Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Menjual atau memakai tiket pesawat orang lain

Setelah beberapa hari hunting tiket pesawat murah, akhirnya harga tiket pesawat super murah berhasil didapatkan. Hati terasa berbunga bunga karena tidak sia sia bolak balik ke travel agent mencari tiket pesawat super murah. Namun sangat disayangkan sekali, satu hari menjelang keberangkatan anak kesayangan sakit sehingga jadwal perjalanan terpaksa dibatalkan. Masalah sekarang muncul adalah apakah tiket murah ditangan akan dilakukan perubahan jadwal, atau direfund saja ataukah bisa tiket pesawat dijual kepada orang lain.
jual tiket batal

Berhubung sudah satu hari menjelang keberangkatan, jika dilakukan pembatalan untuk refund atau dilakukan perubahan jadwal keberangkatan akan mengeluarkan biaya tambahan lagi dikarenakan biaya CF (cancellation fee) sudah besar. Ada yang menyarankan agar tiket tersebut dijual saja kebandara daripada tiket hangus atau hanya mendapatkan 10% pengembalian uang jika dilakukan refund. Cerita seperti ini mungkin pernah terjadi pada pengunjung sekalian, terbersit keinginan untuk menjual tiket tersebut kepada orang lain, bagaimana cara menjualnya, apa dampak bagi pemakainya nanti dan apakah cara ini diperbolehkan menjadi tanda tanya bagi kita.

Bisakah tiket atas nama kita dijual kepada orang lain?

Sudah sangat jelas sekali peraturan dari setiap maskapai penerbangan yaitu nama ditiket harus sesuai dengan nama penumpang (sesuai tanda pengenal), jika nama ditiket adalah MR AHMAD, maka orang yang menggunakan tiket tersebut haruslah bernama MR AHMAD seperti tertulis pada tanda pengenalnya. Dari peraturan tersebut jelas bahwasanya tiket yg sudah diissued/payment tidak bisa dipindah tangan ke orang lain.

Saya lihat ada yang menjual dan lolos menggunakan tiket orang lain

Praktek dilapangan memang bukan lagi rahasia bahwasanya ada orang yg menjual tiket atas nama orang lain dan bisa lolos menggunakan tiket tersebut. Bagaimanapun menjual tiket bukan atas nama pembeli apalagi membeli tiket atas nama orang lain untuk dipakai sangat tidak disarankan dikarenakan melanggar peraturan dari maskapai penerbangan. Setiap pelanggaran peraturan tentu akan mendapatkan hukuman bukan? (tentunya jika ketahuan melanggar hehehe). Kesimpulannya, pembeli dan penjual tiket dgn nama orang lain bisa berhasil dikarenakan "tidak ketahuan" pihak maskapai penerbangan sehingga bisa lolos berangkat.

Dampak menggunakan tiket pesawat atas nama orang lain

Seandainya lolos menggunakan tiket atas nama orang lain sampai ketujuan, dampak yg ditimblkan memang tidak ada sama sekali, ini jika "seandainya lolos", jika tidak lolos bagaimana? hehehe..ini dia masalahnya. Kita lihat beberapa kemungkinan lolos tidaknya serta dampak menggunakan tiket orang lain apabila terjadi suatu kejadian diluar keinginan.
  • Pemeriksaan tanda pengenal pada saat check in, sudah barang tentu akan sia sia membeli tiket atas nama orang lain karena kita tidak akan diterima melakukan check in. Pihak maskapai penerbangan berhak menolak dan kita tidak bisa berbuat apa apa.
  • Terjadi kecelakaan pesawat, otomatis kita dianggap sebagai orang hilang karena nama kita tidak akan ada tercantum di data airlines. Jika sudah begini, proses klaim asuransi pun tidak akan bisa dilakukan.
  • Tidak dilakukan pemeriksaan tanda pengenal merupakan celah untuk lolosnya menggunakan tiket atas nama orang lain, makanya kita pernah mendengar atau melihat ada penumpang yg berhasil menggunakan tiket orang lain.
Kesimpulannya, menjuat tiket pesawat atas nama orang lain atau membeli tiket pesawat atas nama orang lain memang bisa saja dilakukan, tetapi hal ini melanggar. Usahakan agar hal seperti ini tidak kita lakukan kecuali mungkin dalam keadaan sangat terpaksa dikarenakan tiket habis sementara keberangkatan tidak bisa ditunda, namun sekali lagi hal ini sangat sangat tidak disarankan.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :