mempunyai perusahaan sendiri. Syarat syarat mendirikan travel agent pada tulisan sebelumnya harus terlebih dahulu dipenuhi. Perusahaan bisa berbentuk Agent perjalanan ataupun Biro perjalanan tergantung niat awal mendirikan perusahaan.

    Apabila perusahaan sudah terbentuk, pemilik perusahaan bisa memulai bisnis penjualan tiket pesawat dengan membuat permohonan menjadi agent resmi setiap maskapai penerbangan. Setiap maskapai penerbangan mungkin mempunyai kebijakan berbeda dalam menerima agen penjualan tiket baru, syarat menjadi agen maskapai airasia bisa jadi berbeda dengan syarat menjadi agen lion air, begitu pula dengan maskapai lainnya.
Apakah bisnis penjualan tiket pesawat ini menurut pengamatan pengunjung setia dapatinfo.com menguntungkan? Jika ya, lanjutkan perjuangan namun jika merasa terlalu beresiko dan membuang buang waktu sebaiknya lupakan saja :)

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :